Home / Media Pembelajaran / Metode Pembelajaran / Pengembangan guru

Selasa, 5 Maret 2024 - 13:08 WIB

Hal-hal yang Harus Diperhatikan dalam Mengisi Kolom “Upaya Mempelajari Fokus Perilaku Observasi” di PMM

Kolom Upaya Mempelajari Fokus Perilaku Observasi di PMM merupakan bagian penting dalam proses observasi guru. Kolom ini membantu observer untuk merefleksikan dan mendokumentasikan langkah-langkah yang dilakukan dalam mempelajari fokus perilaku yang diamati. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mengisi kolom tersebut:

Kejelasan dan Kelengkapan:

  • Jelaskan secara jelas dan ringkas upaya yang dilakukan untuk mempelajari fokus perilaku.
  • Pastikan informasi yang dicantumkan lengkap, meliputi:
    • Sumber informasi: Buku, artikel, video, diskusi, dll.
    • Pertanyaan observasi: Pertanyaan yang diajukan untuk mengamati fokus perilaku.
    • Metode observasi: Observasi langsung, wawancara, dll.
    • Analisis hasil observasi: Temuan dan kesimpulan dari hasil observasi.
  1. Relevansi dengan Fokus Perilaku:
  • Pastikan upaya yang dilakukan relevan dengan fokus perilaku yang diamati.
  • Jelaskan bagaimana informasi yang diperoleh dari upaya tersebut membantu observer dalam memahami fokus perilaku.
  1. Ketepatan dan Objektivitas:
  • Pastikan informasi yang dicantumkan akurat dan objektif.
  • Hindari opini pribadi dan fokus pada fakta yang diamati.
  1. Kemudahan Pemahaman:
  • Gunakan bahasa yang mudah dipahami dan hindari jargon yang rumit.
  • Susun informasi secara sistematis dan logis.
  1. Manfaat dan Dampak:
  • Jelaskan manfaat dari upaya yang dilakukan dalam meningkatkan kualitas observasi.
  • Sebutkan dampak dari hasil observasi terhadap pembelajaran dan pengembangan profesional guru.
Baca juga:   Membuat Konten Video Pembelajaran Menarik dengan Capcut

Berikut beberapa contoh kalimat yang dapat digunakan dalam mengisi kolom “Upaya Mempelajari Fokus Perilaku Observasi“:

  • “Membaca buku tentang strategi pembelajaran kooperatif untuk memahami bagaimana guru menerapkan strategi tersebut di kelas.”
  • “Menonton video pembelajaran tentang pengelolaan kelas untuk mempelajari teknik-teknik yang digunakan guru dalam menjaga kondusifitas kelas.”
  • “Melakukan wawancara dengan guru untuk mengetahui alasan dan pertimbangan guru dalam memilih metode pembelajaran tertentu.”
  • “Menganalisis hasil observasi untuk mengidentifikasi pola dan tren perilaku guru dalam menggunakan media pembelajaran.”
Baca juga:   Guru wajib tau pentingnya refleksi pembelajaran

Dengan memperhatikan hal-hal di atas, observer dapat mengisi kolom “Upaya Mempelajari Fokus Perilaku Observasi” dengan informasi yang bermanfaat dan berdampak positif pada proses observasi dan pengembangan profesional guru.

Yuk ikut pelatihan bersertifikat 46JP dengan judul “Cara Mudah Menyusun Praktik Baik di PMM dengan Metode Star” fasilitas lengkap seperti materi pelatihan, e-sertifikat 46JP, full suport dari tim instruktur dan laporan pengembangan diri. Fasilitas Diklat Peserta Eksklusif : Jaminan E-sertifikat 46JP Bernama Bimbingan Unlimited Materi Pelatihan Laporan Pengembangan Diri Berbagi Praktik Baik BONUS Aktifitas Membuat Kelas yang Menyenangkan. Daftar Sekarang di link berikut https://online.e-guru.id/aff/40180/2987/checkout dan Mau dibantu daftar? http://wa.me/6281904722773 atau 0819-0472-2773 (Admin Nana)

Halaman Selanjutnya
Cara Mudah Menyusun Praktik Baik di PMM dengan Metode Star…

Share :

Baca Juga

Media Pembelajaran

3 Aplikasi Menarik sebagai Media Pembelajaran Era Digital
jenis metode pembelajaran untuk anak SD

Metode Pembelajaran

8 Jenis Metode Pembelajaran untuk Anak SD, Apa Saja?

Metode Pembelajaran

Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek Menghindari Kebosanan

Media Pembelajaran

Cara Mudah Membuat Video Pembelajaran dengan Powtoon

Metode Pembelajaran

Strategi Belajar Mengajar yang Mudah & Efektif di Masa Pandemi

Metode Pembelajaran

Mengenal 5 Macam Model Belajar di Dunia Pendidikan

Metode Pembelajaran

Belajar Asyik dengan Belajar Kelompok

Metode Pembelajaran

Cara Meningkatkan Ranah Afektif Siswa