Penilaian Akhir – Penilaian akhir dari pembelajaran adalah hal yang sangat ditunggu-tunggu oleh siswa setiap selesai menghadapi ujian tahap akhir selama beberapa hari. Guru tentunya ikut andil dalam menentukan nilai yang akan diberikan kepada anak didiknya di sekolah. Ini adalah hal yang wajar bagi setiap sekolah setiap tahunnya.
Oleh karena itu, untuk memaksimalkan hasil akhir pada Penilaian Akhir Semester diperlukan tips supaya ada hasil yang maksimal dan memerlukan kolaborasi yang baik antara guru, murid serta orang tua murid. Maka dari itu, di bawah ini akan membahas mengenai tips menghadapi Penilaian Akhir Semester yang dapat bermanfaat bagi semua pihak yang terlibat.
Baca Juga: Pembelajaran Berdiferensiasi : Pengertian, Karakteristik dan Strategi Pembelajaran
Penilaian Akhir Bagi Siswa
Dibawah ini membahas beberapa tips menghadapi Penilaian Akhir bagi guru dan murid. Simak penjelasan berikut :
- Memberikan materi sesuai Kisi-Kisi
Ketika akan menghadapi ujian tahap akhir, biasanya guru memberikan kisi-kisi terlebih dahulu. Soal yang nantinya akan muncul dalam soal ujian tersebut pasti tidak akan jauh dari kisi-kisi yang telah diberikan.
Baca Juga: Collaborative Learning Secara Daring? Cari tahu Di Sini!
Setelah murid memahami kisi-kisi, selanjutnya adalah melengkapi materi. Jika siswa termasuk kategori pelajaran yang rajin, tentu saja akan dengan mudah dan tidak akan merasa sulit untuk melengkapinya. Bahkan mungkin banyak teman sekelasnya diminta untuk mencarikan materi yang menurut mereka sulit.
- Mengatur menyamakan dan waktu belajar
Seperti hal nya pilot tugasnya menerbangkan peswat terbang, begitupun pelajar mereka hanya berfokus pada tugasnya yaitu belajar. Guru harus dengan sigap membantu siswa untuk mengatur waktu belajarnya dengan baik sehingga dapat menyerap materi dengan baik.
- Selalu memberikan motivasi belajar
Masalah mendasar yang selalu terjadi pada siswa yakni siswa tidak ada rasa semangat untuk belajar atau sering selalu di sebut dengan malas. Maka dari itu, tugas guru harusnya memberikan motivasi pada siswa agar lebih bersemangat untuk belajar serta bekerja keras untuk mendapatkan nilai yang lebih maksimal dalam menghadapi ujian tahap akhir.
- Memberikan pekerjaan rumah secara konstan
Setalah guru memberikan pelajaran di sekolah, biasanya ketika jam pelajaran sudah berakhir guru selalu memberikan oleh-oleh kepada siswa untuk menguji materi yang telah diberikan di kelas sebelumnya yakni memberikan Pekerjaan Rumah (PR). Dengan memberikan PR, maka harapan guru yaitu siswa dapat mengontrol waktu belajar siswa lebih rutin dan terjaga. Dampak positif nya yaitu siswa akan lebih paham dengan materi yang telah diajarkan serta dapan berpikiran lebih baik.
- Memperdalam materi agar dapat dipahami murid
Tidak semua materi yang diberikan oleh guru dapat diserap dengan mudah oleh murid. Kapasitas atau pemikiran setiap murid akan berbeda-beda dan itu adalah hal yang biasa.
Penulis: Vikri Februansyah