Home / Metode Pembelajaran

Sabtu, 27 Januari 2024 - 14:29 WIB

5 Keterampilan Dasar Mengajar yang Wajib Dikuasai Guru

Menjadi seorang guru memang tidaklah mudah. Sebab, ada banyak hal yang harus dikuasai. Salah satunya adalah keterampilan dasar mengajar.

Keterampilan mengajar ini bisa menjadi salah satu bukti dari kinerja yang baik. Keterampilan dasar mengajar adalah keterampilan atau kemampuan yang harus dimiliki oleh para guru.

Hal tersebut agar proses belajar mengajar menjadi lebih efektif, professional, dan juga efisien.

Buat Anda yang bercita-cita ingin menjadi guru atau dosen, pahami beberapa keterampilan dasar mengajar berikut:

  1.     Keterampilan bertanya

Bertanya memang hal yang cukup mudah dilakukan. Namun siapa sangka, jika hal sederhana ini masuk ke dalam salah satu deretan keterampilan dasar yang harus dimiliki oleh seorang guru.

Keterampilan bertanya maksudnya ialah keterampilan Anda dalam mengadakan aktivitas tanya jawab kepada peserta didik, yang merupakan umpan balik dari proses pembelajaran yang sedang berlangsung.

Untuk pertanyaan yang dilontarkan tentu harus berkualitas, mengacu kepada materi yang sedang dibahas. Anda bisa menerapkan pertanyaan yang basisnya HOTS. Supaya kemampuan berpikir para siswa bisa menjadi lebih kreatif.

Baca juga:   Jenis-jenis Kecerdasan Yang Harus Kita Tahu

Bahkan, keterampilan ini dapat saja memberikan dampak positif terhadap kemampuan peserta didik. Seperti membuat rasa ingin tahunya meningkat, melatih mereka untuk berpikir logis, membuat mereka lebih berani menyampaikan pendapatnya, dan lain sebagainya.

  1.     Memberikan penguatan

Adapun keterampilan dasar yang kedua ialah memberikan penguatan. Keterampilan ini adalah bagaimana Anda bisa mempertahankan kemungkinan berulangnya perilaku peserta didik. Dalam artian, Anda perlu membuat para siswa agar konsisten ketika melakukan sesuatu.

Keterampilan satu ini dapat Anda lakukan secara verbal atau nonverbal. Untuk penguatan verbal bisa berupa penghargaan dan memberikan pujian. Sementara nonverbal ialah membuat kondisi pembelajaran di kelas menjadi sangat menyenangkan.

  1.     Membuka dan menutup kegiatan belajar dengan baik

Hal ini sederhana, memang. Namun, Anda perlu mencoba mengeksplorasi lebih jauh mengenai cara membuka dan menutup kegiatan kelas yang baik. Keterampilan ini akan menjadi gerbang atau pintu bagaimana kondisi kelas akan dibawa.

Baca juga:   5 Cara Mendisplinkan Siswa di Era Kurikulum Merdeka
  1.     Mengelola kelas

Keterampilan yang tidak kalah pentingnya adalah mengelola kelas. Bagaimanapun, keterampilan satu ini tergolong sangat berat. Khususnya bagi Anda guru baru, dan mengajar di kelas yang dipenuhi anak-anak yang aktif.

Keterampilan ini bertujuan untuk menciptakan suasana belajar yang kondusif di dalam kelas.

  1.     Kemampuan Menjelaskan

Keterampilan lainnya adalah keterampilan menjelaskan. Ini adalah salah satu keterampilan yang juga sangat penting. Seorang guru memang dituntut untuk bisa menjelaskan dengan baik terkait dengan materi yang diajarkan. Karena dengan keterampilan satu ini, maka peserta didik bisa mendapatkan ilmu pengetahuan yang baru.

Selain ke lima keterampilan dasar mengajar tersebut, masih ada beberapa keterampilan lainnya yang harus Anda miliki. Yuk, persiapkan diri dengan terus belajar menjadi guru yang baik. Semoga bermanfaat.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link ini atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

(ant/shd)

Share :

Baca Juga

Metode Pembelajaran

Cara Mengatur Tempat Duduk Siswa yang Baik di dalam Kelas
tips menjadi guru friendly

Metode Pembelajaran

Teknik Hypnoteaching untuk Mewujudkan Pembelajaran Merdeka
model pembelajaran yang cocok untuk gen z

Metode Pembelajaran

Inilah Model Pembelajaran yang Cocok untuk Gen Z

Kesiswaan

Cara Menciptakan Motivasi Belajar Peserta Didik

Metode Pembelajaran

Pembelajaran Tatap Muka Inovatif dan Interaktif di Kelas

Metode Pembelajaran

7 Metode Mengajar untuk Wujudkan Peserta Didik Unggulan
model pembelajaran inkuiri

Metode Pembelajaran

2 Strategi Sederhana Membuat Siswa Aktif Berbicara di Kelas
Strategi Guru

Metode Pembelajaran

4 Cara Menciptakan Kelas yang Kondusif