Home / Kesiswaan

Selasa, 19 April 2022 - 00:58 WIB

Resmi ! Mulai Agustus, Asesmen Nasional (AN) 2022 Akan Segera Dilaksanakan, Catat Jadwalnya

Jadwal dan Teknis Asesmen Nasional (AN) 2022– BSKAP Kemendikbudristek kembali meresmikan peraturan terbaru. Dengan mengeluarkan peraturan mengenai Prosedur Operasional Standar (POS) untuk acuan pelaksanaan Asesmen Nasional Tahun 2022. Melalui Peraturan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Nomor: 013/H/PG.00/2022 tanggal 24 Maret 2022, lalu.

Peraturan baru ini memuat Prosedur Operasi Standar Asesmen Nasional yang disebut POS AN yang menjadi acuan dalam mengatur penyelenggaraan dan teknis pelaksanaan Asesmen Nasional. Dalam peraturan tersebut menyebutkan, pelaksanaan Asesmen Nasional (AN) akan dilaksanakan mulai bulan Agustus 2022.

Sekilas Mengenai Asesmen Nasional

Asesmen Nasional atau yang disingkat AN merupakan evaluasi yang dilakukan oleh pemerintah untuk pemetaan mutu sistem pendidikan pada tingkat satuan pendidikan dasar dan menengah dengan menggunakan instrumen asesmen kompetensi minimum (AKM), survei karakter dan survei lingkungan belajar.

Perlu Anda ketahui, Asesmen Nasional ini terdiri dari 3  jenis instrumen yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter dan Survei Lingkungan Belajar. Masing-masing instrumen memiliki fungsi yang berbeda. Fungsi dari masing-masing instrumen tersebut adalah

a. AKM mengukur hasil belajar kognitif siswa dalam literasi membaca dan numerasi. Komponen AKM terdiri atas konten, level kognitif, dan konteks.

b. Survei Karakter mengukur hasil belajar non kognitif siswa berupa sikap, kebiasaan, nilai-nilai pada enam aspek Profil Pelajar Pancasila

c. Survei Lingkungan belajar mengukur tentang kualitas lingkungan belajar pada satuan pendidikan seperti iklim keamanan, iklim inklusivitas dan kebinekaan, dan kualitas pembelajaran pada satuan pendidikan.

Baca juga:   Penerapan Literasi dan Numerasi untuk Mewujudkan Karakter Pelajar Pancasila

Nantinya, dalam pelaksanaan Asesmen Nasional akan dilakukan selama 2 hari untuk peserta didik baik secara daring atau semi daring. Pelaksanaan Asesmen Nasional tersebut memiliki alokasi waktu masing-masing berdasarkan jenjang sekolah.

a. Jenjang SD/MI/Paket A dan sederajat

Pada jenjang SD, MI dan sederajat memiliki alokasi waktu yaitu hari pertama, peserta didik akan melakukan 3 kegiatan yaitu latihan soal dengan durasi 15 menit, literasi membaca dengan durasi 75 menit dan Survei Karakter dengan durasi 30 menit. Untuk hari kedua, peserta didik akan melakukan 3 kegiatan yaitu latihan soal dengan durasi waktu 15 menit, Literasi Numerasi dengan durasi 75 menit dan Survei Lingkungan Belajar dengan durasi 40 menit.

b. Jenjang SMP/ MTs dan sederajat serta SMA/SMK dan sederajat

Sedangkan, pada jenjang SMP/MTs sederajat dan SMA/SMK sederajat memiliki alokasi waktu yaitu hari pertama,  peserta didik akan melakukan 3 kegiatan yaitu latihan soal dengan durasi 10 menit, literasi membaca dengan durasi 90 menit dan Survei Karakter dengan durasi 30 menit. Untuk hari kedua, peserta didik akan melakukan 3 kegiatan yaitu latihan soal dengan durasi waktu 10 menit, Literasi Numerasi dengan durasi 90 menit dan Survei Lingkungan Belajar dengan durasi 30 menit.

Pelaksanaan Asesmen Nasional ini akan diikuti oleh kepala sekolah, guru dan beberapa peserta didik yang tepilih dalam mengikuti AN ini. Sehingga, stakeholder perlu bekerjasama untuk mempersiapkan secara matang pelaksanaan AN ini.

Baca juga:   Penanaman Karakter Cinta Tanah Air pada Siswa

Sebelumnya, Pelaksanaan Asesmen Nasional ini telah sukses dilaksanakan pada tahun 2021.  Namun, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) kembali menyelenggarakan Asesmen Nasional Susulan pada 21-24 Maret 2022. Susulan ini diberikan kepada satuan pendidikan, baik yang belum melaksanakan AN di tahun 2021, maupun yang sudah melaksanakan AN tahun 2021 tapi data belum lengkap.

Kapan Jadwal Pelaksanaan Asesmen Nasional 2022 Dilaksanakan?

Lalu, untuk tahun 2022 ini, BSKAP Kemendikbudristek akan kembali menjadwalkan pelaksanaan AN ini. Berdasarkan peraturan terbaru, pelaksanan Asesmen Nasional tahun 2022 akan belangsung mulai tanggal 29 Agustus 2022 hingga 6 November 2022, yang dimulai dari jenjang SMA/MA sederajat terlebih dahulu dan terakhir dilakukan di jenjang SD/MI sederajat.

Berikut ini rincian jadwal pelaksanaan Asesmen Nasional di tahun 2022, dari masing-masing jenjang pendidikan dari SMA, SMP hingga SD.

 

Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat mengunduh peraturan POS AN ini dengan mengklik link ini >>> Link Download Peraturan Asesmen Nasional<<<<

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link INI atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

(Zuzun/ZH)

Share :

Baca Juga

mengatasi bullying

Kesiswaan

Pendekatan Solutif untuk Mengatasi Bullying di Sekolah!

Kesiswaan

Mengembangkan Kompetensi Guru melalui Sosial Emosional
Ranking

Kesiswaan

Ranking Itu Bukanlah Urutan Kecerdasan Seorang Murid di Dalam Kelas

Guru Honorer

Guru Wajib Kenali 5 Gaya Belajar Siswa
Pentingnya Peran Guru dan Orang Tua Dalam Mencegah Kasus Perundungan /unsplash.com

Kesiswaan

Cara Mewujudkan Karakter Disiplin Siswa

Kesiswaan

Membangun Pendidikan Indonesia ke Arah Lebih Baik dengan Strategi Jitu
7 Gaya Belajar Siswa yang Wajib Guru Ketahui

Kesiswaan

7 Gaya Belajar Siswa yang Wajib Guru Ketahui

Kesiswaan

9 Rekomendasi Tempat Wisata Edukasi untuk Anak yang Seru
Mari Gabung e-Guru.idMenjadi guru yang kompeten dan profesional di era digital

Temukan cara baru mengikuti seminar, workshop, pelatihan BERSERTIFIKAT.