Home / Kesiswaan

Rabu, 23 Maret 2022 - 19:29 WIB

4 Kriteria dan Keuntungan Siswa Eligible SNMPTN di Tahun 2022

Kriteria dan Keuntungan Siswa Eligible SNMPTN – Menjadi siswa eligible adalah sebuah privilege, di mana bisa lolos SNMPTN di tahun 2022 ini. Hal ini sesuai dengan apa yang disampaikan oleh pelaksana eksekutif LTMPT, yaitu Profesor Doktor Budi Prasetyo Widyobroto. Di mana para peserta yang terdaftar dalam SNMPTN adalah dipilih melalui sistem penjaringan oleh sekolah secara mandiri.

Pengertian Eligible merupakan kata serapan dari bahasa Inggris yang memiliki arti “telah memenuhi persyaratan”. Sehingga siswa eligible adalah para anak didik yang secara istimewa telah dinyatakan layak sebagai calon mahasiswa dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SNMPTN.

Kriteria Siswa Eligible

Siswa eligible merupakan siswa yang resmi terdaftar di SNMPTN 2022. Di mana dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri, daftar siswa eligible ditentukan sepenuhnya oleh pihak sekolah dan dapat dicek daftarnya melalui situs  LTMPT atau website milik  Kemendikbud. Karena  siswa eligible sudah pasti terdaftar untuk SNMPTN.

Namun perlu digaris bawahi, sebab siswa eligible akan dijaring dalam beberapa kriteria. Seperti adanya kesediaan kuota di sekolahnya. Di mana sekolah bisa  menjaring prestasi akademik murid secara tambahan, untuk memperoleh kriteria peringkat siswa eligible ini.

Baca juga:   Kriteria Siswa Eligible dan Ketentuan Terbaru SNMPTN 2022

Terdapat 4 kriteria Siswa Eligible, antara lain:

  1. Siswa adalah siswa kelas 12 yang memiliki prestasi juara
  2. Siswa memiliki keunggulan dalam nilai dalam akademik, terkait kesesuaian dengan PTN tujuan.
  3. Siswa telah terdaftar dan punya NISN.
  4. Siswa telah mengantongi nilai rapor semester yang telah diisikan di PDSS.

Sebagai catatan peserta yang mendaftarkan diri SNMPTN 2022 dalam bidang seni dan olahraga, berkewajiban untuk mengunggah portofolionya.

Keuntungan Siswa Eligible

Siswa Eligible memang secara langsung dinyatakan lolos dalam SNMPTN 2022 dan memiliki beberapa keuntungan yang tidak dimiliki oleh siswa lainnya. Di mana SNMPTN adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru di PTN atau Perguruan Tinggi Negeri di seluruh wilayah Indonesia, tanpa perlu mengikuti tes tulis.

Adalah hak penuh bagi sekolah untuk menjaring siswanya dengan memberikan peringkat berdasarkan nilai rapor serta prestasi, hingga ditemukan urutan rangking siswa eligible. Selain daripada itu, ternyata menjadi siswa eligible menciptakan keuntungan tersendiri, antara lain:

  1. Lolos SNMPTN dan bebas bea masuk perguruan tinggi negeri atau biaya pendaftaran

Keuntungan siswa eligible yang pertama adalah bisa mengikuti SNMPTN, dengan  bebas biaya pendaftaran, sebab biayanya telah ditanggung oleh pemerintah, atas nama subsidi biaya anggaran.

  1. Tidak ada tes untuk lolos SNMPTN
Baca juga:   Cara Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik

Siswa eligible tidak perlu melakukan tes masuk ke PTN, karena telah lolos SNMPTN. Dengan demikian, siswa eligible akan langsung melakukan pendaftaran ke PTN tujuan.

  1. Menerima subsidi dari pemerintah

Siswa eligible lolos SNMPTN berhak menerima subsidi dari pemerintah, seperti keringanan Uang Kuliah Tunggal (UKT), baik  UKT 1 atau UKT 2. Hal ini tentu adalah kabar gembira bagi para calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu.

  1. Memiliki waktu luang yang banyak

Siswa eligible lolos SNMPTN, tentu memiliki waktu luang yang banyak. Di mana sebelum berkuliah, siswa bisa bereuforia merayakan kelulusan SMA. Selain daripada melakukan hobi, serta  mempersiapkan berbagai syarat lain untuk mahasiswa baru.

  1. Memiliki Kebanggaan Prestasi

Siswa eligible lolos SNMPTN adalah sebuah keistimewaan yang tentu saja bisa dibanggakan. Karena siswa eligible adalah sebuah prestasi yang membanggakan dalam sejarah hidup.

merupakan sebuah kebanggaan tersendiri bagi seorang siswa. Karena siswa eligible juga tidak perlu usaha keras untuk mendaftar ke perguruan tinggi atau universitas lainnya, di samping privilege yang dimilikinya tersebut.

 

Share :

Baca Juga

Kesiswaan

5 Faktor Internal yang Menjadi Hambatan Peserta Didik dalam Belajar

Kesiswaan

Program beasiswa merdeka pendidikan, lengkapi syarat dan daftar segera!

Kesiswaan

Tips Meningkatkan Fokus Pada Anak yang Sulit Konsentrasi
motivasi belajar

Kesiswaan

3 Cara Efektif Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa!

Kesiswaan

Cara Ampuh Mengatasi Kecanduan Gadget Pada Anak

Kesiswaan

Begini Strategi Agar Siswa Tidak Mencontek Saat Ujian
program literasi sekolah

Kesiswaan

Kemdikbudristek dan Twitter Mengembangkan Program Literasi Media Sosial Bagi Pelajar SMP

Kesiswaan

Ingin meningkatkan softskill guru? simak ulasan berikut ini
Mari Gabung e-Guru.idMenjadi guru yang kompeten dan profesional di era digital

Temukan cara baru mengikuti seminar, workshop, pelatihan BERSERTIFIKAT.