Home / PPG

Rabu, 6 April 2022 - 20:53 WIB

6 Tips Ampuh Lulus Mengerjakan Ujian Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan 2022

Ujian Seleksi Akademik PPG Daljab 2022– Pelaksanaan Ujian Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan 2022, akan segera dilaksanakan pada tanggal 9 April 2022, nanti. Tentunya, perlu persiapan bagi Anda, peserta ujian Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan 2022 agar bisa lebih siap dan mudah mengerjakan tes ujian tersebut, sehingga Anda dapat lolos ke tahap selanjutnya.

Anda akan akan diberikan waktu sekitar 150 menit untuk mengerjakan 120 soal ujian seleksi akademik tersebut. Tentu, waktu pengerjaan terlihat begitu singkat, terlebih ketika Anda harus mengerjakan 120 soal ujian dalam waktu 150 menit. Belum lagi, Anda akan menemukan soal-soal yang memiliki tingkat kesulitan sedang hingga sukar. Anda perlu mencari strategi untuk dapat mengerjakan soal tersebut tepat waktu dan tepat jawaban.

Tips Mengerjakan Ujian Seleksi Akademik PPG Daljab 2022

Tak usah khawatir, karena ada beberapa tips yang bisa Anda coba saat pengerjaan Pretest atau ujian PPG Dalam Jabatan 2022 nantinya. Berikut ini tips untuk Anda.

  1. Memahami kisi-kisi ujian dan memetakan materi dari kisi-kisi ujian. Sebelum pelaksanaan ujian, ada baiknya Anda memahami isi dari kisi-kisi ujian dan memetakan materi dari kisi-kisi tersebut. Cara memetakan materi cukup mudah, Anda hanya perlu menganalisis materi mana yang mudah Anda kuasai dan materi mana yang agak sulit Anda kuasai. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan tipe soal dari kisi-kisi ujian tersebut. Jika diperhatikan dalam kisi-kisi ujian, terdapat kolom “level cognitive”, yang diberikan kode angka seperti 3, 4, 5, dan 6.  Ini berarti tipe soal dan tingkat kesukaran soal bertingkat dan bervariatif. Sehingga, Anda perlu kejelian dalam memetakan materi dari kisi-kisi ujian tersebut.  Agar saat ujian, Anda dapat memperhitungkan materi-materi yang sudah benar-benar Anda kuasai atau belum.
  2. Manajemen waktu. Saat pengerjaan ujian atau pretest, Anda akan diberikan 120 soal ujian dengan waktu pengerjaan sekitar 150 menit. Ini berarti Anda harus dapat mengerjakan 1 soal dalam waktu 1,25 menit. Maka,  Anda perlu kecepatan dan ketepatan dalam menjawab soal tersebut.
  3. Mengerjakan soal secara berurutan. Saat Anda mengerjakan soal, sebaiknya Anda mengerjakan secara berurutan. Hal ini bertujuan agar mempermudah Anda dalam mengerjakan soal, agar tidak ada yang terlewatkan satu soal pun. Anda juga jadi mudah mengecek kembali jawaban soal Anda.
  4. Pastikan setiap soal terdapat jawaban dan tandai ragu-ragu. Ketika Anda mengerjakan soal, pastikan Anda tetap menjawab soal tersebut, walaupun Anda masih merasa ragu-ragu bahkan tidak mengetahui jawaban yang benar dari soal tersebut. Nah, Anda dapat menandainya dengan ragu-ragu, yang bertanda warna kuning, saat Anda memilih tombol “ragu-ragu”. Karena, bisa jadi ada peluang jawaban benar diantara soal-soal yang Anda isi tersebut.
  5. Sisakan waktu 15 menit sebelum ujian berakhir. Usahakan Anda dapat menyisahkan waktu 15 menit sebelum ujian berakhir. Ini bertujuan agar Anda memiliki waktu untuk mengecek kembali jawaban soal Anda. Dan juga dapat mengisi jawaban soal yang belum terisi atau terlewatkan.
  6. Semua soal harus terjawab dan terisi. Sekali lagi, ketika batas waktu pengerjaan sangat terbatas dan ujian akan berakhir. Pastikan sekali lagi, jika semua soal ujian sudah Anda isi tanpa terlewatkan satu pun. Meski Anda tidak tau, mana jawaban yang benar. Anda bisa mengakalinya atau dengan kata lain, memilih asal-asalan, karena dalam sistem ujian ini tidak ada pengurangan poin bagi jawaban yang salah. Sehingga, tak masalah jika Anda mengisi beberapa soal ujian yang dirasa sulit atau ragu-ragu dengan jawaban ala kadarnya. Bisa jadi, jawaban soal yang diisi asal-asalan, justru malah benar dan tepat.
Baca juga:   Panduan Instalasi Aplikasi Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan 2022 Daring Berbasis Domisili

Nah, itu dia 6 tips lulus dalam mengerjakan soal ujian seleksi akademik PPG Daljab 2022. Semoga bermanfaat.

Baca juga:   Bagaimana Cara Mengikuti PPG Daljab 2024 Secara Otomatis?

 

Share :

Baca Juga

PPG

Ini Dia Penyebab Penundaan Seleksi Akademik PPG Daljab 2022

Kenaikan Pangkat

Ingin Naik Pangkat? Kenali Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Kelebihan serta Kekurangannya bagi PNS

PPG

Breaking News! Resmi Jadwal Cetak Kartu Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan Tahap 2 Tahun 2022

PPG

Bagaimana Cara Mengikuti PPG Daljab 2024 Secara Otomatis?

PPG

Panduan Pendaftaran PPG 2022 Dalam Jabatan, Persyaratan, Cara Mengisi Biodata, dan Tanggal Pentingnya!

PPG

Breaking News ! Pelaksanaan Pretest PPG PAI Kemenag 2022 Diundur, Ini Jadwal Terbarunya

PPG

Anda Ingin Lulus Seleksi Akademik PPG Daljab, Hindari 3 Hal Ini

PPG

PPG Prajabatan Model Baru dan Tata Cara Pendaftarannya