Home / Metode Pembelajaran

Minggu, 16 Januari 2022 - 22:36 WIB

Guru Wajib Tahu 7 Metode Pembelajaran Menarik

Metode pembelajaran yang digunakan dengan tepat akan menciptakan proses belajar mengajar yang efektif dan efisien.

Metode pembelajaran adalah sebuah proses sistematis dan teratur yang dilakukan oleh guru atau pendidik dalam menyampaikan materi.

Selain itu, metode pembelajaran juga dapat diartikan sebagai sebuah strategi atau taktik dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar di kelas yang diaplikasikan oleh guru dengan tercapainya tujuan pembelajaran yang sudah ditetapkan.

Pengertian lain dari metode pembelajaran adalah cara yang digunakan dalam mengimplementasikan rencana yang telah disusun berbentuk kegiatan yang nyata dan praktis agar mencapai tujuan pembelajaran.

Tujuan utama dari metode pembelajaran adalah untuk membantu guru dalam mengembangkan kemampuan secara individu bagi para siswa agar mereka mampu menyelesaikan masalah.

  1. Metode Studi Kasus

Metode studi kasus atau case study  dapat digunakan dalam pembelajaran aktif. Metode ini memanfaatkan situasi atau kasus tertentu yang dapat memberikan siswa pembelajaran bermakna dan bermanfaat.

Baca juga:   Cara Penerapan Model Belajar Make a Match
  1. Metode Diskusi

Metode diskusi merupakan metode yang erat hubungannya dengan belajar pemecahan masalah. Metode ini juga biasa dilakukan secara berkelompok atau diskusi kelompok.

Metode ini berbentuk tukar menukar informasi, pendapat dan unsur-unsur pengalaman secara teratur dengan maksud untuk mendapat pengertian yang sama, lebih jelas dan lebih teliti tentang sesuatu atau untuk mempersiapkan dan menyelesaikan atau menghasilkan keputusan bersama.

  1. Metode Demonstransi

Pada metode ini siswa diberikan kesempatakan untuk bersentuhan langsung dengan materi yang dipelajari kemudian mereka memeperagakannya di depan kelas. Maka dari itu, dengan metode ini dapat menunjukkan bagaimana siswa melakukan sesuatu yang kemudian diamati dan dibahas di depan kelas.

  1. Metode Discovery

Metode discovery mendorong siswa untuk menemukan sendiri pengetahuan atau konsep baru. Guru harus memotivasi bagaimana siswa menyimpulkan sendiri konsep atau formula yang sedang dipelajari.

  1. Metode Jigsaw

Metode jigsaw mengarahkan siswa untuk belajar dengan cara berkelompok, maka dengan itu guru dapat mendorong siswa untuk dapat bekerjasama. Setiap anggota kelompok mendapat tugas untuk memahami dan mendalami bagian tertentu dari tema yang dipelajari. Kemudian setiap anggota kelompok menggabungkannya hasil belajarnya sehingga terbentuk satu pemahaman yang utuh.

Baca juga:   Guru wajib tau pentingnya refleksi pembelajaran
  1. Metode Tanya Jawab

Metode Tanya Jawab adalah metode mengajar yang memungkinkan terjadinya komunikasi langsung yang bersifat two way traffic, karena pada waktu yang sama terjadi dialog antara guru dan siswa. Dalam komunikasi yang terjadi maka terlihat adanya hubungan timbal balik secara langsung antara guru dengan siswa.

  1. Metode Eksperimen

Metode eksperimen adalah satu metode berfikir karena dalam eksperimen dapat menggunakan metode yang lain dimulai dari menarik data sampai dengan menarik kesimpulan.

 

Untuk dapat menerapkan metode pembelajaran dengan baik maka guru perlu untuk memahami karakteristik siswa terlebih dahulu, sehingga metode yang digunakan akan tepat sasaran.

Share :

Baca Juga

Metode Pembelajaran

Strategi Belajar Mengajar yang Mudah & Efektif di Masa Pandemi
Model Pembelajaran Inkuiri

Metode Pembelajaran

Berpikir Kritis dengan Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri

Metode Pembelajaran

Cara Meningkatkan Kecerdasan Intelektual Peserta Didik
Insekuritas Siswa

Metode Pembelajaran

Tips Mengatasi Insekuritas Siswa di Sekolah

Metode Pembelajaran

Cara Menerapkan Pembelajaran dengan Konsep Learning Disability

Media Pembelajaran

5 Rekomendasi aplikasi yang memudahkan belajar matematika

Metode Pembelajaran

Model Pembelajaran Aktif dengan Aktivitas Debat di Kelas

Metode Pembelajaran

Pembelajaran Tatap Muka Inovatif dan Interaktif di Kelas