Home / Kenaikan Pangkat

Jumat, 26 Agustus 2022 - 07:57 WIB

Mengenal Platform SIPLah dan Cara Mengoperasikannya

Di jaman serba digital ini, segala hal tercipta dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi. Ini karena teknologi mampu membantu terpenuhinya kebutuhan apapun dengan cepat, termasuk sistem dan aktivitas yang terjadi dalam dunia pendidikan. Salah satunya yakni kegiatan belanja sekolah melalui platform SIPLah.

Dalam kegiatan sehari-hari, setiap lembaga pendidikan pasti membutuhkan beragam barang atau jasa untuk menyukseskan program pembelajaran. Dalam hal ini, pemerintah Indonesia memanfaatkan kecanggihan teknologi dengan meluncurkan platform belanja sekolah, SIPLah. Tujuannya adalah agar kebutuhan belajar-mengajar dapat terpenuhi dengan baik dan cepat.

Lantas, apa itu SIPLah? Bagaimana cara mengoperasikan platform tersebut? Nah, berikut adalah pembahasan lengkap terkait pengertian SIPLah, manfaat, serta fitur-fitur terbarunya.

Mengenal Platform SIPLah

SIPLah atau Sistem Informasi Pengadaan Sekolah merupakan platform atau portal yang memfasilitasi sekolah untuk melakukan pengadaan berupa barang ataupun jasa. Pembuatan platform ini bertujuan agar setiap satuan lembaga pendidikan bisa berbelanja kebutuhan belajar dan mengajar dengan biaya terjangkau, cepat, dan tentunya aman. Bahkan, SIPLah telah bekerja sama dengan marketplace terpercaya di Indonesia, seperti Blanja, Blibli, dan lainnya.

Platform SIPLah menjembatani setiap instansi pendidikan atau sekolah untuk menjalankan program PBJ (pengadaan barang & jasa) dengan efisien, efektif, akuntabel, dan transparan.

  1. Efektif & efisien

Sekolah bisa langsung berbelanja guna memenuhi kebutuhan lembaga tanpa susah payah. Pengoperasiannya cukup sederhana, terlebih pengguna bisa mengaksesnya secara online kapanpun dan di manapun tanpa memotong waktu dan tenaga.

  1. Transparan

Maksudnya adalah bersifat terbuka. Pelaku PBJ dan penyedia barang/jasa bisa saling tahu kegiatan apa yang sudah dilakukan masing-masing pihak. Dengan begitu, keamanan dan kepercayaan terjaga.

  1. Akuntabel

Seperti halnya transparan, semua transaski di SIPLah dapat dipertanggungjawabkan. Yang pasti, SIPLah sudah mendapatkan cap ‘trust’ dari para penggunanya.

  1. Bersaing

Lembaga sekolah yang hendak melaksanakan PBJ di SIPLah mendapatkan tawaran yang luar biasa kompetitif. Dalam hal ini, sekolah bebas memilah dan memilih penawaran yang lebih detail dan informatif.

Dari rincian sifat SIPLah di atas, artinya, barang dan jasa yang diperdagangkan di platform tersebut terjamin keamanannya. Tentunya, pengeluaran dana untuk keperluan sekolah tepat sasaran (tidak mengalami kerugian atau penipuan). Penggunaannya pun sangat mudah. Sekolah bisa mengaksesnya kapanpun karena SIPLah berbasis web, yaitu siplah.kemdikbud.go.id.

Sebelum login, tentunya, sekolah harus membuat akun SIPLah terlebih dahulu. Pihak sekolah bisa memakai akun aktif yang sudah terdaftar di SSO (Single Sign On) atau dapodik. Akun dapodik yang dapat mengakses dan melakukan transaksi di SIPLah adalah akun kepala satuan pendidikan dan akun tenaga pendidik yang telah ditunjuk. Instansi pendidikan tidak perlu khawatir karena platform tersebut sudah dilengkapi dengan sistem pengaman, yaitu autentikasi user serta password akun SIPLah.

Baca juga:   Pelajar Pancasila.

Manfaat Utama SIPLah

Salah satu tujuan pembuatan dan pengembangan platform SIPLah adalah mewujudkan manjemen keuangan satuan pendidikan yang akuntabel dan transparan. SIPLah bisa berperan sebagai media elektronik yang mengelola serta mendokumentasikan semua transaksi keuangan yang terjadi. Selain itu, ada lagi tiga manfaat utama SIPLah untuk instansi baik sekolah, UKM, ataupun pengguna lainnya. Manfaat tersebut antara lain:

  1. Menguatkan manajemen atau tata kelola keuangan lembaga satuan pendidikan. Dengan begitu, pihak sekolah bisa memantau dan mengendalikan data transaksi dengan mudah serta meminimalisir terjadinya modus pengadaan.
  2. Anggaran lebih efisien dan level harganya lebih rendah. Selain itu, pilihan penyedia barang & jasa sangat banyak sehingga lembaga pendidikan bisa memilih alternatif terbaik sesuai kebutuhan.
  3. SIPLah tidak hanya bermanfaat untuk sekolah, tetapi juga pelaku usaha seperti UMKM atau toko-toko sekitar instansi.

Fitur Terbaru SIPLah

Nadiem Makarim memaparkan bahwa selama ini masih banyak terjadi penyelewengan dana BOS. Itulah sebabnya, platform SIPLah terbentuk. Di samping itu, SIPLah memang dibuat khusus untuk meminimalisir risiko penyalahgunaan dan kesalahan dalam belanja. Kepala serta semua pihak sekolah tidak usah risau akan hal tersebut karena memang 100% aman dari berbagai intimidasi. Semua tindakan dan transaksi terekam jelas saat proses pengadaan terjadi.

