Home / Karya Inovatif / Kenaikan Pangkat / Media Pembelajaran

Kamis, 4 Agustus 2022 - 23:27 WIB

Microsoft Powerpoint, Jalan Ninja Para Guru

Microsoft Powerpoint merupakan salah satu aplikasi presentasi yang sudah banyak digunakan di indonesia. Aplikasi ini sudah tidak asing lagi, karena merupakan salah satu dari bagian Microsoft Office. Dengan tampilan template  visual yang bervariasi dan menarik juga fitur yang beragam, powerpoint dapat menjadi jalan ninja bagi para guru untuk menghasilkan media pembelajaran yang interaktif juga menyenangkan

Salah satu indikator keberhasilan belajar adalah tersampaikannya informasi (materi pembelajaran) dari pendidik kepada peserta didik. Agar hal itu dapat tercapai, guru perlu menggunakan media pembelajaran sebagai alat bantu agar informasi dapat lebih mudah dipahami oleh siswa (Surayya, 2012)

Dalam memilih media pembelajaran, pendidik perlu mempertimbangkan beberapa faktor, salah satunya adalah karakteristik peserta didik sebagai audiensnya. Peserta didik di era digital tentu lebih akrab dengan penggunaan teknologi, sehingga tidak heran jika mereka akan lebih tertarik dengan media pembelajaran digital yang interaktif dan menyenangkan.

Berkat adanya peran teknologi, pendidik dapat memanfaatkan media pembelajaran dalam bentuk digital seperti microsoft power point yang sifatnya mudah diakses dan praktis. Hal ini sejalan dengan semangat yang dibawa oleh program merdeka belajar yang memberikan kebebasan dalam belajar baik itu dari segi waktu dan ruang.

Baca juga:   Guru Perlu Lakukan ini! Siswa akan Semangat dalam Pembelajaran

Merdeka belajar merupakan salah satu dari kebijakan Kurikulum merdeka. Merdeka belajar memberikan kebebasan dalam belajar, sehingga belajar dapat dilakukan dimana saja, kapan saja dan juga dari sumber mana saja. Hal ini  juga sesuai dengan tren pembelajaran di era digital yang serba menggunakan teknologi.

Teknologi menawarkan fleksibilitas dan kepraktisan pada pendidikan, sehingga pendidik perlu memanfaatkannya untuk meningkatkan keberhasilan pembelajaran.

Kelebihan Microsoft Power point Sebagai Media Pembelajaran

  • Banyak fitur

Power point memiliki banyak fitur yang dapat  guru maksimalkan untuk menciptakan media pembelajaran yang interaktif. Dalam hal ini, guru dapat menyisipkan gambar, menambahkan audio, video bahkan membahkan rumus. Fitur yang banyak juga dapat menjadikan powerpoint sebagai media pembelajaran serbaguna yang dapat mendukung berbagai materi pembelajaran.

  • User friendly

Besar kemungkinan guru sudah akrab dengan tampilan dari Powerpoint, hal ini akan memudahkan guru dalam pemakaiannya. Walaupun terlihat sederhana, apabila guru memaksimalkan pemakaian powerpoint, powerpoint akan menjadi aplikasi yang sangat bermanfaat untuk memudhakan pembelajaran

  • Format penyimpanan power point dapat diakses di manapun kapanpun
Baca juga:   Siklus Kinerja Guru Berbasis Sasaran Kerja

Seperti yang disebutkan diawal Powerpoint adalah bagian dari Microsoft office.  Microsoft office sudah menjadi kebutuhan standar pada setiap laptop. Dengan menggunakan media pembelajaran Powerpoint, pendidik dapat dengan mudah mengakses file nya, pada bahkan hampir setiap laptop. Powerpoint juga dilengkapi dengan fitur Cloud Service sebagai tempat penyimpanan bersama sehingga meniadakan keterbatasan akses untuk berbagai perangkat. 

Anda tertarik untuk mengembangkan powerpoint sebagai media pembelajaran interaktif tapi bingung dimana? Jangan khawatir! e-guru.id solusinya. Ikutilah pelatihan bersertifikat 32 JP dengan tema “Membuat Media Pembelajaran interaktif Menggunakan Power Point” dengan cara mendaftar lewat link berikut ini

https://online.e-guru.id/product/pelatihan-membuat-media-pembelajaran-interaktif-menggunakan-power-point-angkatan-ke-1-bulan-agustus-2022/

Penulis: SYN

Share :

Baca Juga

Guru Honorer

Seleksi PPG Prajabatan punya dua kesempatan. Ini penjelasan Kemendikbudristek

Media Pembelajaran

3 Hal Penting Dalam Membuat Power Point Kreatif Untuk Media Pembelajaran Interaktif

Kenaikan Pangkat

Pelajar Pancasila.

Kenaikan Pangkat

Jadwal Pretest PPG Dalam Jabatan tahun 2022

Media Pembelajaran

Fitur-Fitur Menarik dari Virtual Asisten untuk Video Pembelajaran Interaktif
video pembelajaran

Media Pembelajaran

Membuat Konten Video Pembelajaran Menarik dengan Capcut

Media Pembelajaran

Media Pembelajaran dan Fungsinya dalam Proses Belajar

Admin Sekolah

Memahami Cara Penggunaan Platform Rapor Pendidikan Indonesia
Mari Gabung e-Guru.idMenjadi guru yang kompeten dan profesional di era digital

Temukan cara baru mengikuti seminar, workshop, pelatihan BERSERTIFIKAT.