Home / Metode Pembelajaran

Senin, 29 Agustus 2022 - 13:36 WIB

Cara Ampuh Mengajari Anak Membaca di Rumah

Membaca merupakan aktivitas yang tak lepas dari manusia. Dengan membaca, kita dapat memperoleh ilmu yang bermanfaat. Membaca juga mampu meningkatkan imajinasi kita. Terkadang imajinasi diperlukan untuk memunculkan ide kreatif di dalam diri manusia.

Apakah Anda mengalami kesulitan dalam mengajari anak membaca? Tidak perlu khawatir. Artikel ini akan membahas mengenai cara ampuh mengajari anak membaca yang bisa Anda terpakna di rumah. Anda pun tidak perlu mengeluarkan biaya yang ekstra hanya untuk membuat anak bisa membaca dengan lancar.

Cara ampuh mengajari anak membaca di rumah

Beberapa orang tua mengalami kesulitan saat mengajari anak membaca di rumah. Hal ini wajar terjadi. Belum lagi jika anak lebih tertarik dengan vidio yang ada di youtube dibandingkan membaca. Anak-anak ada yang sudah mengenal gadget di zaman yang sudah maju teknologi seperti ini.

 

Tentu berbeda dengan zaman dulu di mana anak-anak lebih mengenal buku dibandingkan gadget. Sedangkan sekarnag, justru sebaliknya. Gadget menjadi hal yang lebih penting dibandingkan buku. Padahal, buku tidak bisa digantikan dengan adanya gadget. Penasaran bagaimana cara ampuh mengajari anak membaca di rumah? Yuk simak ulasannya.

Kenalkan alfabet pada anak

Sebelum mengajari anak membaca, pastikan Anda telah mengenalkan alfabet pada anak. Pengenalan ini sangat penting sebelum anak diajarkan untuk membaca. Tidak perlu dihafal. Setidaknya, anak telah akrab dengan alfabet dari huruf A hingga Z, plus tahu bagaimana cara melafalkannya.

 

Lalu bagaimana jika anak masih belum berkenalan dengan alfabet? Jangan khawatir, ada banyak cara yang bisa Anda gunakan. Mulailah dengan cara mengajarkan alfabet melalui lagu, vidio, atau mainan sebagai langkah awal anak mengenal alfabet. Tidak susah mencarinya. Sudah banyak vidio di youtube yang membahas alfabet untuk anak-anak tentunya.

Setelah berkenalan dengan alfabet, Anda dapat menguji apakah anak sudah hafal atau belum. Caranya adalah dengan menanyakan nama huruf plus cara pelafalannya secara acak pada anak. Jika anak masih belum fasih, maka Anda harus lebih bersabar pada tahap ini.

Menmubuhkan rasa ingin tahu anak terhadap bacaan

Cara ampuh mengajari anak membaca berikutnya yakni menumbuhkan rasa penasaran anak terhadap bacaan. Dalam belajar membaca, akan sulit mengajari anak untuk membaca jika mereka merasa dipaksa. Alternatif yang bisa Anda gunakan yakni membuat anak penasaran terhadap bacaan.

Baca juga:   Orang Tua Bisa Melatih Sikap Kritis Pada Anaknya

Misalnya saja, Anda memabca sebuah buku dongeng untuk anak. Bacalah buku tersebut dengan fasih dan keras. Dilengkapi dengan perubahan mimik wajah saat Anda membaca buku tersebut. Tentu anak tidak hanya fokus pada bacaan, tapi juga ekspresi yang Anda mainkan. Dengan cara ini, anak akan semakin penasaran dengan bacaan yang Anda baca. Nantinya, anak akan melakukan eksplore sendiri untuk memuaskan rasa penasarannya.

Melatih anak membaca dengan 3 kalimat pendek sehari

Mengajari anak membaca tidak perlu menggunakan metode yang rumit dan biaya yang mahal. Apabila anak sudah menunjukkan minat untuk belajar membaca, mulailah melatih anak dengan kalimat sederhana. Kalimat ini usahakan kalimat yang mudah dipahami dan akrab didengar anak sehari-hari.

Untuk awal, pilihlah kalimat sederhana yang mudah. Semakin kedepannya, Anda akan menambah tingkat kesulitan dari kalimat tersebut. Seperti bermain game. Semakin naik level, maka tantangan akan semakin sulit. Tidak perlu terburu-buru, asalkan anak bisa fasih dalam setiap tahapanya.

Membuat permainan dengan kartu membaca

Mengajari anak membaca juga bisa dilakukan melalui permainan kartu membaca. Supaya kegiatan belajar membaca semkain seru, Anda bisa membuat sebuah permainan. Anda bisa mulai membuat kartu memabca sendiri di rumah. Atau jika ingin cara instan, cukup beli kartu membaca yang dijual di toko mainan.

