Home / Kesiswaan

Senin, 28 Februari 2022 - 20:50 WIB

Guru Wajib Tau, Apa itu Konsep Diri Dan Ciri-Cirinya

Ciri-ciri Konsep Diri Konsep diri merupakan pandangan dan penilaian seseorang terhadap dirinya sendiri. Konsep diri secara lebih luas adalah penilaian, pikiran, perasaan, persepsi, keyakinan atau sikap tentang diri sendiri yang meliputi fisik, psikologis, sosial, prestasi, pribadi, moral etik, keluarga, yang terbentuk dari pengalaman dan interaksinya dengan orang lain serta mempengaruhi individu dalam berhubungan dengan orang lain. Dengan kata lain, konsep diri berupa penilaian diri sendiri yang terbentuk karena interaksi dengan orang lain.

Konsep diri merupakan bagian penting dari kepribadian seseorang. Konsep diri yang dimiliki oleh seseorang dapat mengarah ke arah positif dan negatif. Menurut Rakhmat (2011) ada dua jenis konsep diri yaitu konsep diri positif dan konsep diri negatif. Masing-masing memiliki ciri-ciri yang dapat dijabarkan sebagai berikut :

Ciri-ciri Konsep Diri Positif

Konsep diri dapat dikatakan positif apabila individu mampu memandang dirinya secara positif. Karakteristik orang yang memiliki konsep diri positif ditandai dengan lima hal sebagai berikut: (1) meyakini kemampuannya dalam mengatasi masalah, (2) merasa setara dengan orang lain, (3) menerima pujian tanpa rasa malu, (4) menyadari bahwa setiap orang mempunyai berbagai perasaan, keinginan dan perilaku yang tidak sepenuhnya disetujui masyarakat dan (5) mampu memperbaiki dirinya sendiri.

Pendapat lain diungkapkan oleh Hamachek mengenai karakteristik orang yang mempunyai konsep diri positif yaitu meyakini nilai-nilai dan prinsip-prinsip tertentu serta mampu mempertahankannya, meskipun berhadapan dengan pendapat kelompok yang kuat; mampu bertindak berdasarkan penilaian yang baik tanpa merasa bersalah berlebihan; tidak mencemaskan sesuatu yang sudah, sedang, atau belum terjadi; memiliki keyakinan pada kemampuannya untuk menghadapi persoalan; merasa sama dengan orang lain; memiliki penerimaan diri yang tinggi; menerima segala pujian; cenderung menolak usaha orang lain untuk mendominasinya; mengakui berbagai perasaan yang dialaminya; mampu menikmati diri secara utuh; dan peka terhadap kebutuhan orang lain.

Baca juga:   Cara Membuat Virtual Assistant untuk Pembelajaran Digital yang Menyenangkan

Sari dan Hidayati (2015) menyatakan bahwa seorang remaja yang memiliki konsep diri positif akan mengembangkan sikap-sikap seperti kepercayaan diri, harga diri, kemampuan melihat diri secara realistis, menilai hubungan dengan orang lain secara tepat dan akan mampu menyelesaikan tugas perkembangannya dengan baik. Selain itu Nisa dan Setyowani (2016) mengungkapkan bahwa seseorang yang konsep dirinya positif akan optimis, percaya diri, berpikir positif, dan menjadi pedaya juang tinggi dalam menghadapi tantangan kehidupan. Dengan kata lain orang dengan konsep diri positif akan percaya diri pada segala kemampuan yang dimilikinya. Dengan konsep diri positif, seseorang akan mampu menyelesaikan tugas perkembangan dengan baik dan mampu menghadapi tantangan kehidupan.

Ciri-ciri Konsep Diri Tidak Positif (Negatif)

 Menurut Rakhmat (2011) karakteristik individu yang memiliki konsep diri negatif yaitu ditunjukkan dengan: (1) peka terhadap kritik, (2) responsif sekali terhadap pujian, (3) cenderung bersikap hiperkritis, (4) cenderung merasa tidak disenangi orang lain, dan (5) bersikap pesimis terhadap kompetisi. Adapun penjelasan dari masing-masing karakteristik konsep diri di atas yaitu:

Peka terhadap kritik

Individu yang konsep dirinya negatif akan tidak tahan dengan kritikan orang lain terhadap dirinya yang ditunjukkan dengan mudah marah, koreksi dari orang lain dipersepsi sebagai upaya menjatuhkan harga diri. Individu dengan konsep diri negatif cenderung menghindari dialog terbuka dan berusaha mempertahankan pendapatnya meski logikanya salah.

Baca juga:   Mengenal Fitur Canva dan Cara Menggunakannya Dalam Pembelajaran

Responsif terhadap pujian

Individu yang konsep dirinya negatif responsif sekali terhadap pujian meskipun berpura-pura menghindari pujian dan sesuatu yang menunjang harga dirinya menjadi pusat perhatian.

Hiperkritis

Individu yang konsep dirinya negatif selalu yang menunjukkan sikap dan perilaku sering mengeluh, mencela, meremehkan apapun maupun siapapun, tidak sanggup dan tidak pintar mengungkapkan penghargaan atau pengakuan pada kelebihan orang lain.

Cenderung merasa tidak disenangi orang lain

Individu yang konsep dirinya negatif merasa dirinya tidak diperhatikan yang ditunjukkan dengan mereaksi orang lain sebagai musuh, tidak pernah mempersalahkan dirinya, dan menganggap dirinya sebagai korban sistem sosial.

Pesimis terhadap kompetisi

Individu yang konsep dirinya negatif ditunjukkan dengan enggan bersaing untuk berprestasi, karena bagi individu persaingan melawan orang lain untuk mendapatkan suatu prestasi adalah hal yang merugikan dirinya.

Itulah beberapa pengertian dan ciri-ciri dari konsep diri. Konsep diri seseorang akan mempengaruhi kepercayaan dirinya ketika dirinya tidak mampu menilai diri sendiri secara positif. Nah, dari beberapa ciri yang disebutkan di atas, kamu termasuk yang konsep dirinya positif atau negatif nih?

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link INI atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

 

 

 

Share :

Baca Juga

Kesiswaan

Begini Cara Menumbuh Karakter Jujur dan Amanah Pada Siswa
tips lulus guru penggerak

Kesiswaan

Terapkan Kegiatan Ini untuk Proyek P5 Jenjang SD
video pembelajaran

Kesiswaan

Mengenal Fitur Canva dan Cara Menggunakannya Dalam Pembelajaran

Kesiswaan

Pengumuman Hasil SNMPTN 2022 : Cek Selengkapnya Di Sini!

Karya Inovatif

Puzzlemaker Cara Mudah Membuat Teka-teki Silang untuk Pembelajaran

Guru Honorer

Pentingnya Pembelajaran Social Emotional Learning (SEL) bagi Anak

Kesiswaan

Menyusun Program Penguatan Karakter saat Kebijakan PTM Berlangsung

Kesiswaan

Belajar Sambil Bermain Menggunakan Puzzlemaker