Home / PPG

Kamis, 22 Februari 2024 - 09:59 WIB

Cara Mengikuti Pendaftaran PPG Daljab 2024 

Cara mengikuti pendaftaran PPG Daljab 2024 perlu diketahui oleh para guru yang hendak mengikuti pendidikan tersebut sehingga mendapatkan sertifikat pendidikan setelah menyelesaikan segala prosedurnya. Dan untuk mengikutinya, perlu mengetahui kapan waktu pendaftarannya dan juga persyaratan yang perlu dipenuhi. 

Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan sudah dapat dipastikan akan  kembali dibuka tahun ini. Pasalnya, media pendidikan bagi guru tersebut nyaris setiap tahun diselenggarakan oleh pemerintah.  

Bagi para guru yang hendak mengikuti proses pendidikan tersebut, selayaknya segera mempersiapkan segala persyaratan yang diperlukan di antaranya adalah data-data yang dibutuhkan termasuk ijazah terakhir dan juga berkas-berkas lainnya yang dibutuhkan. 

PPG sendiri menjadi media belajar atau media meningkatkan profesionalitas bagi para pendidik di seluruh Indonesia. Menurut laman PPK Kemendikbud, PPG ini dimaksudkan untuk meningkatkan kompetensi guru di seluruh Indonesia. Sebab, seperti yang kita tahu bahwa masih banyak guru yang sebenarnya membutuhkan peningkatan kompetensi tersebut sehingga dapat melaksanakan pembelajaran yang menyenangkan dan membuahkan hasil pada siswa. 

Sebenarnya, seluruh guru di Indonesia dapat mengikuti pendidikan tersebut. Sehingga kualitas pendidikan secara nasional dapat meningkat secara signifikan. 

Perlu ditegaskan lagi bahwa tujuan dari PPG sendiri adalah untuk mencetak guru yang memiliki kompetensi mengajar dengan baik serta membekalinya dengan adab yang perlu dimiliki oleh pengajar di berbagai tingkatan. Sehingga proses pendidikan ini sangat penting diikuti oleh siapa saja yang terjun di dunia pendidikan. 

Sayangnya, tidak semua guru dapat mengikuti pendidikan profesi guru ini karena sejumlah faktor. Bahkan guru yang sudah lama terjun di dunia pendidikan hingga yang sudah berstatus sebagai PNS atau PPPK sekalipun, banyak di antara mereka yang belum pernah mengikuti pendidikan bagi guru ini. 

Sebenarnya sangat penting untuk mengikuti proses pendidikan ini. Sebab, yang membuktikan sebagai guru profesional yang dapat diakui oleh pemerintah adalah melalui PPG ini. Oleh karena itu, guru yang memiliki sertifikat pendidik pun akan mendapatkan insentif dari pemerintah. 

Baca juga:   Cara Mengatasi Masalah Pembelajaran pada Peserta Didik

Nah, untuk para guru yang sudah menjabat di berbagai instansi pendidikan di Indonesia pun diharapkan untuk mengikuti proses pendidikan ini untuk meningkatkan kompetensi dan juga meningkatkan mutu pendidikan secara nasional. Oleh karena itu, PPG bagi guru yang sudah aktif terjun mengajar dan memiliki posisi dalam sebuah instansi pendidikan disebut PPG Dalam Jabatan (PPG Daljab). 

Tahun ini, PPG Dalam Jabatan akan dibuka kembali. Pasca musim pandemi, pembelajaran PPG dilakukan secara online dan juga offline. Sehingga peserta PPG tersebut tidak harus lama-lama tinggal di luar kota untuk menyelesaikan pendidikan tersebut. 

Ini menjadi kesempatan bagi para guru yang belum memiliki sertifikat pendidik dan ingin meningkatkan kompetensinya sebagai guru. 

Terkait pembukaan pendaftaran memang belum ada pengumuman resmi dari pemerintah. Namun nantinya, jadwal tersebut dapat dipantau melalui situs Kemendikbud dan juga melalui SIMPKB. 

Jika masa pendaftaran sudah dibuka, nantinya dapat melakukan pendaftaran secara online melalui link berikut ini: 

https://paspor-gtk.simpkb.id/

Selama masa pendaftaran belum resmi dibuka, maka untuk mendaftar melalui link tersebut pun belum bisa. 

Jadwal Pendaftaran PPG Daljab 2024

Terkait jadwal pendaftaran PPG Dalam Jabatan 2024 sendiri, mengacu pada tahun-tahun sebelumnya, maka masa pendaftaran akan dibuka tidak lama lagi. 

