Home / Media Pembelajaran

Selasa, 16 Agustus 2022 - 09:58 WIB

Mendesain Slide Presentasi yang Baik dan Menarik

Mengenal 5 prinsip mendesain slide presentasi yang menarik – Presentasi merupakan sebuah kegiatan yang pasti dilakukan oleh guru maupun siswa. Sejak Sekolah Menengah Pertama, siswa telah dikenalkan dengan kegiatan presentasi kelompok. Pada jenjang kuliah, mahasiswa harus mempresentasikan hasil penelitian mereka. Salah satu tantangan yang kerap kali ditemui adalah bagaimana cara mendesain slide presentasi yang menarik.

Slide presentasi harus memiliki pondasi agar keberadaan dan pesan dapat tersampaikan kepada audiens Membuat slide presentasi yang menarik sebenarnya bukanlah hal yang sulit. Anda perlu mengetahui prinsip dalam mendesain sebuah slide presentasi.

Mengapa prinsip mendesain slide diperlukan? Ibarat kompas, prinsip mendesain akan membantu Anda dalam membuat slide presentasi yang menarik. Tentunya Anda ingin agar presentasi Anda menarik dan bermanfaat untuk para audiens. Lantas apa saja prinsip dalam membuat slide presentasi?

5 Prinsip mendesain slide presentasi yang menarik

  1. Content first, design second

Prinsip desain slide presentasi yang menarik pertama yakni utamakan konten terlebih dahulu, barulah desain. Ketika Anda memiliki rangakaian gagasan materi di pikiran Anda, jangan langsung mengambil notebook dan membuat slide power point. Langkah ini kurang dianjurkan karena hasil yang diperoleh tidak akan memuaskan.

Tampilan slide yang Anda hasilkan secara spontan ini pastinya tidak menarik untuk dilihat. Hal tersebut karena tampilan slide yang dihasilkan tak lebih dari sekedar dekorasi belaka. Banyak tempelan di sana sini. Dari segi sistem pun masih kurang jelas karena alurnya juga masih banyak yang lompat.

Oleh karena itu, Anda perlu menyiapkan konten terlebih dahulu sebelum membuat desain slide prsentasi. Dengan adanya konten, slide prsentasi akan lebih tertukstur dan menarik tentunya. Struktur penting dalam sebuah konten yakni pembukaan, isi, dan diakhiri dengan penutupan.

Konten yang Anda buat pastinya harus disesuaikan dengan audiens Anda. Salah satu kunci sukses slide presentasi yang menarik adalah konten yang berkualitas untuk audiens. Konten yang Anda sajikan dapat menjadi solusi dari masalah yang dialami audiens agar apa yang Anda sampaikan berbekas di benak mereka.

Anda dapat membuat konten yang telah disiapkan yang berisikan pendahuluan, isi, dan penutup dibuat dalam bentuk storyboard. Storyboard merupakan sebuah draft dari konten yang disajikan dalam bentuk tulisan dengan menggunakan kata kunci maupun sketa gambar yang diurai secara sistematis dan berurutan. Storyboard akan mempermudah Anda dalam membuat slide presentasi yang menarik.

  1. Visual
Baca juga:   Manfaat Menggunakan Aplikasi TikTok untuk Pembelajaran Era Digital

Dalam penyampaian presentasi, Anda harus ahli dalam memainkan kekuatan verbal dan visual. Slide presentasi yang menarik mengkombinasikan permainan verbal dan visual yang baik.  Kombinasi keduanya dapat membuat audiens lebih antusias dalam menyimak presentasi yang Anda sampaikan.

Kekuatan verbal sendiri merupakan narasi yang Anda samapikan, sedangkan kekuatan visual, yakni slide presentasi yang Anda gunakan. Anda harus bisa menggambarkan tampilan yang visual. Bukan slide presentasi yang isinya merupakan kalimat panjang yang sebeanrnya dapat Anda ungkapkan secara lisan.

Slide presentasi yang Anda buat harus menjadi penguat pesan terhadap apa yang ingin Anda sampaikan. Slide inilah yang membantu audiens mudah menerima apa yang ingin Anda utarakan. Permainan visual penting dalam pembuatan slide presentasi yang menarik.

Slide yang tepat serta memiliki kekuatan visual bersifat persuasif. Maksudnya slide tersebut mampu mepengaruhi perasaan para audiens, menjadikan audiens nyaman dan bersemangat dalam menyimak. Bahkan sampai ke titik di mana audiens tertarik dan ingin membeli produk atau jasa Anda. Apa yang tidak dapat Anda utarakan melalui verbal dapat disampaikan dengan baik dengan slide visual yang menarik.

  1. Sederhana

Slide presentasi yang menarik tidak selamanya merupakan desain yang rumit. Tampilan sederhana namun menarik dan elegan juga bisa menarik banyak audiens. Slide yang sederhana akan mempermudah Anda dalam proses penyampaian saat presentasi berlangsung. Tidak hanya mudah disampaikan, tapi juga mudah dipahami para audiens.

