Home / Media Pembelajaran / Metode Pembelajaran

Minggu, 28 Agustus 2022 - 17:14 WIB

Memanfaatkan CapCut untuk membuat video pembelajaran

Video pembelajaran – Belajar kini tidak lagi hanya dari sekolah, telah hadir video-video pembelajaran yang membantu siswa untuk lebih memahami materi-materi sekolah. Banyak channel Youtube yang menyediakan konten bertemakan pembelajaran dalam bentuk video tutorial, video penjelasan oleh tutor bahkan video animasi yang menjelaskan suatu materi. Saat ini berbagai pilihan aplikasi untuk mengedit video, salah satu yang populer adalah CapCut.

CapCut merupakan sebuah aplikasi editing video untuk smartphone tanpa ada biaya tambahan bahkan dalam mengoperasikan tidak memerlukan koneksi internet. Di lain sisi CapCut memiliki fitur yang cukup lengkap dan juga menyediakan banyak template yang akan memudahkan pengguna dalam mengedit video. Template tersebut merupakan buatan para pengguna CapCut yang telah mendaftarkan diri menjadi kreator CapCut.

Untuk membandingkan dengan aplikasi populer lainnya. Simak ulasan dibawah ini tentang kelebihan dan kekurangan aplikasi CapCut:

Jika dibandingkan dengan aplikasi lainnya, Capcut memiliki kelebihan diantaranya

Memiliki fitur stabilizer terbaik

Stabilizer merupakan sebuah fitur yang mampu mengurangi efek getaran pada video. Fitur ini biasanya hadir dalam aplikasi edit video yang berbayar. Berbeda dengan Cacput, yang memiliki fitur stabilizer tanpa harus membayar menjadi pengguna premium. Bahkan CapCut dapat dimanfaatkan sebaik aplikasi editing video untuk personal komputer.

Baca juga:   Membuat Konten Video Pembelajaran Menarik dengan Capcut

Banyak efek dan filter

CapCut memiliki banyak efek dan filter yang dapat membantu pengguna dalam editing video. Efek tersebut akan membuat konten menjadi lebih menarik. Begitu pun dengan fitler yang dapat menghidupkan suasana dalam video.

Bebas dari Watermak

Pernahkah Anda menggunakan aplikasi edit video yang menyisipkan watermark pada hasil edit video. Tentunya kehadiran watermark sangat mengganggu ketika pemutaran video. Namun dengan CapCut pengguna tidak perlu khawatir, karena akan bebas dari watermark

Dapat beroperasi secara offline maupun online

Aplikasi edit video ini dapat beroperasi secara offline atau online. Apabila pengguna menggunakan aplikasi ini secara online maka akan dapat menggunakan fitur-fitur template yang ada, sehingga proses edit video tidak menjadi rumit.

Di samping itu aplikasi CapCut ini memiliki kekurangan diantaranya adalah;

Membutuhkan penyimpanan yang cukup besar

Sebagai aplikasi yang memiliki fitur lengkap, baik dari filter, animasi, template dan sebagainya. Sehingga membuat CapCut  memiliki ukuran size sebesar 59 MB, namun setelah proses pemasangan akan menjadi kurang lebih 200MB. Anda harus memastikan untuk menyediakan ruang penyimpanan yang cukup

Baca juga:   Sangat Mudah, Begini Tutorial Mengubah Powerpoint Menjadi Video

Tidak semua ponsel dapat menggunakan CapCut

Aplikasi ini memberikan persyaratan spesifikasi bagi penggunanya. Hanya ponsel dengan  OS Android versi 5.0 atau lebih tinggi saja yang dapat menggunakan CapCut. Meskipun begitu, tidak dapat dipungkiri bahwa aplikasi ini bisa mengedit video menjadi lebih baik.

Boros penggunaan kuota internet

Aplikasi ini memang dapat beroperasi secara offline, namun tidak sedikit pula filter, fitur dan template yang membutuhkan koneksi internet. Sehingga pengguna dapat menggunakan aplikasi ini dengan beralih memakai wifi untuk menghemat penggunaan kuota data.

Ulasan ini menjadikan CapCut sebagai aplikasi edit video yang populer dan juga dapat menunjang pembuatan video pembelajaran

Ikutilah pelatihan “Membuat Video Pembelajaran Menarik Menggunakan Android” dan dapatkan fasilitas berupa full support dari tim instruktur dan mendapatkan e-sertifikat 32 JP.

 

<<DAFTARKAN DIRI ANDA DISINI>>

 

(muf/muf)

 

 

Share :

Baca Juga

Media Pembelajaran

Cara Menyusun Bahan Ajar untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa

Metode Pembelajaran

Cara Menerapkan Pembelajaran pada Siswa Learning Disability

Admin Sekolah

Memahami Cara Penggunaan Platform Rapor Pendidikan Indonesia
Ilustrasi model pembelajaran inovatif

Media Pembelajaran

Presentasi Interaktif dan Lebih Menarik dengan Canva for Education
Model Pembelajaran Inkuiri

Metode Pembelajaran

Berpikir Kritis dengan Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri

Metode Pembelajaran

Mengenal Pendekatan STEM Supaya Pembelajaran Lebih Bervariasi
Orang Tua

Metode Pembelajaran

Cara Jitu Orang Tua Mendidik Anaknya yang Memasuki Usia Praremaja

Kenaikan Pangkat

Model Pembelajaran abad 21: Karakteristik dan Strategi