Home / News

Senin, 8 Januari 2024 - 08:55 WIB

Alasan Mengapa Menjadi Guru Itu Berat?

Hingga kini, kita masih kerap mendengar ungkapan yang isinya adalah seputar pernyataan, bahwa menjadi guru adalah profesi yang mudah atau gampang. Karena kerjanya hanya seputar masuk kelas, duduk, selesai.

Padahal sebenarnya, tugas seorang guru tidaklah sesederhana yang ada di benak masyarakat. Sebagai seorang guru, Anda tentu tahu bagaimana beratnya menjadi seorang guru.

Mengapa berat? Sebab yang akan dihadapi adalah benda hidup, kemudian harus membentuk akhlaknya, karakternya, padahal awalnya sama sekali tidak tahu seperti apa latar belakangnya.

Meskipun demikian, menjadi guru tetaplah menyenangkan jika dinikmati. Dan salah satu yang membuat profesi satu ini menyenangkan adalah ketika melihat anak didiknya berhasil menjadi anak yang berbakti kepada orang tua, agama, bangsa, dan negaranya.

Maka untuk Anda yang ingin menjadi seorang guru, simak beberapa hal berat yang harus dihadapi oleh seorang guru.

Hal ini hanya sebagai gambaran, bahwa menjadi guru bukanlah perkara mudah. Sehingga, Anda meski benar-benar mempersiapkan mental jika ingin menjadi guru masa kini.

Baca juga:   Kabar Baik Dari PGRI Bagi Seluruh Guru Sertifikasi dan Non Sertifikasi Usia 50 Tahun Ke Atas

Karena guru harus digugu dan ditiru, guru juga meski pintar di hadapan murid-muridnya

Alasan pertama adalah, guru dituntut untuk pantas digugu dan ditiru. Bukan hanya itu saja, guru bahkan juga harus selalu terlihat pintar di hadapan para muridnya.

Padahal sejatinya, guru juga manusia biasa. Yang mana, ia juga menjalankan roda kehidupannya layaknya manusia pada umumnya. Bisa merasakan bahagia, sedih, kecewa, patah, atau perasaan lainnya.

Namun, ia harus mengesampingkan perasaan apapun yang ada di dalam hatinya ketika sudah berada di hadapan para peserta didiknya. Bukankah ini adalah hal yang sangat sulit?

Sekecil apapun kesalahan yang dilakukan oleh guru, maka ia akan mendapatkan sanksi sosial yang berat. Inilah yang membuat seorang guru kerap selalu berhati-hati ketika akan melakukan apapun. Dan ini sangat penting untuk diperhatikan, agar ia tetap bisa menjadi sosok yang bisa digugu dan ditiru. Baik dari segi perkataan maupun perbuatannya.

Administrasi dan persoalan lainnya yang tidak kalah banyaknya

Baca juga:   Guru yang Tetap Memilih Pembelajaran Secara Tatap Muka

Mungkin, orang lain hanya melihat, bahwa guru-guru hanya sekedar masuk ke dalam kelas, menyampaikan materi, dan memberikan tugas.

Namun di balik itu, ada banyak sekali hal-hal yang mesti dikerjakan. Mulai dari menyelesaikan berbagai macam administrasi, kemudian tugas tambahan lainnya. Dan masih banyak urusan lainnya yang harus dikerjakan. Di mana, pekerjaan ini bukan hanya menyita tenaga, tapi juga waktu dan pikiran.

Selain kedua hal berat di atas, masih ada segudang alasan mengapa menjadi seorang guru adalah pekerjaan yang sulit. Seperti tanggung jawabnya terhadap karakter bangsa, gaji yang kadang tidak seberapa, harus menghadapi berbagai karakter siswa, dan lain sebagainya.

Nah, itulah beberapa alasan mengapa menjadi guru adalah tugas yang berat. Apakah Anda tertarik menjadi seorang guru?

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link ini atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

(ant/shd)

Share :

Baca Juga

News

Breaking News! Gaji Ke-13 PNS dan Pensiunan Akan Segera Cair, Berikut Besarannya

Guru Honorer

Jangan Khawatir, Mendikbudristek Pastikan Tunjangan Profesi Guru Bagi Semua Guru
Insekuritas Siswa

Kesiswaan

Kenali P5 dahulu sebelum menerapkan kepada siswa

News

Siap – Siap Guru dan Kepsek Akan Segera Menerima Tunjangan Hari Raya 2024 100% Tanpa Adanya Potongan

News

Tahap dan Tujuan Seleksi CPNS PPPK Guru 2024

News

Cara Menyusun Rubrik Penilaian bagi Guru Pemula

News

Jadwal Pasti Rapelan Gaji Guru Bulan Januari dan Februari

News

Semua wajib tau poin penting RUU Sisdiknas