Home / Media Pembelajaran / Metode Pembelajaran

Sabtu, 12 Maret 2022 - 06:20 WIB

iSpring Quizmaker, Metode Pembelajaran dengan Pendekatan Digital

iSpring Quizmaker, Metode Pembelajaran dengan Pendekatan Digital –  Perkembangan teknologi yang ada saat ini memiliki dampak yang baik pada semua aspek kehidupan. Contohnya pada dunia pendidikan yang mulai mengenal sistem digital.

Digitalisasi pada bidang pendidikan ini mampu memfasilitasi sarana pendidikan yang dapat digunakan baik siswa maupun guru. Kemudahan dan efektifitas dalam sistem yang berbasis digital ini akan memberikan nilai lebih kepada materi yang diajarkan

Ispring quiz maker adalah salah satu platform atau aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat quiz interaktif dengan template-template yang menarik. Jika melihat dari namanya iSpring quiz maker seperti penggunaanya seperti terbatas hanya pada pembuatan kuis.

iSpring quiz maker  adalah salah satu fitur yang di tawarkan  oleh iSpring solution, dimana platform ini juga dapat mendukung sistem pembelajaran online. Bukan hanya pada pada tingkat sekolah, iSpring quiz maker bahkan dalam praktiknya dapat digunakan pada kelas-kelas profesi yang memberikan pelatihan-pelatihan guna mengembangkan kemampuan individu itu sendiri.

Metode pembelajaran online melalui iSpring Quiz maker

Banyak sekali manfaat yang bisa kita gunakan dengan memanfaatkan teknologi dari fitur iSpring Quiz Maker. Secara general iSpring solution menawarkan hal-hal adalah sebagai berikut:

  1. Kemudahan dalam akses materi dan pembelajaran

Anda dapat menggunggah materi dan kuis yang merupakan bahan pembejaran untuk satu hari. Sehingga nantinya akan dapat diakses dengan mudah oleh murid atau karyawan-karyawan yang tergabung dalam pelatihan ini.

  1. Dapat diakses dari berbagai perangkat

Bahan materi dan pembelajaran yang telah diunggah, dapat diakses dari berbagai macam gadget, laptop, bahkan tab atau ipad. Developer iSpring Quiz Maker bahkan telah menyediakan aplikasi yang bisa diunduh dari play store atau app store.

Kemudahan mengakses dari berbagai macam perangkat dan dapat diakses dimanapun dan kapanpun, membuat iSpring learning menjadi pilihan untuk metode pembelajaran interaktif.

  1. Mudah untuk diawasi

Salah satu fitur yang ditawarkan ispring adalah kemudahan untuk mengabsensi kehadiran peserta pelatihan atau siswa itu sendiri, sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran itu sendiri.

  1. Mengelola kalender pendidikan atau pelatihan dengan mudah

Dengan sistem yang terintegrasi, ispring solustions membantu para pengajar atau mentor, untuk membuat perencanaan kegiatan belajar mengajar lebih mudah. Sehingga tujuan dari pelatihan atau pengajaran dapat tercapai dengan mudah.

Itulah beberapa manfaat yang dapat digunakan pengajar atau mentor dengan menggunakan iSpring sebagai metode pembelajaran daring.

Baca juga:   Media Pembelajaran dan Fungsinya dalam Proses Belajar

iSpring Quiz maker

salah satu fitu andalan yang ada pada iSpring Solution adalah iSpring quiz maker. Dalam fitur ini pengajar dapat membuat quiz yang nantinya sebagai materi ujian untuk para siswanya. Kuis yang dibuat oleh pengajar lewat iSpring Solution ini nantinya akan dapat diakses dari manapun dan kapanpun.

Cara membuat kuis lewat iSpring Quiz maker

Aplikasi iSpring sendiri memiliki versi gratis dan premium. Walaupun Anda menggunakan versi standard Anda masih menggunakan fitur iSpring quiz maker. Sebelum membuat kuis lewat iSpring, anda harus menginstal dahulu aplikasi iSpring ini. berikut adalah langkah-langkah membuat kuis lewat aplikasi iSpring:

  1. Buka aplikasi iSpring pada peringkat Anda, lalu pilih “Quizzes”
  2. Lalu pilih graded quizzes dan akan muncul tampilan iSpring Suite
  3. Pada kolom “Welcome to Untitled Quiz” Anda dapat mengganti dengan tema kuis yang sesuai dengan materi Anda
  4. Jika ingin menambahkan gambar agar kuis tidak monoton, Anda dapat memilih insert image/picture pada bagian kanan atas
  5. Pada tab “properties” anda bisa mengatur nilai pada passing scrore dan waktu pengerjaain pada time limit.
  6. Pada tab navigation yang masih berada di menu properties, ada dua opsi yang bisa Anda pilih. Yaitu “submit one question at a time” untuk mengkonfirmasi jawaban satu persatu atau “submit all at once” untuk mengkonfirmasi jawaban setelah semua selesai.
  7. Untuk membuat soal kuis, anda pilih graded question pada bagian kiri atas, tentukan jenis dan soal yang sesuai.
  8. Jika soal yang Anda buat adalah pilihan ganda, maka pilihlah multiple choice, lalu masukan piihan jawaban pada kolom Atur jawaban lalu klik correct.
  9. Lalu lakukan langkah seperti diatas untuk menyelesaikan semua soal-soal.
  10. Untuk soal dalam bidang studi khusus seperti matematika, jika jawabannya berupa rumus, Anda bisa memilih “equation” yang ada pada sebelah kanan kolom jawaban dan pertanyaan.

