Home / Metode Pembelajaran

Selasa, 15 Februari 2022 - 13:47 WIB

Strategi Belajar Mengajar yang Mudah & Efektif di Masa Pandemi

Strategi belajar mengajar di saat normal, tentu berbeda dengan strategi mengajar saat pandemi. Dan ini menuntut setiap guru untuk belajar secara terus menerus demi mengikuti perkembangan zaman, dan menyesuaikan dengan kondisi yang terjadi.

Dalam perjalanan mengajar di masa pandemi, tidak sedikit guru yang mengalami kesulitan, sebab bingung bagaimana strategi mengajar di masa pandemi seperti saat ini. Oleh karena itu, jika Anda juga merasakan kebingungan terkait dengan strategi yang akan digunakan, simak penjelasan berikut.

Dalam dunia pendidikan, strategi mengajar menjadi hal yang sangat penting. Karena berkaitan dengan proses dan hasil belajar. Jika sebuah pembelajaran di kelas diadakan dengan strategi yang tepat, maka sudah pasti proses dan hasilnya maksimal.

Begitupun sebaliknya. Di mana, strategi ini bukan hanya dibutuhkan saat proses belajar mengajar normal saja, tapi juga saat pandemi. Berikut adalah beberapa strategi belajar mengajar selama pandemi yang bisa Anda coba.

Mengadakan Pembelajaran Jarak Jauh atau Daring

Strategi belajar mengajar yang pertama adalah mengadakan pembelajaran jarak jauh atau daring. Atau, yang biasa kita sebut dengan PJJ.

Baca juga:   Mengenal dan Strategi Mendidik Generasi Alfa di Era Pendidikan Digital

Untuk saat ini, strategi PJJ adalah program yang bisa dikatakan cukup optimal dan direkomendasikan untuk diterapkan. Karena untuk saat ini, sudah banyak media pendukung yang bisa dimaksimalkan. Mulai dari laptop, ponsel, atau yang lainnya.

Anda tetap bisa mengadakan belajar mengajar dengan bertemu dengan anak-anak meski lewat online dari mana saja. Yakni dengan menggunakan aplikasi video call. Mulai dari Zoom, Google Classroom, atau yang lainnya.

Namun sebelum mulai masuk, Anda meski memastikan dahulu materi yang hendak disampaikan kepada mereka, supaya prosesnya berjalan maksimal. Selain itu, Anda juga bisa membuka pertemuan dengan mengadakan game kecil-kecilan yang sederhana. Jangan lupa juga untuk memilih materi yang esensial. Demi membuat mereka tidak merasa begitu terbebani.

Mengadakan Pembelajaran Luring

Selain bisa menggunakan strategi belajar mengajar yang pertama, Anda juga dapat melakukan strategi yang kedua. Yakni dengan luring atau luar jaringan. Karena ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan. Yakni, dengan membagi siswa ke dalam beberapa kelompok kecil. Bisa membaginya sesuai dengan tempat tinggal yang berdekatan. Kemudian, Anda bisa janjian dengan mereka akan belajar di rumah siapa. Anda datang ke sana, dan anak-anak juga ke rumah yang sudah disepakati.

Baca juga:   Cara Guru Era Kurikulum Merdeka Meningkatkan Interaksi Sosial Antar Peserta Didik

Usahakan untuk membagikan kelompok dengan anggota yang kecil saja. Dan jangan lupa juga untuk memilih lokasi yang luas dan terbuka. Sehingga tetap bisa menerapkan protokol kesehatan secara maksimal. Mulai dari menjaga jarak, menggunakan masker, mencuci tangan, dan memakai hand sanitizer. Dan Anda bisa ke rumah yang satu ke yang lain secara bergantian.

Dengan strategi tersebut, pembelajaran diharapkan akan tetap optimal.

 

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link INI atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

ant/shd

 

 

Share :

Baca Juga

Guru Honorer

Cara yang Bisa Dilakukan Guru untuk Memahami Gaya Belajar Siswa
Tenaga Honorer

Guru Honorer

Peran Guru Menanamkan Sifat Nasionalisme Pada si Kecil
model pembelajaran inkuiri

Metode Pembelajaran

Inovasi Model Pembelajaran Inkuiri Dalam Pembelajaran

Metode Pembelajaran

Cara Mengajar Interaktif untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa

Media Pembelajaran

Memanfaatkan CapCut untuk membuat video pembelajaran
HOTS

Karya Inovatif

Instrumen HOTS untuk Guru Berkualitas

Metode Pembelajaran

Metode Discovery Learning dan Strategi Implementasinya di Kelas
Pendidikan

Metode Pembelajaran

Jangan Remehkan Tanya Jawab dalam Belajar