Home / Metode Pembelajaran

Kamis, 20 Oktober 2022 - 15:59 WIB

Cara Menerapkan Pembelajaran dengan Konsep Learning Disability

Pendidikan merupakan salah satu hal utama yang perlu diperhatikan dalam aspek kehidupan. Oleh sebab itu, sebisa mungkin guru akan selalu berusaha untuk menjadikan pendidikan mereka terwujud secara ideal.

Salah satu strategi maupun teknik pembelajaran yang dilakukan yakni dengan menerapkan konsep Learning disability. Lantas, bagaimana definisinya?

Definisi Sederhana Konsep Learning Disability

Sederhananya, konsep learning disability merupakan terobosan konsep dalam belajar untuk membantu para peserta didik yang memiliki kesulitan saat menyerap dan mencapai target belajar.

Kesulitan yang peserta didik alami bisa terjadi karena beberapa hal misalnya kendala pemahaman, penggunaan bahasa yang berbeda baik secara bahasa maupun tulisan.

Jika kesulitan dalam belajar ini dibiarkan, maka siswa akan lebih banyak mengalami kebingungan dan tertinggal dengan teman – temannya. Maka dari itu, guru menyiasati dengan learning disability.

Langkah – Langkah yang perlu dilakukan dalam Menerapkan Learning Disability

Untuk menerapkan konsep learning disability, tentu beberapa guru perlu melakukan beberapa hal di bawah ini :

1.   Penempatan Posisi Tempat Duduk yang Strategis

Langkah pertama yang perlu diterapkan yakni dengan menempatkan siswa berada pada posisi tempat duduk yang berdekatan dengan guru. Dekatnya tempat duduk siswa dengan para guru tentu akan memudahkan siswa tersebut bertanya maupun diperhatikan oleh anda.

Baca juga:   9 Cara Mengajarkan Toleransi pada Peserta Didik

2.   Perubahan Transisi (Kabinet Kelas dan Letak Tempat Duduk)

Langkah kedua yang bisa dijalankan yakni dengan melakukan perubahan misalnya dengan mengubah susunan kabinet kelas maupun letak tempat duduk para siswa.

Usahakan dalam kombinasi tempat duduk anda menempatkan siswa secara heterogen bukan karena mereka dalam satu circle pertemanan yang sama maupun sama – sama pintar.

Menempatkan siswa dengan grup berdasar latar belakang pengetahuan yang berbeda akan membantu siswa berinteraksi dan belajar untuk mengenal lingkungan sosial mereka.

3.   Belajar Ala Visual

Siswa dengan kesulitan belajar bisa jadi kurang mampu menyerap pembelajaran tanpa adanya bantuan visualisasi.

Maka, sebagai guru anda dapat mewujudkan suasana pembelajaran semacam graphic organizers untuk memudahkan siswa menyerap target pembelajaran.

Selain itu, anda pun juga perlu mencari cara untuk menjelaskan kesimpulan dari akhir pembelajaran secara sederhana agar siswa dapat menerimanya dengan mudah.

Baca juga:   Definisi, Prinsip, Fungsi dan Cara Memilih Bahan Ajar

4.   Konsistensi dengan Jadwal Harian

Selain itu, anda juga bisa membuatkan siswa membuat jadwal harian berdasar kemampuan masing – masing.

Misal, anda dapat mengarahkan mereka untuk lebih banyak belajar mengenai mata pelajaran yang tidka bisa mereka serap dengan baik. Waktu luang seperti breaktime dan lainnya bisa anda gunakan untuk membantu siswa.

5.   Memilihkan Partner Kerja

Layaknya sebuah organisasi, para siswa di sekolah juga perlu memiliki partner untuk bisa diajak berdiskusi dalam hal pembelajaran maupun mengembangkan interaksi sosial masing – masing.

Nah, demikian ulasan mengenai konsep learning disability dan beberapa hal yang bisa diterapkan oleh para guru. Semoga bermanfaat.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link ini atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

(rhm/shd)

Share :

Baca Juga

Metode Pembelajaran

Cara Menerapkan Pembelajaran pada Siswa Learning Disability

Metode Pembelajaran

Cara Meningkatkan Ranah Afektif Siswa

Metode Pembelajaran

Model Pembelajaran Kontekstual
Tips-tips mengajar

Metode Pembelajaran

Tips-Tips Mengajar Untuk Guru Baru!

Karya Inovatif

Model Pembelajaran VAK (Visualization,Auditory dan Kinestetic) dalam Mengembangkan Ketrampilan Membaca, Menulis, dan Berhitung Siswa Sekolah Dasar

Metode Pembelajaran

Pembelajaran Tatap Muka Inovatif dan Interaktif di Kelas
Pendidikan

Metode Pembelajaran

Jangan Remehkan Tanya Jawab dalam Belajar
Tenaga Honorer

Guru Honorer

Peran Guru Menanamkan Sifat Nasionalisme Pada si Kecil
Mari Gabung e-Guru.idMenjadi guru yang kompeten dan profesional di era digital

Temukan cara baru mengikuti seminar, workshop, pelatihan BERSERTIFIKAT.