Home / PPG

Sabtu, 23 April 2022 - 01:25 WIB

Ini Dia Kunci Penting Lolos Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan 2022

Kunci Penting Lolos Seleksi Akademik PPG Daljab 2022– Pengumuman lolos Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan 2022 akan diumumkan, setelah proses seleksi akademik atau pretest berakhir. Tentunya, hal ini menjadi hal yang ditunggu-tunggu oleh Anda, peserta PPG Dalam Jabatan 2022.

Nantinya, saat pengumuman seleksi akademik akan ada peserta yang dinyatakan lolos ataupun dinyatakan tidak lolos. Anda, yang saat ini menjadi peserta Seleksi Akademik PPG Daljab akan diberikan notifikasi atau pemberitahuan mengenai lolos atau tidaknya dalam seleksi akademik PPG Daljab melalui SIMPKB Anda masing-masing. Jadi, harap bersabar ya.

Bagi Anda yang nantinya dinyatakan lolos seleksi akademik, Anda akan diminta melakukan tahap selanjutnya, yaitu lapor diri. Sedangkan, bagi Anda yang dinyatakan tidak lolos, tidak perlu berkecil hati, karena Anda masih bisa mendapatkan kesempatan untuk mengikuti seleksi di tahun depannya.

Kunci Penting Lolos Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan 2022

Ternyata, sebelum pengumuman, ada beberapa pertimbangan yang dilakukan dalam proses penentuan lolos seleksi akademik PPG Daljab. Ada kunci penting lolos seleksi akademik PPG Daljab sebagai pertimbangan lolos atau tidaknya peserta PPG Dalam Jabatan 2022.

Nah, Salah satu kunci pentingnya tersebut adalah Anda harus dapat menjawab soal Pretest. Tetapi apakah Anda tau dalam proses penentuan kelulusan atau lolos seleksi akademik PPG Dalam Jabatan bukan hanya bisa menjawab soal saja, tapi berdasarkan pertimbangan lainnya?

Ya, dalam penentuan kelulusan peserta Seleksi Akademik PPG Daljab ditentukan oleh kunci penting yang menjadi pertimbangannya.  Kunci penting ini berdasarkan data empiris dan analisis yang didapatkan dari hasil Seleksi Akademik PPG Daljab sebelumnya. Apa saja kunci penting penentuan lolos seleksi akademik PPG Dalam Jabatan 2022?

Baca juga:   Ini Dia Bedanya PPG di Tahun 2022 Dengan PPG Sebelumnya

1. Nilai Ambang Batas atau Passing Grade Pretest

Tentunya dalam seleksi akademik terdapat passing grade atau nilai ambang batas untuk peserta PPG Daljab. Mengacu pada nilai ambang batas di tahun 2019, yaitu 55,0 untuk dapat lulus seleksi akademik. Sedangkan untuk nilai 55 ke bawah atau 49,94 dapat tidak lulus untuk uji seleksi akademik. Hal ini dapat diartikan dari 120 soal yang dikerjakan, target jumlah soal yang benar, yaitu 80 soal.

Namun, tidak bisa dipungkiri, jika sewaktu-waktu nilai ambang batas ini akan berubah. Karena, nilai ambang batas ini juga didasari dari keseluruhan jumlah total peserta PPG Daljab dan penentuan kuota yang ada.

2. Kuota Peserta PPG Dalam Jabatan 2022

Selain, nilai ambang batas atau passing grade menjadi penentu pertimbangan lolos tidaknya Anda dalam Seleksi Akademik PPG Daljab 2022. Kuota peserta PPG Daljab juga menjadi penentu kelulusan seleksi Akademik ini.

Tahun ini, Kuota PPG Daljab yang disediakan oleh Kemendikbudristek yaitu

  1. Daljab TMT s.d Desember 2015 dengan rencana pelaksanaan 3 bulan kuotanya hanya 40.000 peserta dengan membagi menjadi  2 angkatan.
  2. Daljab TMT mulai 2016 dengan rencana pelaksanaan 1 semester kuotanya hanya 30.000

Sedangkan, berdasarkan rekapitulasi yang seleksi Administrasi yang telah berlangsung pada tahap 1, didapatkan jumlah total calon peserta adalah  391.530 dengan masing-masing sekitar 326.462  calon peserta dengan TMT s.d 31 Desember 2015 dan 65.068 calon peserta dengan TMT 1 Januari 2016 – 1 Januari 2019. 

Sehingga, sekitar 300 ribu calon peserta harus bersaing untuk mendapatkan kuota PPG Daljab yang tersedia sekitar 40 ribu. Dan begitu pula, sekitar 65 ribu calon peserta dengan TMT antara 2016-2019, harus bersaing untuk mendapatkan kuota PPG Daljab sekitar 36 ribu.

Baca juga:   Tips Mengatasi Bosan Saat Mengajar

3. Prioritas Peserta PPG Daljab 2022

Nah, ada lagi yang menjadi pertimbangan dalam lolos atau tidaknya peserta Seleksi Administrasi PPG Daljab 2022. Pertimbangan lainnya ini didasarkan juknis PPG Daljab 2022 dan Permendikbud No 38 Tahun 2020 tentang tata cara mendapatkan sertifikat pendidik bagi guru dalam jabatan pasal 12.

Jika sewaktu-waktu ternyata calon peserta Seleksi Akademik melebihi kuota PPG Dalam Jabatan 2022 maka, Direktur Jendral PPG Kemendikburistek akan menentukan prioritas bagi peserta yang dapat lolos Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan 2022 dengan menentukan prioritas berdasarkan masa kerja, usia, urutan tahun lulus seleksi administrasi, geografis dan perolehan nilai.

Jadi, kunci penting dari lolos Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan 2022 ini didasarkan dari 3 hal tersebut yaitu nilai ambang batas atau passing grade yang dirangking dari perolehan nilai tertinggi, Kesediaan kuota PPG Dalam Jabatan 2022, dan penentuan kriteria prioritas peserta PPG Daljab oleh panitia atau Direktur Jendral PPG Kemendikbudristek. Nah itu dia, kunci penting lolos Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan 2022. Semoga diantara para pembaca termasuk peserta yang lolos seleksi akademik PPG Dalam Jabatan 2022. 

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link INI atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

(Zuzun/ZH)

 

Share :

Baca Juga

PPG

Berkas Disetujui Seleksi Administrasi PPG Dalam Jabatan 2022 Tahap 2, Segera Lakukan Ini!

PPG

5 Tips Jitu Agar Lulus Pretest PPG Dalam Jabatan 2022

PPG

PPG Kemenag 2022 Masih Dibuka, Ini Dia Syaratnya
Kiat-kiat menjadi siswa berprestasi

PPG

Info Penting : Resmi, Kisi-Kisi PPG Dalam Jabatan 2022 dan Hal-hal yang Harus Diperhatikan dalam Membaca Kisi-Kisi.

PPG

Panduan Cara Pengisian dan Pengajuan Berkas Seleksi Administrasi PPG Dalam Jabatan Tahap 2 Tahun 2022

PPG

Breaking News ! Pelaksanaan Pretest PPG PAI Kemenag 2022 Diundur, Ini Jadwal Terbarunya

PPG

Langkah-Langkah Menautkan Akun belajar.id dengan SIMPKB

Guru Honorer

Juknis TPG 2022: Syarat dan Teknis Penyaluran Tunjangan Guru ASN
Mari Gabung e-Guru.idMenjadi guru yang kompeten dan profesional di era digital

Temukan cara baru mengikuti seminar, workshop, pelatihan BERSERTIFIKAT.