Masa pendaftaran diperkirakan akan dibuka pada 30 Mei-11 Juni 2024. Setelah itu akan dilakukan perbaikan berkas yang akan dimulai pada 12-28 Juni 2024. Kemudian verifikasi dan validasi pada 12 Juni-1 Juli 2024. Pengumuman Hasil pada 5 Juli 2024.

Rangkuman perkiraan jadwal pendaftaran PPG Daljab 2024 dapat dilihat di bawah ini: 

– Pendaftaran/Pengajuan Berkas: 30 Mei-11 Juni 2024 

– Perbaikan Berkas: 12-28 Juni 2024 

– Verifikasi dan Validasi oleh Petugas: 12 Juni-1 Juli 2024 

– Pengumuman Hasil: 5 Juli 2024.

Jadwal di atas masih dalam tahap perkiraan mengacu pelaksanaan PPG Daljab tahun lalu. Meski demikian, sepertinya tidak akan jauh beda dengan tanggal pelaksanaan tahun lalu. 

Baca juga:   Mengenal Pendekatan STEM Supaya Pembelajaran Lebih Bervariasi

Syarat PPG Daljab 2024

Secara umum persyaratan untuk mengikuti PPG Daljab 2024 tidak akan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Berikut ini adalah sejumlah persyaratan umum yang harus dipenuhi untuk mengikuti PPG Daljab 2024: 

  1. Nama calon peserta telah terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik)
  2. Nama calon peserta masuk dalam daftar peserta yang dirilis oleh Direktorat Jenderal GTK. 
  3. Memiliki NUPTK (Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan)
  4. Masih aktif mengajar atau menjabat sebagai Kepala Sekolah. 
  5. Mampu mengikuti pendidikan PPG Daljab mulai awal hingga akhir dengan kondisi sehat secara fisik dan rohani. 
  6. Berkelakuan baik
  7. Usia maksimal 58 tahun di akhir tahun 2024

Cara Daftar PPG Daljab 2024

Untuk melakukan pendaftaran dapat langsung menuju pada alamat yang telah disertakan di atas yaitu melalui link berikut ini: 

Link Pendaftaran PPG Daljab 2024

Di halaman tersebut, nantinya Anda akan diarahkan untuk mengisi sejumlah data dan persyaratan yang harus dipenuhi. 

Agar bisa masuk ke dalam sistem pendaftaran PPG Daljab 2024, maka Anda perlu memiliki akun SIMPATIKA atau akun Belajar.id. Jika belum memiliki atau mungkin lupa akun, segera melapor ke operator sekolah masing-masing untuk mengurusnya agar tidak terjadi kendala saat akan mendaftar PPG Daljab nantinya. 

Nah, itulah cara mengikuti pendaftaran PPG Daljab 2024. Yang pertama harus mengetahui jadwal PPG Daljab 2024 yang resmi dari pemerintah. Kemudian memenuhi sejumlah syarat yang ditentukan. Lalu melakukan pendaftaran secara online. Setelah itu akan ada proses verifikasi dan validasi. 

*Artikel ini dioleh artikel WartaGuru.id dengan judul yang terbit dengan judul “Prakiraan Jadwal PPG Daljab 2024 dan Persyaratan yang Harus Dipenuhi

 

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link ini atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

(shd/shd)

Share :

Baca Juga

PPG

Berkas Disetujui Seleksi Administrasi PPG Dalam Jabatan 2022 Tahap 2, Segera Lakukan Ini!

PPG

Breaking News! Resmi Jadwal Cetak Kartu Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan Tahap 2 Tahun 2022
Kiat-kiat menjadi siswa berprestasi

PPG

Info Terkini ! Surat Undangan Bagi Seluruh Peserta Seleksi Administrasi PPG Dalam Jabatan Tahap 2 di Tahun 2022

PPG

Panduan Tata Tertib Peserta Ujian Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan 2022 Agar Tidak Didiskualifikasi

PPG

Panduan Instalasi Aplikasi Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan 2022 Daring Berbasis Domisili

PPG

Siap-Siap! Kabar Terbaru Mengenai PPG Prajabatan Tahun 2022 Akan Segera Dibuka

PPG

Ini Dia Kunci Penting Lolos Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan 2022

PPG

Guru Wajib Tau! Tips Menjadi Guru Kreatif dan Inspiratif