Home / Media Pembelajaran / Metode Pembelajaran

Selasa, 4 Oktober 2022 - 14:27 WIB

Presentasi Interaktif dan Lebih Menarik dengan Canva for Education

Tips membuat model pembelajaran inovatif

Tips membuat model pembelajaran inovatif

Salah satu program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) ialah pemberian akun belajar.id kepada seluruh guru jenjang SD, SMP, SMA, SMK dan SLB. Akun belajar ini dapat menjadi sarana untuk membuat media pembelajaran yang bervariatif. Salah satu pemanfaatan akun belajar.id yaitu untuk mendaftar pada platform Canva For Education.

Aplikasi Canva for Education sebagai salah satu aplikasi yang bisa guru manfaatkan dalam membuat media pembelajaran yang interaktif, kreatif, menyenangkan baik secara virtual maupun tatap muka. Selain bagi guru dan siswa dapat berkreasi secara mandiri,  juga bisa saling berkolaborasi satu sama lainnya. Hal ini dapat menjadi salah satu solusi pembelajaran jarak jauh yang dapat guru impelementasikan di kelas. Pembelajaran dapat berlangsung dengan lebih menarik, menyenangkan dan bermakna.

Dengan pemanfaatan Canva for education dalam membuat media pembelajaran ini guru bisa berkreasi dan berinovatif dengan lebih mudah dan menghasilkan media yang menarik bagi siswa. Selain itu juga siswa sangat tertarik dan aktif karena bisa ikut serta dalam pembelajaran yang kolaboratif secara online.

Baca juga:   Belajar Menyenangkan dengan Aplikasi Edpuzzle

Canva juga menyediakan template-template presentasi yang sangat bervariasi sehingga anda bisa memilih kategori template sesuai keperluan anda. Kategori ini berupa warna, jenis pekerjaan atau project, dll. Seperti pada aplikasi offline presentasi yaitu Powerpoint, canva juga bisa menjalankan slide presentasi.

Mengakses Canva for Education secara offline juga dapat dilakukan dengan mengunduh presentasi sebagai file pdf, ppt atau gambar. Dengan file gambar atau pdf, akan lebih mudah membagikan presentasi, misalnya ke wali murid siswa, rekan kerja, atau siswa dan seperti sofware berbasis cloud lainnya. Selain itu, membagikan canva juga sangat mudah menggunakan link. Pilihan berbaginya pun cukup beragam, mulai dari link persentasi yang hanya dapat dilihat saja, mengedit, atau sebagai template.

Fitur yang paling spesial adalah “present and record”, jadi anda bisa merekam tampilan persentasi dengan menampilkan video anda yang sedang tampil dan output fitur ini adalah kita dapat mengunduh video (.Mp4) dan membagikan link videonya.

Baca juga:   Contoh Kegiatan Outing Class yang Seru dan Tak Terlupakan

Manfaat Canva For Education

  1. Hemat waktu dengan template siap pakai
  2. Akses ribuan template pendidikan berkualitas tinggi untuk setiap mata pelajaran, kelas, dan keterampilan. Mulai dari IPA dan Matematika, hingga bahasa Inggris, IPS, dan banyak lagi. Kita juga bisa menemukan lembar kerja, rencana pelajaran, presentasi, poster, laporan, dan banyak lagi. Kita hanya perlu menyesuaikan.
  3. Guru bisa menuangkan berbagai kreativitas dalam membuat media dengan akses canva pro
  4. Guru bisa membuat tugas grafis kepada anak-anak baik secara individu maupun kelompok.

Daftarkan diri Anda dalam pelatihan dengan judul “Dimensi Kreatif dan Gotong Royong Pada Peserta Didik Melalui Presentasi Interaktif dengan Canva For Education“ melalui link di bawah ini

Daftar Sekarang

(fas)

Share :

Baca Juga

Metode Pembelajaran

Mengenal Pendekatan STEM Supaya Pembelajaran Lebih Bervariasi

Media Pembelajaran

Media Pembelajaran Interaktif Kunci Murid Senang Belajar

Kesiswaan

Mengenal dan Strategi Mendidik Generasi Alfa di Era Pendidikan Digital

Media Pembelajaran

Cara Mudah Membuat Video Pembelajaran dengan Powtoon
cara membuat laporan best practice guru

Media Pembelajaran

Aplikasi Zipgrade: Cara Otomatis Mengetahui Hasil Pencapaian Peserta Didik
Pentingnya Peran Guru dan Orang Tua Dalam Mencegah Kasus Perundungan /unsplash.com

Metode Pembelajaran

Cara Penerapan Discovery Learning dan Jenis-Jenisnya

Media Pembelajaran

Langkah-Langkah Membuat Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Kinemaster
Insekuritas Siswa

Metode Pembelajaran

Tips Mengatasi Insekuritas Siswa di Sekolah