Home / News

Kamis, 25 April 2024 - 10:20 WIB

Jadwal dan Tahapan Tes Seleksi CPNS dan PPPK 2024 yang Perlu Anda Ketahui

Ilustrasi seleksi PPG

Ilustrasi seleksi PPG

Pemerintah akan membuka seleksi CPNS dan PPPK di tahun 2024 ini. Bagi Anda yang hendak mengikuti seleksi tersebut, wajib mengetahui jadwalnya dan seluruh tahapan seleksi yang akan diketahui agar saat proses seleksi tidak mengalami kendala.

Di tahun 2024 ini, setidaknya terdapat 2 juta lebih formasi yang akan dibuka. Itu artinya, jika Anda mengikuti seleksi CPNS dan PPPK tahun ini ada kemungkinan besar yang akan diterima.

Sejauh ini, memang belum terdapat jadwal resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah dalam hal ini oleh BKN atau Badan Kepegawaian Negara. Namun dapat dipastikan bahwa proses seleksi akan dimulai pada bulan Mei 2024 mendatang.

Untuk itu, perlu selalu update informasi terbaru terkait seleksi CPNS dan PPPK tahun 2024 ini.

Mengingat waktu yang sudah dekat, bagi Anda yang ingin mengikuti seleksi CPNS dan PPPK tersebut lebih baik untuk menyiapkan segala keperluan mulai sekarang; mulai dari persyaratan yang dibutuhkan, kesiapan mental, kesiapan fisik, dan lain sebagainya. Sebab semua itu dapat menentukan Anda dalam kelulusan pada seleksi tersebut.

Persyaratan yang dibutuhkan tentunya akan menyesuaikan dengan formasi yang Anda lamar. Oleh sebab itu, selalu teliti dengan informasi atau pengumuman yang disampaikan oleh instansi di mana Anda melamar.

Nah, jika sudah mempersiapkan diri, kini Anda dapat melakukan pengecekan terkait kapan tes akan dilakukan dan kira-kira apa saja tahapan yang harus dilalui.

Baca juga:   Mekanisme Pengajuan Usul Penerbitan Surat Keputusan Tunjangan Profesi Guru Tahun 2024

Berikut ini adalah prakiraan jadwal dan tahapan tes dalam seleksi CPNS dan PPPK 2024

Tahap Pertama – Pendaftaran Awal

Pada tahap pertama ini adalah masa pendaftaran awal yang akan dimulai pada bulan Mei yang akan datang.

Terdapat dua periode yang perlu Anda pahami bahwa periode pertama adalah untuk pendaftaran golongan (CAS) yaitu yang diperuntukkan untuk lulusan sekolah kedinasan. Jika kualifikasi pendidikan Anda tidak memiliki ikatan kedinasan dengan pemerintah, maka Anda tidak bisa mengikuti pendaftaran ini.

Periode yang kedua adalah periode untuk pendaftaran awal untuk CPNS dan PPPK. Nah, ini umumnya akan dibuka untuk calon peserta umum. Tahan ini yang bisa bisa Anda ikuti untuk lulusan pendidikan non kedinasan.

Tahap Kedua – Seleksi Administrasi

Berkas yang dipersyaratkan untuk mengikuti seleksi akan diperiksa oleh penyelenggara seleksi. Proses ini akan dilakukan pada pekan pertama pada bulan Mei hingga bulan Juni 2024.

Dan jika ada sanggah dan jawab sanggah terkait sengketa proses seleksi administrasi juga akan dilakukan pada tahap ini yang akan dilakukan pada pekan ketiga dan keempat pada bulan Juni 2024.

Tahap Ketiga – Pengumuman Pelaksanaan Tes

Pada bulan Juli pada pekan pertama dan kedua akan ditentukan daftar peserta seleksi, tempat berbagai tes meliputi Seleksi Kompetensi Dasar, Kompetensi Bidang.

Baca juga:   Buruan Daftar, PEMDA Siapkan 400 Lowongan Guru Dan PPPK 2024

SKD untuk CPNS dan PPPK akan dilakukan pada bulan Juli pada pekan ketiga dan pekan kedua pada bulan Agustus 2024.

Tahap Keempat – Pengelolaan Nilai

Tes yang sudah dilakukan akan dinilai oleh penyelenggara, khususnya pada nilai SKD CPNS. Hal ini akan dilakukan pada pekan ketiga pada bulan Juli hingga pekan kedua pada bulan Agustus 2024.

Tahap Kelima – Pengumuman Hasil Tes

Pengumuman hasil tes SKD untuk CPNS dan PPPK akan disampaikan pada pekan ketiga pada bulan Agustus 2024.

Informasi tambahan untuk CPNS masih harus melakukan tes SKB pada pekan pertama di bulan September 2024. Lalu semua nilai SKD dan SKB akan dikumpulkan dan hasilnya akan disampaikan pada pekan ketiga pada bulan September 2024.

Nah, itulah semua tahapan yang harus dilalui bagi para peserta seleksi CPNS dan PPPK secara umum. Untuk lebih detailnya, dapat dilihat melalui laman bkn.go.id yang disediakan oleh pemerintah.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link ini atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

(shd/shd)

Share :

Baca Juga

News

Cara Menyusun Rubrik Penilaian bagi Guru Pemula

News

Urgensitas Meningkatkan Kecerdasan Emosional Guru

News

Catat dan Ingat! Jadwal Resmi Pencairan THR Bagi Guru Sertifikasi dan Non Sertifikasi

News

Update Terbaru! Daerah Yang Sudah Terima Pencairan Tunjangan Sertifikasi Triwulan I

News

Guru Wajib Tahu ! Model Pembelajaran Flipped Classroom untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa

News

Cara Menjadi Guru Abad 21, Apa yang Harus Dilakukan?

News

Bocoran Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Bagi Guru Dan Kepsek Mengalami Kemunduran

News

Selamat untuk Para Guru! Dirjen Kemendikbud Resmi Mengumumkan Kebijakan Baru