Setelah itu, agar kuis bisa digunakan dan diakses simpanlah kuis yang anda buat dalam format flash. Untuk dapat memutar kuis dalam format, gunakanlah media player yang dapat memutar dalam format flash. Anda juga bisa menyimpan kuis dalam bentuk word, dengan menyimpannya dalam bentuk docx.

Kuis-kuis yang dibuat dengan iSpring quiz maker lebih atraktif dan mudah pengerjaannya. Sehingga secara umum dapat meningkatkan suasana belajar menjadi lebih baik lagi. Selain itu, kemudahan akses juga menjadi kelebihan utama pada fitur iSpring ini.

Baca juga:   Mengenal dan Strategi Mendidik Generasi Alfa di Era Pendidikan Digital

Jika metode pembelajaran menjadi online, maka iSpring solutions telah memberikan banyak kemudahan. Karena setiap murid yang ikut dalam pengajaran atau karyawan yang ikut dalam pelatihan, dapat dengan mudah mengakses kuis ini dimanapun mereka berada.

Dengan hasil yang cepat dan akurat, tentu saja iSpring quiz maker banyak digunakan oleh pengajar atau mentor-mentor pelatihan.

Kelebihan metode belajar dengan iSpring Quiz maker

selain bisa membuat kuis dengan mudah dan dapat diakses dari mana pun. iSpring pun banyak menawarkan kemudahan-kemudahan lainnya. Benefit yang didapat jika menggunakan aplikasi iSpring sebagai metode pembelajaran adalah sebagai berikut:

  • Mudah untuk mengolah materi dan nilai.

Untuk para siswa, materi-materi yang diberikan oleh pengajar bersifat all day accessible, artinya bisa diakses kapanpun. Hal ini akan berguna sekali bagi karyawan yang mengikuti pelatihan atau training yang diselenggarakan oleh perusahaannya. Pelatihan yang diadakan oleh perusahaan akan dapat diakses ketika karyawan tersebut memiliki waktu luang di sela-sela aktivitas pekerjaannya. Lalu dapat mengerjakan tugas atau kuis yang diberikan selama waktu durasi yang diberikan oleh pengajar belum habis.

Untuk para pengajar, iSpring memberikan kemudahan dalam mengolah materi dan nilai. Untuk bahan materi yang telah disiapkan pengajar, dapat diunggah ke aplikasi iSpring sehingga siswa-siswa atau peserta pelatihan dibawah pengajarannya dapat mengakses materi tersebut kapan pun dan di manapun

  • Penilaian online

Ketika mengerjakan kuis yang dibuat dengan iSpring quiz maker, nilai yang muncul akan langsung terintegrasi dengan penilaian secara keseluruhan. Sehingga pembuat kuis atau pengajar dapat menghemat banyak waktu dalam mengerjakan jawaban dari kuis tersebut.

Sebenarnya masih banyak lagi kegunaan dan manfaat yang bisa didapatkan dengan memanfaatkan metode e-learning yang digagas oleh iSpring ini. Dengan munculnya iSpring solutions yang mepakan salah satu platform pendidikan, diharapkan dapat mendukung sistem digitalisasi pada pendidikan di Indonesia.

Silahkan Bergabung dan Belajar Bersama Diklat 64 JPPenyusunan Kurikulum Operasional di Satuan Pendidikan (KOSP), Modul Ajar dan Modul Project“.Klik LINK INI untuk mendaftar jadi peserta.

Share :

Baca Juga

Karya Inovatif

Keren! Inilah 5 Manfaat Menggunakan Moodle untuk CBT (Computer Based Test) Online

Media Pembelajaran

Bikin Video Pembelajaran Ala Youtuber Dengan Aplikasi Edpuzzle

Metode Pembelajaran

Memahami Konsep Pembelajaran Kontekstual

Media Pembelajaran

Cara Membuat Virtual Assistant untuk Pembelajaran Digital yang Menyenangkan

Media Pembelajaran

3 Hal Penting Dalam Membuat Power Point Kreatif Untuk Media Pembelajaran Interaktif

Metode Pembelajaran

Memahami Model Pembelajaran Blended Learning

Media Pembelajaran

5 Hal Penting dalam Membuat Presentasi yang Menarik

Metode Pembelajaran

Cara Guru Era Kurikulum Merdeka Meningkatkan Interaksi Sosial Antar Peserta Didik
Mari Gabung e-Guru.idMenjadi guru yang kompeten dan profesional di era digital

Temukan cara baru mengikuti seminar, workshop, pelatihan BERSERTIFIKAT.