Home / Kurikulum

Minggu, 13 Maret 2022 - 22:46 WIB

Mengenal Kurikulum Cambridge dan Manfaatnya

Beberapa dari Anda mungkin pernah mempertanyakan mengapa beberapa sekolah bertaraf Internasional menggunakan kurikulum Cambridge dan manfaatnya dalam pendidikan. Sebetulnya, kurikulum ini memiliki berbagai keunggulan serta lebih memfokuskan siswa pada mata pelajaran yang mereka sukai.

Kurikulum Cambridge merupakan kurikulum yang bertujuan menciptakan generasi yang mampu bersaing dalam kancah global.

Kurikulum ini populer karena diperkenalkan oleh penyedia kurikulum dengan kualifikasi Internasional yaitu Cambridge Assessment International Education yang merupakan bagian dari Universitas Cambridge di Inggris.

Di Indonesia sendiri, kurikulum ini telah digunakan oleh lebih dari 200 sekolah. Sedangkan secara global, telah diterapkan kurang lebih oleh 160 negara di dunia.

Kurikulum ini menyediakan jenjang pendidikan bagi siswa mulai usia 5 tahun hingga 19 tahun. Jenjang pertama disebut Cambridge primary, yaitu untuk siswa berusia 5-11 tahun. Jenjang kedua, Cambridge lower secondary untuk umur 11-14 tahun.

Cambridge upper secondary untuk usia 14- 16 tahun. Sedangkan Cambridge Advance untuk usia 16-19 tahun. Keempat jenjang ini disebut sebagai Cambridge Pathway. Untuk di Indonesia, kurikulum ini dapat diterapkan untuk TK hingga SMA.

Baca juga:   Apa yang Dimaksud Kurikulum Merdeka tentang Literasi, Numerasi dan Profil Pelajar Pancasila ?

Kurikulum Cambridge menekankan pentingnya proses dalam belajar dibandingkan hasil yang dicapai. Ada beberapa hal yang membedakan kurikulum ini dengan kurikulum nasional pada umumnya. Seperti misalnya dalam hal pemilihan mata pelajaran, kurikulum ini lebih membebaskan siswa memilih mata pelajaran yang disukai.

Sehingga misalnya siswa yang menyukai bahasa dapat belajar bahasa lebih banyak, dan tidak diharuskan belajar sejarah dan sebagainya. Selain itu, bahasa pengantar yang digunakan dalam pembelajaran dan buku-buku panduan umumnya menggunakan bahasa Inggris.

Sejak awal siswa juga telah dikenalkan dengan International outlook, sehingga mereka dapat mengetahui setiap negara-negara di dunia. Sistem yang digunakan up to date dan modern.

Ada tiga hal yang akan dikembangkan kepada siswa melalui kurikulum ini. Yaitu mempelajari suatu  pengetahuan secara mendalam,  pemahaman konseptual, dan ketrampilan berpikir tingkat tinggi.

Dengan pengembangan tiga hal tersebut, siswa diharapkan dapat memiliki kemampuan memecahkan masalah, memahami dan membuka cara berpikir baru terhadap suatu hal, serta berpikir kritis.

Baca juga:   Personalized Learning dan Relevansinya dengan Merdeka Belajar

Manfaat atau keunggulan dari penerapan kurikulum Cambridge diantaranya memungkinkan siswa memiliki kemampuan bahasa Inggris yang fasih, siswa menjadi mampu berfikir secara lebih luas serta cara pandang yang Internasional, pendidikan yang diterapkan adalah pendidikan yang terbaru dan modern, serta adanya kesempatan untuk melanjutkan ke Universitas terbaik dunia.

Dengan berbagai keunggulan tersebut, kurikulum Cambridge mendorong guru tidak hanya fokus pada tujuan pembelajaran, namun juga menuntut guru untuk harus kreatif dan mampu mengarahkan pembelajaran menjadi menyenangkan.

Guru juga harus dapat menggunakan berbagai media pembelajaran yang menarik dan variatif.

E-guru.id hadir dengan berbagai pelatihan-pelatihan guru setiap minggunya untuk membantu guru menguasai berbagai kompetensi  yang diinginkan.

Guru juga dapat mengakses berbagai pelatihan tersebut dengan GRATIS apabila telah mendaftar sebagai member.

Klik LINK INI untuk mendaftar menjadi member e-guru.id.

Penulis: Agrinatika Fallent

 

 

 

 

 

 

Share :

Baca Juga

Kurikulum

Cara Mendesain Projek Tahap Awal untuk Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Kurikulum

Cara Penyusunan Program Semester Kurikulum Merdeka
cara membuat promes

Kurikulum

Begini Cara Membuat Promes yang Benar

Kurikulum

Guru yang Belum Paham Kurikulum Merdeka
Mulai Juli 2022, Pancasila Menjadi Mapel Wajib di Sekolah

Kurikulum

Yuk Intip, Sejarah Kurikulum Yang Pernah Diterapkan di Indonesia

Kesiswaan

Bagaimana Cara Mengembangkan Potensi Diri Siswa

Kesiswaan

Ingin Siswa Belajar dengan Optimal? Pahami 7 Jenis Gaya Belajar

Kesiswaan

Akibat PTM Tak Konsisten, Pendidikan Indonesia Mengalami Penurunan Kualitas