Home / PPG

Sabtu, 2 Maret 2024 - 14:10 WIB

Bagaimana Cara Mengikuti PPG Daljab 2024 Secara Otomatis?

Agar bisa mengikuti PPG Dalam Jabatan (Daljab) pada tahun 2024 ini, terdapat beberapa hal yang perlu dipenuhi. Di antaranya adalah harus sudah pernah mengikuti seleksi akademik PPG Daljab tahun lalu.

Seperti yang diketahui bahwa pada tahun 2024 ini, pemerintah akan kembali membuka kesempatan bagi para guru yang belum memiliki sertifikat pendidik. Khususnya bagi para guru yang sudah menjalankan tugasnya sebagai pendidik, namun belum memiliki sertifikat resmi pendidik.

Dan tahun ini akan dibuka kuota sekitar 500 ribuan untuk meningkatkan jumlah guru profesional di Indonesia.

Ternyata hingga saat ini, masih banyak guru yang sudah menjalankan tugasnya sebagai pendidik di satuan pendidikan namun belum memiliki sertifikat pendidik. Padahal dokumen tersebut sangat penting dimiliki oleh seorang guru.

PPG sendiri atau yang umum dikenal dengan Pendidikan Profesi Guru, dapat menjadi tempat untuk meningkatkan kompetensi seorang guru dalam beberapa aspek sebagai seorang pemimpin di dalam kelas.

Selain itu, juga bisa menjadi persyaratan untuk mendapatkan tunjangan dari pemerintah.

Bagi seorang guru yang berstatus sebagai ASN, baik PNS atau PPPK akan mendapatkan tunjangan sertifikasi guru sebesar gaji pokok.

Sementara untuk guru yang non-ASN bisa mendapatkan uang tambahan atau tunjangan Serdik senilai 1,5 juta per bulan. Dengan jumlah tersebut, tentu saja bisa menjadi penghasilan tambahan untuk menunjang kesejahteraan para guru.

Baca juga:   Bagaimana Tahapan Seleksi PPG Prajabatan Tahun 2022? Cek Di Sini!

Sayangnya, memang tidak semua guru sudah memiliki sertifikat pendidik. Bahkan guru yang sudah bertugas sekian tahun belum tentu memiliki sertifikat tersebut.

Menurut data terbaru tahun 2024, hanya sekitar 44,96 persen guru yang sudah pernah mengikuti pendidikan profesi guru atau PPG. Artinya hanya 1.347.360 guru yang telah tercatat pernah mengikuti dan lulus PPG.

Sementara itu guru yang sudah memiliki sertifikat sebanyak 1.598.889 guru.

Pihak pemerintah menginginkan agar semua guru memiliki sertifikat pendidik. Sehingga pada tahun 2024 ini akan kembali digelar pendidikan profesi guru, khususnya untuk yang sudah menjabat di salah satu instansi pendidikan resmi.

Kriteria Guru yang Akan Langsung Dipanggil Mengikuti PPG Daljab 2024

Nah, di tahun 2024 ini akan dibuka banyak kuota untuk para guru yang sudah berada dalam jabatan untuk mengikuti PPG dalam jabatan.

Bagi para guru yang sudah lulus seleksi administrasi pada tahun 2023 lalu, kemungkinan besar akan dipanggil secara otomatis. Ini memang belum dapat dipastikan, namun kemungkinan besar akan dipanggil secara otomatis.

Kemudian yang sudah pernah mengikuti seleksi akademik tahun lalu akan langsung dapat mengikuti PPG Daljab tahun ini. Kriteria ini yang dapat dipastikan akan secara otomatis.

Jika nantinya dipanggil, ini kesempatan untuk para guru dalam jabatan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik di Indonesia.

Baca juga:   Kurikulum Merdeka SMK sebagai Pusat Keunggulan: Antara Tantangan dan Harapan

Total akan ada 576.961 kuota untuk para guru yang akan mengikuti pendidikan profesi guru tahun 2024 ini.

Itulah cara agar bisa dipanggil secara langsung untuk mengikuti PPG Daljab 2024.

Dapat disimpulkan bahwa cara agar bisa dipanggil langsung adalah sudah lolos administrasi dan mengikuti seleksi akademik tahun lalu. Mereka lah yang dapat mengikuti PPG Daljab secara otomatis tahun ini yang akan digelar sebentar lagi.

Bagi yang belum memiliki sertifikat pendidik dan sudah mengajar di satuan pendidikan diharapkan untuk mengikuti kegiatan ini. Pasalnya, sertifikat pendidik sendiri sangat penting untuk memajukan pendidikan di Indonesia.

Apalagi yang sudah berstatus sebagai ASN, sangat penting untuk mengikuti PPG Daljab ini.

Perlu diketahui bahwa masih ada sekitar 168.651 guru PNS yang belum memiliki sertifikat pendidik; dan ada 342.060 guru berstatus PPPK yang belum memiliki sertifikat pendidik ini.

Adapun guru non-ASN atau honorer, ada sekitar 1 juta yang belum pernah mengikuti PPG Daljab.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link ini atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

(shd/shd)

Share :

Baca Juga

PPG

Anda Ingin Lulus Seleksi Akademik PPG Daljab, Hindari 3 Hal Ini
program besar

PPG

Bagaimana Tahapan Seleksi PPG Prajabatan Tahun 2022? Cek Di Sini!

PPG

Kabar Terbaru Teknis Pelaksanaan PPG Daljab 2022

PPG

Apa itu Syarat dan Tujuan Sertifikasi Guru Tahun 2022

PPG

Mengenal Apa itu PPG, Jenis dan Tujuannya
Kiat-kiat menjadi siswa berprestasi

PPG

Info Terkini ! Surat Undangan Bagi Seluruh Peserta Seleksi Administrasi PPG Dalam Jabatan Tahap 2 di Tahun 2022

PPG

Ini Dia Bedanya PPG di Tahun 2022 Dengan PPG Sebelumnya

Guru Honorer

Juknis TPG 2022: Syarat dan Teknis Penyaluran Tunjangan Guru ASN