Home / Kenaikan Pangkat / Kesiswaan / Metode Pembelajaran

Selasa, 6 September 2022 - 18:45 WIB

Jenis-jenis Kecerdasan Yang Harus Kita Tahu

Kecerdasan – Di masa sekarang kita masih sering mendengar bahwa siswa yang cerdas adalah mereka yang hebat dalam matematika, sains atau bahasa inggris. Pandangan ini tidak sepenuhnya salah, tapi bagaimana dengan siswa yang hebat dalam olahraga, menggambar, bernyanyi atau berpuisi? Apakah mereka siswa yang bodoh? Tentu tidak. Karena tiap-tiap siswa memiliki kehebatan di bidang yang mereka kuasai, bisa saja seorang siswa bagus dalam pelajaran matematika, tapi buruk dalam pelajaran seni. Maka dari itu kali ini kita akan membahas tentang jenis-jenis kecerdasan.

Pengertian Kecerdasan

Kecerdasan adalah kemampuan mental yang sangat umum yang antara lain melibatkan kemampuan untuk menalar, merencanakan, memecahkan masalah, berpikir abstrak, memahami ide-ide yang kompleks, belajar dengan cepat, dan belajar dari pengalaman. Bukan hanya belajar buku, keterampilan akademis yang sempit, atau kecerdasan dalam mengerjakan ujian. Secara singkat kecerdasan dapat diartikan sebagai kemampuan untuk memperoleh dan menerapkan pengetahuan.

Baca juga:   RUU Sisdiknas Merilis Dua Model Sekolah Pendidikan Formal

Jenis-jenis Kecerdasan

Kecerdasan dibagi menjadi beberapa jenis, tetapi para ahli memiliki gagasan-gagasan yang berbeda mengenai hal tersebut. Salah gagasan yang paling terkenal adalah gagasan dari Howard Gardner. Gardner berpendapat bahwa kecerdasan terdiri kecerdasan linguistik, logika matematika, musikal, kinestetik, spasial, interpersonal, intrapersonal, dan naturalis. Berikut adalah penjelasannya:

  • Kecerdasan linguistik, mengacu pada kemampuan seseoramg dalam memahami kalimat berupa perkataan ataupun tulisan, kemampuan memahami bahasa dan menggunakannya sesuai dengan kebutuhan yang dimiliki.
  • Kecerdasan logis-matematika, mengacu pada kemampuan untuk menganalisa masalah dengan masuk akal dan mengerjakan hitungan hitungan yang ilmiah.
  • Kecerdasan musikal, mengacu pada kemampuan dalam menata, mengolah intsrumen musik.
  • Kecerdasan kinestik, mengacu kemampuan jasmani atau fisik seseorang yang memiliki potensi untuk dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan.
  • Kecerdasan spasial mengacu kepada kemampuan seseorang individu dalam mengenali dan menghubungkan suatu pola gambar.
  • Kecerdasan intrapersonal, mengacu kepada kemampuan mengenali potensi diri, memahami karakter dan kemampuan diri sendiri.
  • Kecerdasan interpersonal, mengacu pada kemampuan komunikasi dan mempertahankan motif orang lain. Mereka yang memiliki kecerdasan ini hebat dalam memahami dan berinteraksi dengan orang lain.
  • Kecerdasan naturalistik, mengacu pada kemampuan untuk mengenali, memahami, melihat perbedaan, menggolongkan, dan mengkategorikan apa yang ia lihat atau jumpai di alam atau lingkungan sekitarnya.
Baca juga:   Strategi Belajar Berdasarkan Gaya Belajar Siswa

Itu dia penjelasan tentang jenis-jenis kecerdasan. Semoga dengan mengetahui hal tersebut kita, khususnya praktisi pendidikan bisa memahami bahwa tiap-tiap siswa memiliki kecerdasan yang berbeda-beda dan tentunya kita harus mampu membantu mereka agar mencapai potensi tersebut hingga maksimal.

Ingin meningkatkan potensi diri sebagai pendidik? Silakan daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link INI atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

(IWF)

Share :

Baca Juga

Guru Honorer

Kenali bentuk publikasi ilmiah dan angka kreditnya

Kenaikan Pangkat

Peran dan Pembelajaran Digitalisasi Sekolah untuk Pendidikan Siswa

Metode Pembelajaran

Menarik, Inilah Metode Pembelajaran Quantum Teaching
Guru Kreatif

Metode Pembelajaran

Metode Pembelajaran yang Efektif untuk Siswa
Model Pembelajaran Make a Match untuk Efektifitas Pembelajaran

Kesiswaan

Mengenal Lebih Dalam Sosial Emosional Learning
kiat-kiat sukses

Kenaikan Pangkat

Rekomendasi Media Pembelajaran yang Menarik

Kenaikan Pangkat

Pendidikan Karakter Anak Usia Dini

Kenaikan Pangkat

Memahami Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)