Siapa bilang membuat slide sederhana itu sulit? Tips membuat slide sederhana sangat mudah untuk diaplikasikan. Pertama, Anda harus menentukan informasi yang ingin disampaikan kepada pada audiens. Kedua, menentukan kata kunci yang mewakili informasi utama tersebut. Ketiga, membuang informasi penjelas yang membuat slide Anda menjadi rumit. Keempat, mencari visual yang mendukung materi yang hendak Anda sampaikan.

  1. CRAP

CRAP merupakan sinkatan dari contrast, repetition, alignment, proximity. Kontrras merupakan prinsip desain yang artinya adalah perbedaan. Untuk menerapkan prinsip kontras, Anda harus menciptakan perbedaan antar elemen dalam slide presentasi Anda. Menciptakan kontras dapat membantu audiens memperhatikan presentasi dengan cepat serta mampu membedakan mana pesan utama dan pendukung.

Untuk menciptakan kontrras yang kuat, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Seperti misalnya pengaturan warna, ukuran font, dan elemen desain lainnya. Tentu dalam pembuatan slide presentasi yang menarik dibutuhkan kreativitas.

Baca juga:   Microsoft Powerpoint, Jalan Ninja Para Guru

Repetition yang artinya adalah pengulangan. Anda dapat menggunakan elemen yang sama untuk beberapa atau bahkan keseluruhan slide presentasi. Pengulangan ini dapat menciptakan harmoni yang tampak asyik dilihat oleh mata para audiens.

Alignment yang artinya penataan dalam desain visual memiliki tujuan untuk menciptakan tampilan desain yang teratur dan rapi. Penempatan gambar atau teks bukanlah sekedar ditulis dan ditelatkkan pada slide begitu saja. Kehadiran dua komponen dalam slide presentasi adalah hasil sebuah desain dan harus diperhatikan adalah alignment.

Penataan yang disarankan dalam pembuatan slide presentasi yakni rata kiri, kanan, dan tengah. Penataan yang baik ini akan membuat slide tampak rapi hingga audiens nyaman dengan presentasi yang Anda paparkan.

Proximility artinya kedekatan. Maksudnya adalah elemen yang memiliki kesamaan pada visual slide presentasi diletakkan berdekatan. Sedangkan untuk elemen yang berbeda diletakkan dengan mengambil jarak atau dijauhkan. Cara ini akan mempermudah audiens mencerna presentasi Anda.

Proximility ditujukan untuk memperoleh tampilan slide presentasi menarik dan teratur. Sebelumnya, Anda harus mengelompokkan berbagai elemen di dalam slide persentasi Anda. Jika sudah dikelompokkan, barulah Anda dapat menata elemen tersebut secara berdekatan.

  1. White space

Prinsip desain slide presentasi yang menarik terakhir adalah white space. White space dalam desain visual memberi cukup ruang dalam slide presentasi. Ruang kosong pada slide presentasi tidak boleh dihabiskan. Slide yang justru tidak memiliki white space membuat slide terkesan rumit dan tidak rapi.

Berikan ruang kosong pada slide presentasi Anda sebagai tempat untuk mengekspresikan kata kunci atau kalimat ringkas serta gambar untuk menampilkan pesan. Berikan juga spasi antar kata karena white space juga bisa berarti spasi, jarak, atau ruang kosong di antara elemen dalam slide presentasi.

White space juga membuat tulisan pada slide presentasi Anda tidak bertumpuk hingga nyaman untuk dilihat. Kenyamanan slide presentasi juga merupakan hal penting yang wajib Anda perhatikan.

Demikianlah 5 prinsip mendesain slide presentasi yang menarik yang bisa Anda coba, selamat mencoba.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link ini atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

(RAW)

 

Share :

Baca Juga

Admin Sekolah

Pakai Excel, Guru Lebih Mudah Kelola Administrasi

Media Pembelajaran

iSpring Quizmaker, Metode Pembelajaran dengan Pendekatan Digital
kelebihan dan kekurangan quizizz

Media Pembelajaran

Sangat Mudah! Berikut Cara Membuat Poster Pendidikan yang Menarik

Media Pembelajaran

Simak Berbagai Manfaat Fitur Google Workspace For Education dalam Mewujudkan Merdeka Belajar

Media Pembelajaran

Memanfaatkan CapCut untuk membuat video pembelajaran

Media Pembelajaran

Cara Mudah Membuat Media Pembelajaran dengan Classpoint

Media Pembelajaran

Sangat Mudah! Berikut Media Belajar Interaktif untuk Menarik Minat Belajar Siswa

Karya Inovatif

Dijamin Seru! Inilah Manfaat dan Contoh Game Puzzle untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa