Home / Kesiswaan / Kurikulum

Rabu, 5 Oktober 2022 - 07:36 WIB

Pentingnya Mengenali Kepribadian Peserta Didik Bagi Guru

Happy kids at elementary school

Happy kids at elementary school

Karakter Siswa – Pendidikan memiliki peran penting dalam kehidupan masyarakat. Membangun sumber daya manusia yang berdaya saing tinggi, maju secara ilmu pengetahuan dan teknologi, bermoral dan berbudaya bukanlah tugas yang mudah. Kenyataan yang terjadi dalam proses pembelajaran, guru masih mengejar ketercapaian kurikulum yang begitu padat sehingga seringkali guru mengabaikan kondisi, karakteristik dan potensi peserta didik. Guru lebih mengedepankan transformasi “knowledge” dari pada transformasi “value” sehingga muncul degradasi nilai pada peserta didik dan masyarakat secara umum.

Menteri Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim menyatakan pendidikan karakter menjadi salah satu prioritas dalam Merdeka Belajar. Dia menuturkan fondasi pendidikan karakter hidup dari budaya. Pendidikan karakter menjadi suatu kunci meningkatkan pengembangan sumber daya manusia di Indonesia, sehingga perlu meningkatkan urgensi terhadap pentingnya penerapan pendidikan karakter. Penerapan kurikulum yang saat ini menjadi solusi untuk memberikan kebebasan berpikir dan kebebasan berinovasi baik bagi guru maupun siswa.

Merdeka Belajar akan mengubah paradigma lama terhadap pendidik sebagai penyampai informasi semata, menjadi pendidik sebagai fasilitator dalam kegiatan belajar. Dengan demikian, pendidik sebagai pemegang kendali akan pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di ruang kelasnya masing-masing.

Baca juga:   Kurikulum Merdeka dan Model Pembelajaran yang Tepat!

Implementasi program Merdeka Belajar khususnya dalam meningkatkan pendidikan karakter dapat juga melalui kegiatan ekstrakurikuler, yang berarti menguatkan nilai-nilai karakter dalam rangka perluasan profesi, bakat minat, kemampuan, kepribadian, kerja sama, dan kemandirian peserta didik secara optimal.

Memang tidak semua anak didik memiliki karakter yang baik. Dalam sebuah kelas terdiri dari beragam karakteristik dari mulai yang paling menyenangkan hingga yang paling tidak disenangi oleh orang banyak. Hal ini adalah sesuatu yang alamiah karena peserta didik datang dari berbagai macam lingkungan dan dengan berbagai macam pengalaman sehingga membentuk karakter dirinya.

Guru perlu menyikapi keberagaman karakter siswanya dengan baik. Salah mengenali karakter dari peserta didik akan menghambat proses belajar mengajar. Bisa jadi peserta didik akan menjadi malas, tidak memperhatikan, atau bahkan tidak mengerjakan tugas apabila sang guru tidak mampu memahami karakter siswa tersebut. Oleh karena itu, mengenali dan memahami karakter dari peserta didik sangat penting untuk dikuasai.

Baca juga:   6 Hal Penting dalam Penerapan Kurikulum Merdeka SMP

Manfaat Memahami Karakter Siswa

  1. Mendapat gambaran yang lengkap tentang kemampuan awal siswa sebagai landasan untuk mencapai keberhasilan pembelajaran yang optimal.
  2. Mengetahui jenis pengalaman sehingga bisa memberikan materi secara tepat lewat contoh atau ilustrasi.
  3. Mengetahui aspirasi dan kebutuhan siswa sehingga dapat merancang strategi pembelajaran yang lebih tepat.
  4. Mengetahui tingkat penguasaan pengetahuan siswa sebelumnya.
  5. Mengetahui latar belakang sosial dan budaya siswa, contohnya tingkat pendidikan orang tua, sosial ekonomi, atau dimensi kehidupan lainnya, agar guru dapat menyesuaikannya dengan metode yang efisiens.

Daftarkan diri Anda dalam pelatihan dengan judul “Mengenali Kepribadian Peserta Didik Dalam Pembelajaran Kurikulum Merdeka “ pada tanggal 12 – 21 Oktober 2022 melalui link di bawah ini

06. revisi_Pelatihan Mengenali Kepribadian Peserta Didik Dalam Pembelajaran Kurikulum Merdeka #1-02

Daftar Sekarang

(fas)

Share :

Baca Juga

Kurikulum

6 Hal Penting dalam Penerapan Kurikulum Merdeka SMP

Kesiswaan

Ingin Belajar Penyusunan Modul P5? Guru Wajib Tahu Hal Ini!
jenis metode pembelajaran untuk anak SD

Kurikulum

Dimensi dan Cara Penerapan Profil Pelajar Pancasila di Tingkat PAUD
Pentingnya Peran Guru dan Orang Tua Dalam Mencegah Kasus Perundungan /unsplash.com

Kesiswaan

Pentingnya Peran Guru dan Orang Tua Dalam Mencegah Kasus Perundungan

Kurikulum

Panduan Kurikulum Merdeka untuk Pemulihan Pendidikan Nasional

Kurikulum

Mari Mengenal Kurikulum Paradigma Baru untuk Pendidikan Indonesia

Kesiswaan

Menumbuhkan Kemampuan Belajar Mandiri bagi Siswa

Kesiswaan

Pentingnya Memahami PSE Bagi Guru