Home / Admin Sekolah / Kesiswaan

Sabtu, 27 Agustus 2022 - 11:31 WIB

Administrasi Sekolah Semakin Mudah dengan Microsoft Excel

Administrasi sekolah– Kelas merupakan sebuah ruang dalam lembaga pendidikan yang menjadi tempat terjadinya proses pembelajaran. Dalam proses pembelajaran pastinya terdapat kegiatan lainnya seperti kegiatan mencatat dan melaporkan yaitu administrasi sekolah. Di era digitalisasi ini, administrasi sekolah lebih mudah untuk dikerjakan dengan menggunakan Microsoft Excel.  Salah satu aplikasi yang dikembangkan oleh perusahaan Microsoft Corporation pada tahun 1985 lalu. Tak heran hingga saat ini aplikasi Microsoft Excel dapat mempermudah administrasi di sekolah.

Dalam kurikulum merdeka belajar. Seorang guru harus memiliki literasi yang cukup terkait dengan perangkat komputer dan dunia internet. Terlebih lagi para guru harus mampu mengoperasikan Microsoft Excel. Akibat dari dua faktor tersebut, Microsoft Excel memungkinkan guru untuk mengolah data- data yang rumit dengan lebih efektif dan mudah. Namun untuk menggunakannya dibutuhkan pemahaman yang cukup untuk dapat menggunakan aplikasi ini.

Simak fungsi utama dari Microsoft Excel pada ulasan berikut ini:

Microsoft Excel untuk memudahkan administrasi sekolah

Aplikasi ini memungkinkan para guru mengurus administrasi sekolah lebih efektif lagi. Fitur-fitur dalam Microsoft Excel sendiri mampu untuk menghitung jumlah siswa secara keseluruhan, menghitung aliran keuangan sekolah. Bahkan mengukur performa belajar siswa. Microsoft Excel sangat bermanfaat bagi guru untuk mengelola keuangan sekolah seperti uang kas, uang bulanan dan lainnya. Dengan fitur yang lengkap tersebut, rasanya kurang jika guru dan tenaga admin sekolah tidak memanfaatkan Microsoft Excel dalam pekerjaannya.

Baca juga:   Fitur Tersembunyi Microsoft Word Memudahkan Administrasi Guru

Microsoft Excel untuk perhitungan matematika

Fungsi lainnya dari Microsoft Excel yaitu dapat mempermudah kalkulasi atau perhitungan yang bersifat matematis. Karena  aplikasi ini mempunyai fitur untuk memasukkan sebuah formula. Microsoft Excel  juga dapat menghitung formula yang sederhana sampai yang rumit, sehingga sangat cocok untuk mengelola keuangan sekolah.

Microsoft Excel untuk pengelolaan data

Manfaat selanjutnya adalah untuk mempermudah pekerjaan guru dan tenaga admin dalam mengolah data. Software ini dapat mencari nilai rata-rata dari sebuah daftar nilai. Tentunya ini membantu guru saat membuat rapor nilai. Disamping itu, aplikasi ini dapat membuat sebuah daftar absensi dengan berdasarkan huruf abjad secara otomatis. Tentunya dengan fitur fitur ini membantu guru dalam mengelola data, bukan?

Baca juga:   Pakai Excel, Guru Lebih Mudah Kelola Administrasi

Microsoft Excel untuk membuat grafik

Microsoft Excel juga memiliki fungsi untuk membuat grafik yang menarik berdasarkan data masukan yang ada di sistem. Berawal dari kumpulan data yang rumit dapat disajikan dalam bentuk gambar grafik yang lebih ringkas. Kebanyakan pengguna memanfaatkan untuk membuat sebuah evaluasi terkait sebuah program di sekolah. Sebagai contoh untuk menampilkan grafik jumlah pendaftaran siswa baru tiap tahunnya, jumlah kelulusan siswa dan sebagainya.

Berdasarkan ulasan fungsi Microsoft Excel untuk administrasi sekolah. Hal ini mendorong setiap guru harus mampu menjalankan aplikasi Microsoft Excel untuk menunjang pekerjaan di sekolah. Sehingga pekerjaan terasa mudah dan efektif.

Ikutilah pelatihan “Membuat Aplikasi Pengelolaan Administrasi Kelas” dan dapatkan fasilitas berupa full support dari tim instruktur dan mendapatkan e-sertifikat 32 JP.

<<DAFTARKAN DIRI ANDA DISINI>>

(muf/rtq)

 

 

Share :

Baca Juga

Kesiswaan

Teknik Bermain Peran (Role Playing) Untuk Penguatan Karakter Siswa

Kesiswaan

4 Kriteria dan Keuntungan Siswa Eligible SNMPTN di Tahun 2022

Kesiswaan

Awas Nomophobia! Bahaya Kecanduan Gadget pada Gen Z

Kesiswaan

Perilaku Membolos Siswa : Faktor Penyebab dan Dampaknya

Karya Inovatif

Hindari Kebosanan dalam Kelas! Inilah Manfaat Ice Breaking saat Pembelajaran

Kesiswaan

Peningkatan pembelajaran literasi numerasi untuk mewujudkan pelajar pancasila

Kesiswaan

Kriteria Siswa Eligible dan Ketentuan Terbaru SNMPTN 2022

Kesiswaan

9 Rekomendasi Tempat Wisata Edukasi untuk Anak yang Seru
Mari Gabung e-Guru.idMenjadi guru yang kompeten dan profesional di era digital

Temukan cara baru mengikuti seminar, workshop, pelatihan BERSERTIFIKAT.