Lalu, bagaimana dengan fitur-fitur SIPLah? Apakah memudahkan? Tentu saja, semua fitur baik lama atau baru sengaja didesain sederhana dan tetap mempertimbangkan keamanan proses transaksi. Berikut penjelasannya:

  1. Opsi mitra

Awal peluncuran SIPLah, sekolah tidak dapat memilih dan memantau pesanannya. Namun, sekarang, fitur baru ini telah muncul. Sekolah bebas memilih mitra mana yang menurutnya paling cepat dan tepat. Ini karena pihak sekolah juga bisa mengetahui durasi pengirimannya.

  1. Opsi aduan dan pembatalan transaksi

Apabila setelah belanjaan tiba dan barang tidak sesuai, sekolah menyampaikan aduan pada penjual atau penyedia barang/jasa. Ini berlaku selama pembayaran berlangsung. Apabila masih dalam tahap pemesanan dan pihak sekolah ingin membatalkan transaksi, maka opsi pembatalan ini bisa dimanfaatkan dengan baik.

  1. Pengecekan status pesanan

Fitur ini tersedia di dashboard halaman utama SIPLah. Sekolah busa mengecek secara berkala status pesanannya. Dengan begitu, tidak ada lagi keluhan terkait real-time barang/jasa yang sudah dipesan.

  1. Pendaftaran & pembayaran
Baca juga:   8 Data Wajib Dipersiapkan Saat Akan Mendaftar PPPK Tahun 2022

Yang terakhir adalah pembaruan pendaftaran serta pembayaran. Fitur ini sebenarnya untuk penyedia barang & jasa atau penjual di SIPLah. Sekarang, pendaftaran sekaligus pembayaran di SIPLah jauh lebih cepat dan mudah. Untuk verifikasi akun (pendaftaran), paling lambat yakni sehari (1×24 jam).

Cara Mengoperasikan SIPLah untuk Sekolah

Sebenarnya, platform SIPLah ini sama saja dengan platform belanja lainnya. Pengguna bisa login dan langsung memulai transaksi jual beli. Agar lebih jelas, berikut adalah langkah-langkah mengoperasikan dan berbelanja di SIPLah untuk satuan pendidikan:

  1. Login ke halaman SIPLah sesuai dengan marketplace yang dipilih. Misalnya, SIPLah Blibli.
  2. Setelah sampai di halaman utama, pilihlah kategori penjual atau pembeli. Untuk sekolah, Anda bisa memilih pembeli.
  3. Gunakan satu akun yang telah masuk dalam Dapodik untuk login
  4. Cari dan temukan produk atau jasa yang dibutuhkan.
  5. Jika sudah ketemu, Anda bisa klik barang tersebut untuk melihat dna mengamati secara detail informasi terkait produk tersebut.
  6. Kalau sudah merasa yakin dengan pilihan tadi, selanjutnya, klik menu ‘beli sekarang’ atau Anda bisa memasukkannya ke keranjang terlebuh dahulu.
  7. Lakukan transaksi. Anda bisa memilih sumber pendanaan tertentu. Umumnya, sekolah akan menggunakan dana BOS.
  8. Anda juga bisa melakukan negoisasi. Namun, menu ini hanya untuk barang umum. Untuk melakukannya, Anda tinggal klik menu ‘nego.’
  9. Selanjutnya, klik ‘buat pesanan.’
  10. Jangan lupa untuk melakukan pemgecekan ulang. Hal ini guna memastikan apakah pesanan Anda sudah benar atau masih ada kekeliruan.
  11. Pilihlah pengiriman yang Anda kehendaki.
  12. Jika sudah, langkah selanjutnya adalah menyelesaikan transaksi. Maka, klik menu ‘selesaikan transaksi’.
  13. Jika semua langkah di atas selesai, Anda akan menerima notifikasi bahwa transaksi sudah berhasil.
  14. Saat barang sudah datang, Anda bisa memberikan rating pada penjual tersebut.

Bagaimana? Belanja di SIPLah sangat mudah, bukan? Terlebih, Anda bisa menego harga yang menurut Anda tidak sesuai. Artinya, Anda berkesempatan untuk memperoleh barang dengan harga yang murah dan terjangkau. Selain itu, barang yang berada di deretan halaman penjualan SIPLah terjamin keaslian dan kualitasnya. Memang, inilah salah satu syarat wajib yang harus dipenuhi oleh para penjual. Dengan demikian, satuan pendidikan tidak ragu untuk memanfaatkan platform SIPLah.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link ini atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

(RAW)

Share :

Baca Juga

contoh deskripsi pengalaman kerja pppk guru

Kenaikan Pangkat

Pentingnya Laporan Publikasi Ilmiah Bagi Guru
tips menjadi guru friendly

Kenaikan Pangkat

Peran Guru Dalam Pengembangan Kreativitas Anak

Kenaikan Pangkat

Pembelajaran Matematika, sebagai pemodelan

Kenaikan Pangkat

Ingin dapat Angka kredit untuk Kenaikan Pangkat Guru? Download Pedoman Buku 4 dan 5 Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB)

Kenaikan Pangkat

Cara Mudah Menyusun Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) Terbaru 2022

Kenaikan Pangkat

Pentingnya Penilaian Kinerja Guru (PKG)

Kenaikan Pangkat

Supervisi Kepala Sekolah dan Nilai SKP Guru

Guru Honorer

Kenali bentuk publikasi ilmiah dan angka kreditnya