Home / Metode Pembelajaran

Rabu, 3 Agustus 2022 - 11:16 WIB

Tips Mengatasi Insekuritas Siswa di Sekolah

Insekuritas Siswa – Sering tidak disadari bahwa insekuritas siswa itu seringkali dialami oleh pelajar. Hal ini tentunya akan memengaruhi proses belajar mengajarnya di kelas. Selain itu juga bisa berdampak pada kemampuan dan cita-citanya yang sudah didambakannya selama ini. Maka dari itu peran guru di sekolah juga harus bisa mendeteksi hal ini pada siswa.

Insekuritas siswa terkadang sulit untuk ditemukan. Tetapi jika diperhatikan secara teliti maka akan terlihat perbedaannya dengan peserta didik lainnya. Masalah insekuritas siswa ini bisa menghambat siswa dalam beberapa aspek seperti potensinya yang akan tidak keluar dan juga tidak teraktualisasikan.

Pada dasarnya insekuritas memang wajar dan pasti dialami oleh beberapa siswa di sekolah dengan berbagai alasan. Ada yang alasannya dari material, latar belakang keluarga, atau bahkan kemampuan. Maka dari itu disini guru harus peka terhadap siswa yang sudah memiliki tanda-tanda insekuritas agar bisa ditangani secara langsung.

Baca Juga: 5 Manfaat Terbaik Program Merdeka Belajar Bagi Pendidik

Baca juga:   Orang Tua Harus Mengajarkan Anaknya Bisa Mencintai Diri Sendiri

Tips Mengatasi Insekuritas Siswa

  1. Penjelasan Secara Rinci Terkait Penerimaan Diri

Guru perlu memberikan penjelasan secara rinci terkait penerimaan diri. Jadi memang insekuritas itu bisa dialami oleh seorang siswa karena belum menerima dirinya secara penuh. Jadi siswa tersebut menganggap perbedaan atau kekurangan yang ada di dalam dirinya itu merupakan hal terburuk.

Padahal pada dasarnya setiap manusia itu tidak ada yang sempurna. Jadi sangat penting disini guru untuk menekankan pada siswanya yang mulai merasa tidak percaya diri untuk bisa mulai menerima dirinya. Dengan bisa menerima keadaan dirinya maka itu sebuah langkah besar untuk memperbaiki semuanya agar menjadi lebih baik.

Baca Juga: 5 Keuntungan Merdeka Belajar Bagi Peserta Didik

  1. Membantu Siswa Dalam Kegiatan Positif

Setelah siswa diberikan bantuan untuk menerima dirinya sendiri maka selanjutnya guru harus menuntunnya untuk bisa melakukan hal positif. Melakukan hal positif ini memang tidak mudah untuk orang yang memiliki insekuritas dalam dirinya. Tetapi guru harus bisa membimbingnya secara perlahan agar dirinya tidak terus menerus memikirkan hal negatif.

  1. Memberikan Masukan Pemikiran Positif
Baca juga:   Inovasi Model Pembelajaran Inkuiri Dalam Pembelajaran

Sembari membantu untuk bisa melakukan kegiatan positif, guru juga bisa sambil memberikan nasihat atau pemikiran yang membangun siswanya. Hal ini dilakukan agar siswa tersebut semakin bersemangat dan kembali memiliki motivasi untuk mengaktualisasikan dirinya.

  1. Pelajari Psikologi Perkembangan Siswa

Ketika proses ketiga langkah diatas dilakukan itu sudah pasti aka nada beberapa kendala yang dilewati. Jadi guru bisa memantau dan mempelajari psikologi perkembangannya. Sehingga mengetahui permasalahan yang sedang dihadapinya dan pada akhirnya bisa memberikan solusi yang tepat.

  1. Melakukan Refleksi Diri

Refleksi diri ini bisa dilakukan sesekali untuk bisa mengingatkan siswa terhadap apa yang sudah dicapainya. Hal ini dilakukan karena terkadang siswa yang tidak percaya diri ini tidak sadar bahwa dirinya sebenarnya sudah banyak melakukan hal yang bermanfaat dan positif untuk dirinya maupun sekitar.

 

Penulis: Vikri Februansyah

Share :

Baca Juga

Pentingnya Peran Guru dan Orang Tua Dalam Mencegah Kasus Perundungan /unsplash.com

Metode Pembelajaran

Cara Penerapan Discovery Learning dan Jenis-Jenisnya

Media Pembelajaran

Media Pembelajaran Interaktif Kunci Murid Senang Belajar

Metode Pembelajaran

Peran Ice Breaking bagi Pembelajaran Efektif

Metode Pembelajaran

5 Keterampilan Dasar Mengajar yang Wajib Dikuasai Guru
jenis metode pembelajaran untuk anak SD

Metode Pembelajaran

8 Jenis Metode Pembelajaran untuk Anak SD, Apa Saja?

Metode Pembelajaran

7 Metode Mengajar untuk Wujudkan Peserta Didik Unggulan
Learning Loss

Metode Pembelajaran

Antisipasi Pembelajaran Agar Tidak mengalami Learning Loss
Orang Tua

Metode Pembelajaran

Orang Tua Harus Mengajarkan Anaknya Bisa Mencintai Diri Sendiri