Membuat kartu membaca untuk anak sangatlah mudah. Anda bisa gunakan kertas karton bekas kemudian dipotong menjadi bentuk kartu Di kartu tersebut, tempel gambar dan dibawahnya diberi tulisan dari benda tersbeut. Banyak sekali gambar menarik yang bisa Anda gunakan pada kartu membaca anak di internet.

Selanjutnya, Anda hanya perlu membantu anak memabca kartu tersebut. Minta anak untuk memabca kartu tersebut dengan agak keras agar lafal dapat didengar. Jika ada kekeliruan, maka Anda wajib mengoreksinya. Cukup mudah bukan?

Mendukung anak bercerita di rumah

Anda tidak hanya bertugas mengajari anak memabca, tapi juga mengujinya. Berikan anak 1 kalimat pendek yang nantinya harus dibaca dengan keras di depan Anda. Jika ada lafal yang salah, Anda jangan langsung emosi dan marah. Anda harus bisa mengoreksi anak dengan cara sebaik mungkin agar anak tidak mengalami penurunan semangat dalam belajar membaca.

Membaca dengan suara keras tidak hanya mempermudah anak dalam belajar membaca. Tapi juga bisa membantu meningkatkan rasa percaya diri anak. Ciptakanlah suasana ringan dan santai saat mengajari anak membaca. Tetap utamakan kenyamanan saat anak belajar membaca di rumah.

Baca juga:   Cara Meningkatkan Kemampuan Ranah Kognitif Siswa

Berikan hadiah pada anak atas keberhasilannya

Nah, hal yang tak kalah penting dalam mengajari anak memabca adalah memberikan hadiah atas keberhasilannya. Dengan memberikan hadiah, anak pastinya akan lebih semangat untuk belajar membaca. Tak lupa berikan pujian juga sebagai pelengkap agar anak semakin senang.

Hadiah untuk anak tidak perlu benda yang mahal. Anda bisa memberi hadiah berupa mainan kesukaannya, snack, atau mengajaknya ke suatu tempat yang disukai. Dijamin cara ini ampuh untuk membuat anak lancar membaca.

Menyediakan banyak buku bacaan di rumah

Mengajari anak membaca di rumah bisa menjadi lebih efektif jika Anda menyediakan banyak buku bacan untuk anak. Cara ini dapat menumbuhkan minat literasi pada anak sejak dini. Daripada anak lebih dekat dengan gadget, buat anak lebih dekat dengan buku.

Anda harus mengetahui terlebih dahulu, buku apa yang disukai anak. Buku ada banyak jenisnya. Mulai dari buku pengetahuan, novel, puisi, dan lain semacamnya. Jika Anda sudah mengetahui jenis buku kesukaan anak, barulah Anda sediakan buku bacaan di rumah. Tidak perlu ribet, Anda bisa membuat rak yang berbahan kardus atau papan triplek.

Tanyakan isi buku yang dibaca oleh anak

Setelah anak benar-benar menyukai memabca, langkah selanjutnya sangat mudah. Anda bisa menanyakan isi dari bacaan yang telah dibaca oleh anak. Dengan melakukan hal ini, Anda tidak hanya melatih daya ingat anak. Tapi juga membantu anak memahami setiap makna kalimat yang dia baca. Tentunya anak harus bisa memhamai setiap kosa kata yang dia baca bukan? Dari sinilah Anda dapat memahami seberapa paham anak terhadap bacaan yang Anda berikan.

Membaca merupakan hal yang sangat penting, terutama bagi anak. Dengan banyak membaca, anak menjadi berwawasan luas. Tentu kegiatan memabca lebih bermanfaat dibandingkan menghabsikan waktu di depan gadget. Demikianlah cara ampuh mengajari anak membaca di rumah yang bisa Anda coba. Diharapkan minat membaca anak sudah tumbuh sejak kecil.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link ini atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

(RAW)

Share :

Baca Juga

Metode Pembelajaran

5 Model Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan untuk Siswa

Metode Pembelajaran

Ragam Manfaat Metode See Think Wonder Untuk Melatih Rutinitas Berpikir Anak

Metode Pembelajaran

Memahami Konsep Pembelajaran Kontekstual
Pendidikan

Metode Pembelajaran

Macam-Macam Strategi Pembelajaran yang Harus Guru Ketahui
HOTS

Karya Inovatif

Instrumen HOTS untuk Guru Berkualitas

Media Pembelajaran

iSpring Quizmaker, Metode Pembelajaran dengan Pendekatan Digital

Metode Pembelajaran

Cara Melakukan Refleksi Pembelajaran yang Menarik

Metode Pembelajaran

Cara Menumbuhkan Keberanian Siswa Berpendapat di dalam Kelas
Mari Gabung e-Guru.idMenjadi guru yang kompeten dan profesional di era digital

Temukan cara baru mengikuti seminar, workshop, pelatihan BERSERTIFIKAT.