Home / Pengembangan guru

Selasa, 13 Februari 2024 - 09:03 WIB

Tentang MKKS yang Wajib Diketahui oleh Kepala Sekolah

Menjadi kepala sekolah merupakan hal yang sangat rumit. Itulah mengapa, seorang kepala sekolah selalu dituntut untuk mempunyai kompetensi yang maksimal.

Dalam meningkatkan kompetensi sebagai kepala sekolah, ada banyak hal yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah dengan bergabung ke MKKS.

Apa itu MKKS? Apa pentingnya? Apa saja program kerjanya? Simak penjelasan berikut.

Pengertian MKKS

MKKS ini merupakan sebuah komunitas. Ia adalah kependekan dari Musyawarah Kerja Kepala Sekolah. Itu artinya, organisasi ini adalah organisasi yang ditujukan kepada seluruh kepala sekolah di tanah air. Baik itu yang berada di jenjang pendidikan SMP maupun SMA.

Dalam satu gugus kecamatan, anggota dari MKKS ini bukan hanya dari sekolah-sekolah negeri saja, tapi juga sekolah swasta.

Setiap kecamatan, pasti memiliki MKKS. Apakah organisasi kepala sekolah untuk jenjang SD ada? Maka jawabannya adalah: ada. Ia disebut dengan KKKS atau yang dikenal dengan K3S.

Tujuan adanya MKKS ialah untuk meningkatkan peran kepala sekolah dalam menyelenggarakan pendidikan nasional agar dapat peningkatan dan pengembangan kompetensi seorang kepala sekolah, perbaikan kinerja, yang diimplementasikan dengan berbagai pengalaman, permasalahan, atau yang lainnya.

Baca juga:   Jangan Asal Edit, 4 Hal yang Harus Diperhatikan untuk Edit RHK Pengelolaan Kinerja

Sementara fungsinya adalah untuk membina profesionalisme kepala sekolah demi meningkatkan kompetensi kepribadian, kewirausahaan, sosial, supervisi.

Kemudian, berfungsi juga dalam menumbuhkan semangat kerjasama antar kepala sekolah, menyebarkan informasi dan juga inovasi dalam mengembangkan mutu pendidikan, dan lain sebagainya.

Program kerja MKKS

Dalam sebuah organisasi, kita mengenal yang namanya program kerja. Maka, organisasi yang notabene adalah organisasi para kepala sekolah ini juga ternyata memiliki beberapa program yang menarik. Program kerjanya sendiri dibagi ke dalam beberapa bidang. Mulai dari bidang manajerial, kemudian kewirausahaan, pengembangan, dan juga supervisi.

Bidang Manajerial

Untuk program kerja bidang ini adalah menjadi pengelola standar nasional pendidikan, membuat rencana program sekolah, menjadi pengawas dan juga evaluator, menjalankan kepemimpinan sekolah, dan mengelola sistem informasi.

Bidang kewirausahaan

Membuat rencana untuk mengembangkan kewirausahaan sekolah, mengembangkan program kewirausahaan sekolah, dan mengevaluasi jalannya kewirausahaan di sekolah.

Baca juga:   Siklus Kinerja Guru Berbasis Sasaran Kerja

Bidang pengembangan

Untuk program kerja bagian pengembangan memang cukup banyak. Seperti menerbitkan dan mengelola website, penerbitan jurnal ilmiah, dan buletin di sekolah, bimbingan pelaksanaan untuk penelitian tindakan kelas, melakukan koordinasi pelaksanaan ujian semester apabila dibutuhkan, keseragaman soal di tingkat kabupaten, seminar, lokakarya, kolokium, simposium, diskusi panel, dan lain sebagainya.

Supervisi

Yang terakhir adalah bidang supervisi. Program kerjanya ialah menjalankan supervisi guru, menjalankan supervisi tenaga kependidikan, membuat rencana supervisi guru dan tenaga kependidikan, mengadakan tindak lanjut hasil supervisi terhadap guru sebagai upaya untuk meningkatkan profesionalisme, mengevaluasi jalannya supervisi guru dan tenaga kependidikan, dan lain sebagainya.

Nah itulah sekilas tentang MKKS dan program kerjanya. Semoga bisa menjadi gambaran ke depan.

 

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link ini atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

(ant/shd)

 

 

Share :

Baca Juga

tips membuat best practice

Media Pembelajaran

Hal-hal yang Harus Diperhatikan dalam Mengisi Kolom “Upaya Mempelajari Fokus Perilaku Observasi” di PMM

Pelatihan

Pengelolaan Kinerja Kepala Sekolah dalam Implementasi Kurikulum Merdeka
cara membuat laporan best practice guru

News

Jangan Asal Edit, 4 Hal yang Harus Diperhatikan untuk Edit RHK Pengelolaan Kinerja
cara membuat laporan best practice guru

Pelatihan

Pentingnya Pengelolaan Kinerja Kepala Sekolah
Ilustrasi model pembelajaran inovatif

Media Pembelajaran

Tutorial Mengisi Contoh Isian Mempelajari Fokus Perilaku Observasi Di PMM