Home / Media Pembelajaran

Selasa, 15 Maret 2022 - 14:28 WIB

Ragam Aplikasi Membuat Video Pembelajaran di HP

Aplikasi Membuat Video Pembelajaran di HP – Idealnya, cara penyampaian ilmu terbaik yakni dengan bertatap muka. Sehingga antara pendidik dan siswa dapat saling berinteraksi.

Hanya saja, kondisi yang demikian masih belum dapat berjalan sempurna semenjak pandemi dengan berbagai variannya menyerang generasi.

Hal ini menjadikan para pendidik untuk bisa lebih berinovasi. Salah satunya yakni dengan memberikan fasilitas kepada generasi berupa video pembelajaran.

Cara pembuatannya pun beragam baik dari aplikasi maupun merangkai video tersebut sendiri. Pun, ada juga aplikasi membuat video pembelajaran di HP yang bisa para pendidik akses dengan mudah.

Misalnya, WPS Office : Power Point, Tellagami, Explain Everything Whiteboard, Kinemaster, dan Filmora yang menyediakan fitur gratis maupun premium.

1.   Buat Video dari Power Point

Sebagian pendidik mungkin tidak mengetahui bahwa mereka bisa membuat video pembelajaran melalui Power Point.

Sebab kebanyakan menggunakan format PPT hanya untuk presentasi kelas maupun program semata.

Ternyata, digunakan buat video juga bisa. Step pertama yang harus dilakukan yakni membuat slide presentasi serta template yang sesuai topik pembelajaran.

Saat membuat slide pembelajaran, pastikan slidenya sudah tertata secara durasi dan layoutnya.

Bagi pemula, memang agak rumit untuk mengedit PPT sebagai video. Anda harus mampu menentukan durasi tampilan per slide.

Untuk pengaturannya, Anda bisa memilih pengaturan di tab slide show kemudian tentukan timer-nya. Selanjutnya, Anda pilih tab file.

Kemudian pilih opsi Convert ke video lalu export file tersebut dalam bentuk pilihan video (pilih opsi create a video).

Jika slide atau konten yang Anda masukkan banyak, biasanya Anda perlu menunggu beberapa menit untuk proses convertnya. Jadi, mudah kan? Power point ini juga bisa dengan mudah Anda akses di HP.

2.   Buat Video dari Tellagami

Aplikasi lainnya yang bisa digunakan yakni dengan menggunakan aplikasi Tellegami. Ringkasnya, aplikasi ini berkonsep game simulasi dalam kehidupan yang bisa mirip The Sims.

Anda bisa menggunakannya untuk membuat video pada animasi pembelajaran yang bisa menarik minat para siswa.

Jika konten pembelajaran Anda terkait dengan bentuk story telling, maka aplikasi Tellegami sangat recommendedbuat Anda. Ukuran aplikasinya pun terjangkau. Cukup menyediakan ruang kurang lebih 31.8 MB.

3.   Buat Video Pembelajaran Lewat Explain Everything Whiteboard

Selain Tellegami, Anda juga bisa menggunakan aplikasi Explain Everything Whiteboard. Aplikasi ini mempunyai beragam fungsi yang menarik.

Baca juga:   3 Hal yang Dapat Menghambat Kemajuan Pendidikan Indonesia

Anda bisa merekam sebuah video, membuat presentasi sekaligus mencoba untuk mengerjakan video berbasis edukasi.

Kalau Anda memerlukan file yang ada di Dropbox atau Google Drive, jangan khawatir. Aplikasi ini langsung bisa disinkronkan dengan akun Google Drive Anda.

Hal lain yang lebih unik lagi, Anda juga bisa membuat room meeting yang bisa Anda gunakan untuk belajar bareng bersama siswa.

Untuk ukuran aplikasinya sendiri, biasanya tergantung perangkat yang Anda gunakan. Aplikasi ini dapat Anda jadikan rekomendasi. Bahkan para pengunjung playstore sudah banyak memberikan rating yang tinggi.

4.   Buat Video di Kinemaster

Selanjutnya ada aplikasi Kinemaster yang bisa Anda gunakan. Aplikasi ini juga menyediakan fitur premium jika ingin mendapatkan beberapa tools yang lebih menarik dari versi gratisnya.

Sebelum membuat video dari Kinemaster, Anda juga harus mempersiapkan konten materi pembelajaran yang akan disampaikan. Anda juga bisa siapkan audio sebagai latar belakang dari video tersebut.

Tahapan selanjutnya, cobalah untuk menyediakan kamera dan tripod agar video yang dihasilkan dapat lebih jernih dan berkualitas baik.

Hal ini pun juga bertujuan agar video pembelajaran Anda dapat lebih banyak menarik minat para siswa.

Di proses editing, pastikan Anda sudah memahami cara untuk memperpanjang timeline, transisi maupun efek dari video yang akan dibuat.

