Home / Kenaikan Pangkat / Media Pembelajaran

Sabtu, 27 Agustus 2022 - 12:19 WIB

Membuat Video Pembelajaran Hanya Butuh Smartphone?

Video – Smartphone atau jika diartikan dalam bahasa Indonesia telepon pintar, menjadi barang identik di era digital saat ini. Dengan adanya digitalisasi, masyarakat bertransformasi dan secara sadar maupun tidak, pola hidupnya berubah. Smartphone menjadi kebutuhan sehari hari.

Hal itu karena sifatnya yang kecil dan mudah dibawa bawa, selain itu, smartphone juga mudah dalam pemakaiannya. Smartphone kini sudah menyediakan berbagai macam fitur yang memanjakan penggunanya, seakan manusia dapat mengerjakan segala aktivitasnya dengan menggunakan smartphone saja.

Video Sebagai Media Pembelajaran Era Digital

Era digital juga menjadi sebuah tugas bagi guru untuk terus berinovasi. Pembelajaran perlu menyesuaikan perkembangan zaman. Guru tidak dapat mencegah masuknya teknologi dalam dunia pendidikan, oleh karena itu, mengadaptasikan diri dan mengadopsi teknologi adalah cara yang paling bijak. Salah satunya adalah memanfaatkan teknologi pada media pembelajaran.

Video pembelajaran adalah media pembelajaran audio visual. Berdasarkan dari kerucut pengalaman edgar dale, siswa yang belajar dengan media pembelajaran berbentuk video memiliki persentase daya ingat lebih tinggi, sebesar 30 % dibandingkan dengan media pembelajaran visual seperti buku dan media pembelajaran audio yang masing masing persentasenya hanya sebesar 10% dan 20%

Baca juga:   Memanfaatkan CapCut untuk membuat video pembelajaran

Aplikasi Editor Video Mudah di Smartphone

Guru tidak perlu khawatir, karena membuat video pembelajaran itu mudah, dengan menggunakan Capcut guru hanya perlu menggunakan smartphone saja loh! Caput adalah aplikasi editor video gratis yang dapat di download di google play. Walaupun gratis, Capcut memiliki banyak fitur, sehingga guru dapat dengan leluasa mengkreasikan video pembelajaran.

Berikut kelebihan Capcut berikut ini

1. User Friendly

Capcut memiliki tampilan yang sederhana, sehingga siapa saja dapat memakainya. Pengguna Capcut tidak perlu memiliki kemampuan tertentu untuk dapat mengoperasikan aplikasi.

2. Tersimpan Otomatis

Bayangkan, Anda sedang mengedit video di Capcut, hanya saja tiba tiba batrai Handphone¬†anda habis sebelum anda sempat menyimpan hasil editan. Anda bertanya tanya, apakah video hasil edit anda terselamatkan? jawabannya adalah “iya”. salah satu kelebihan dari Capcut adalah dapat menyimpan hasil edit terbaru secara otomatis, sehingga oengguna tidak perlu khawatir apabila keluar dari aplikasi tanpa sengaja atau kecelakaan lainnya.

Baca juga:   Pembelajaran Matematika, sebagai pemodelan

3. Aplikasi Bekerja secara online Maupun offline

Kabar baiknya, mengedit video di Capcut tidak memerlukan jaringan internet. Sehingga, pengguna dapat menggunakan Capcut kapan saja di mana saja tanpa lerlu mengkhawatirkan ketersediaan jaringan internet

Capcut memiliki banyak kelebihan, pengguna dapat menggunakan Capcut sesuai kebutuhannya. Bagi guru, Capcut akan sangat berguna dalam membuat video pembelajaran, maka dari itu, guru perlu memanfaatkannya.

Tidak tahu harus memulai dari mana? Guru tudak perlu khawatir, karena e-guru.id menyediakan pelatihan dengan tema “Membuat video Pembelajaran Menarik Menggunakan Smartphone”

Segera daftarkan diri anda lewat link berikut ini

https://online.e-guru.id/product/membuat-video-pembelajaran-menarik-menggunakan-android-bulan-september-angkatan-ke-2/

(syn/rtq)

Share :

Baca Juga

Media Pembelajaran

Cara Menginstal iSpring QuizMaker untuk Membuat Soal Otomatis

Kenaikan Pangkat

Yuk, Pelajari Bagaimana Cara Pengisian DUPAK Guru!

Media Pembelajaran

3 Hal Penting Dalam Membuat Power Point Kreatif Untuk Media Pembelajaran Interaktif

Karya Inovatif

Collaborative Learning Secara Daring? Cari tahu Di Sini!
Inilah Jadwal dan Syarat Pretest PPG Daljab Kemenag 2022

Kenaikan Pangkat

Guru Non ASN yang Lolos Passing Grade 2021 Jadi Prioritas di Seleksi PPPK 2022

Kenaikan Pangkat

IKM (Implementasi Kurikulum Merdeka) : Guru Tidak Dibiarkan Sendiri

Media Pembelajaran

Sangat Mudah! Berikut Media Belajar Interaktif untuk Menarik Minat Belajar Siswa

Kenaikan Pangkat

Resmi! Tak Ada CPNS, Pemerintah Tetapkan 530.028 Kebutuhan PPPK 2022