Home / Metode Pembelajaran

Sabtu, 13 Agustus 2022 - 15:04 WIB

Cara Guru Mengatasi Murid yang Malas untuk Belajar Mata Pelajarannya

Guru – Sebagai seorang guru tentunya anda menginginkan apapun yang terbaik untuk siswa khususnya dalam pelajaran. Jika siswa menanggapi dengan cepat pelajaran nantinya siswa pun dapat mencapai berbagai tujuan pembelajaran dan pasti anda akan mersakan bangga tersendiri.Yang menjadi kendala yakni beberapa siswa mungkin tidak akan suka dengan mata pelajaran, hasilnya yakni mereka akan kesulitan dalam menerima berbagai materi yang telah disampaikan oleh guru di depan kelas.

Ini merupakan hal yang tidak mudah untuk membuat siswa suka dengan mata pelajaran yang diajarkan oleh anda jika dari awal mereka sudah terlihat tidak niat dan minat. Namun sebagai guru anda tidak harus putus asa dan jangan membiarkannya begitu saja karena hal tersebut akan berdampak buruk pada nilai mereka nantinya.

Baca Juga: 6 Istilah-Istilah Baru Dan Populer Dalam Kurikulum Merdeka yang Tidak Ada di Kurikulum 2013

Tips Guru Membuat Siswa Minat dengan Pelajaran yang Anda Ajarkan

Harus guru ketahui bahwa tidak semua siswa menyukai pelajaran yang anda ajarkan. Ada beberapa siswa yang tidak minat dengan mata pelajaran tersebut. Jadi siswa mungkin bisa dikatakan terpaksa untuk mengikuti pelajaran anda. Tetapi memang hal ini akan berdampak buruk pada keilmuan yang anda berikan. Di bawah ini ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk meningkatkan minat siswa terhadap mata pelajaran yang akan anda ajarkan supaya mereka tidak merasakan jenuh. Berikut tips yang bisa dilakukan. Antara lain :

Baca juga:   Cara Ampuh Mengajari Anak Membaca di Rumah

Memastikan siswa paham akan materi yang diajarkan

Ketika anda sedang memberikan materi, anda tidak perlu untuk memastikan bahwa mereka semuanya paham dengan materi yang diberikan. Anda harus menjelaskan materi dengan terstruktur serta bersikap sewajarnya saja. Jika anda menerangkan materi kepada siswa, jangan terlalu cepat karena hal tersebut akan membuat siswa sulit memahami materi.

Baca Juga: Mengenal Istilah dan Tujuan Peta Hidup (Life Mapping)

Menghubungkan materi pelajaran dengan kehidupan sehari-hari

Supaya materi yang akan diajarkan lebih menarik serta mudah dipahami oleh siswa, anda bisa menghubungkan materi pelajaran dengan kehidupan sehari-hari mereka. Hal tersebut bisa memberikan motivasi siswa untuk menarik minat dengan mata pelajaran tersebut, karena nantiya mereka akan berfikir jika mata pelajaran tersebut akan sangat berguna bagi kehidipan nanti.

Baca juga:   Metode Pembelajaran yang Cocok di Masa Pandemi!

Memperhatikan semua siswa dengan baik

Jika anda mengajar di dalam kelas tanpa kontak langsung dnegan siswa maka itu kana terasa membosankan dan jenuh. Anda tentunya harus memperhatikan siswa dengan baik. Perhatian tersebut harus tertuju pada semua siswa di dalam kelas baik untuk penyampaian materi atau ketika siswa mengerjakan soal.

Gunakan metode belajar yang sesuai

Metode pembelajaran yang digunakan harus sesuai dengan minat dan materi yag akan diajarkan. Jika anda menggunakan materi dan media pembelajaran yang tidak sesuai maka itu tidak akan tepat sesuai dengan kebutuhan siswa. Mereka dapat memahami materi pembelajaran dengan mudah.

 

Penulis: Vikri Februansyah

Share :

Baca Juga

Metode Pembelajaran

7 Metode Mengajar untuk Wujudkan Peserta Didik Unggulan
Orang Tua

Metode Pembelajaran

Orang Tua Bisa Melatih Sikap Kritis Pada Anaknya

Kenaikan Pangkat

Jenis-jenis Kecerdasan Yang Harus Kita Tahu
Insekuritas Siswa

Karya Inovatif

Guru wajib tau pentingnya refleksi pembelajaran
Orang Tua

Metode Pembelajaran

Cara Jitu Orang Tua Mendidik Anaknya yang Memasuki Usia Praremaja

Karya Inovatif

Memanfaatkan Google Workspace for Education dalam Pembelajaran kekinian

Metode Pembelajaran

Strategi Belajar Berdasarkan Gaya Belajar Siswa

Metode Pembelajaran

Kuasai 8 Ketrampilan Dasar Mengajar Untuk Jadi Guru Profesional, Ini Caranya!
Mari Gabung e-Guru.idMenjadi guru yang kompeten dan profesional di era digital

Temukan cara baru mengikuti seminar, workshop, pelatihan BERSERTIFIKAT.