Pastikan juga bahwa komposisi pada layer agar tampilan video dapat lebih menarik. Jika sudah diedit sedemikian rupa, pastikan untuk mengecek hasil video sebelum di-export.

5.   Buat Video Pembelajaran di Filmora

Selanjutnya, Anda juga bisa menggunakan aplikasi Filmora. Aplikasi ini punya banyak versi mulai dari yang sebagian besar tools – nya basic sampai advanced.

Filmora sendiri juga banyak menyediakan fitur tambahan video yang menarik dan gratis. Ada juga yang memang premium, tentu saja didukung dengan tools yang lebih menarik. Tapi ini Anda harus merogoh kantong.

Cara pembuatannya mudah sekali. Pilihlah beberapa video yang akan dijadikan konten berikut dengan beberapa slide yang diperlukan dalam video.

Kemudian setelah itu, Anda bisa menambahkan beberapa efek seperti mode naik turun, atau bahkan ala bounce. Untuk memudahkan dalam pengenalan fitur efeknya, Anda juga bisa melihat lewat preview.

Baca juga:   Strategi Pengembangan e-Learning untuk Wujudkan Digitalisasi Pendidikan

Agar video dapat jadi lebih menarik, cobalah untuk menambahkan sound pada video pembelajaran Anda. Pastikan sound-nya sesuai dengan target audience-nya. Hindari penggunaan audio yang ada copyrightnya. Sebab bisa bahaya kalau mau diunggah di channel kesayangan Anda. Pun, sebagai saran, sebelum memulai pengeditan dengan Filmora alangkah baiknya mengenali lebih dulu aplikasinya. Biasanya kalau di HP, Anda hanya cukup menyiapkan ruang penyimpanan kurang dari 100 MB.

Keuntungan dan Kerugian Penggunaan Video Pembelajaran

Setiap inovasi, tentu memiliki dampak positif dan negatifnya. Begitu juga halnya dengan penggunaan video pembelajaran. Berikut beberapa keuntungan menggunakan video pembelajaran :

  1. Siswa mendapat kemudahan dalam menyerap materi yang disampaikan guru melalui video. Tentu saja hal ini akan memberi dukungan di sisi intelektual siswa.
  2. Sebagian siswa hari ini memiliki tipikal siswa yang suka akan visualisasi. Sehingga penggunaan video akan sangat berdampak positif sebab menarik minat siswa untuk belajar dan menggali lebih dalam.
  3. Guru tidak akan kesulitan dalam mencapai target pembelajaran.
  4. Guru dan siswa akan saling belajar untuk meningkatkan serta memanfaatkan kecanggihan teknologi.
  5. Memberdayakan siswa agar lebih bijak dalam penggunaan akses internet.

Adapun kerugian dalam penggunaan video pembelajaran tersebut yakni :

  1. Jika guru masih belum memahami teknik pembuatan video, maka konten tersebut bisa saja menghambat perkembangan belajar.
  2. Siswa bisa kehilangan motivasi belajar untuk berpikir kritis dan menggali sebab hanya terpaku dengan tampilan di video.
  3. Siswa bisa saja bosan dengan model visualisasi yang sedang tidak in dan kurang trendi menurut zaman mereka.

Adanya pembahasan dampak positif maupun negatif tersebut yakni hanya bertujuan memberikan gambaran pada guru serta lingkungan sekolah terkait dampak penggunaan video pembelajaran. Kerugian tersebut tentu dapat diminimalisir dengan banyaknya pelatihan guru.

Selain itu, penting untuk mengikuti beragam seminar maupun kegiatan yang bernuansa pemanfataan teknologi. Harapannya para tenaga kependidikan masih bisa up to date dan bisa membuat video pembelajaran berdasarkan karakteristik para siswa jaman sekarang.

Nah, demikianlah ulasan mengenai aplikasi membuat video pembelajaran di HP yang bisa menjadi sumber referensi.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link INI atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

Share :

Baca Juga

Media Pembelajaran

5 Hal Penting dalam Membuat Presentasi yang Menarik

Media Pembelajaran

Langkah-Langkah Membuat Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Kinemaster
video pembelajaran

Media Pembelajaran

Membuat Konten Video Pembelajaran Menarik dengan Capcut

Media Pembelajaran

Belajar Sambil Bermain dengan Eclipse Crossword

Media Pembelajaran

Cara Membuat Presentasi di Canva, Guru Wajib Tau!

Media Pembelajaran

Cara Mudah Membuat Video Pembelajaran dengan Powtoon

Media Pembelajaran

Sangat Mudah, Begini Tutorial Mengubah Powerpoint Menjadi Video

Karya Inovatif

Dijamin Seru! Inilah Manfaat dan Contoh Game Puzzle untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa