Home / Kesiswaan / Kurikulum / Metode Pembelajaran

Kamis, 18 Agustus 2022 - 11:06 WIB

Ingin meningkatkan softskill guru? simak ulasan berikut ini

Softskill guru – Banyak khalayak umum mengartikan softskill adalah keterampilan interpersonal yang dibutuhkan saat berinteraksi dengan orang lain. Salah satu contoh kemampuan profesional guru adalah softskill. Guru memiliki kemampuan dan keterampilan untuk mengelola diri sendiri dan saat berinteraksi dengan orang lain lebih-lebih lagi kepada siswa dalam proses kegiatan belajar mengajar (KBM). Kurikulum merdeka belajar ini menekankan pada interaksi antara guru dengan murid. Hal ini membuat guru  harus bisa meningkatkan softskill yang dimiliki nya. Agar dalam kegiatan belajar mengajar tidak menjadi sunyi karena kegagalan dalam berinteraksi satu sama lain.

Beberapa softskill yang wajib guru miliki agar dalam menjalankan kurikulum merdeka belajar tidak kewalahan.

1. Komunikasi

Kemampuan mendasar bagi guru ketika melaksanakan KBM adalah komunikasi, karena obyek pekerjaan seorang guru adalah siswa sehingga penting sekali bagi guru untuk dapat berkomunikasi dengan baik. Tak hanya itu saja, guru sering berinteraksi dengan banyak orang yang memiliki karakter berbeda-beda.

Meskipun terdengar mudah, namun masih dijumpai guru yang memiliki kendala dalam berkomunkasi. Sebenarnya keterampilan ini dapat ditingkatkan dengan sering mendengarkan orang lain berbicara, sering mengemukakan pendapat kepada orang lain, menjelaskan sesuatu dan juga dapat dilakukan dengan cara presentasi di depan orang banyak. Jika memiliki waktu luang dapat juga mengikuti kelas-kelas public speaking atau mengikuti komunitas yang dapat mengasah kemampuan komunikasi kita.

Baca juga:   Tema Projek PAUD dan Panduan Penerapan Program Profil Pancasila

2. Manajemen

Selain keterampilan komunikasi, guru juga diharuskan memikili keterampilan manajemen yang mana keterampilan ini dapat membantu guru dalam merencanakan, membagi dan mengeksekusi setiap tugas yang harus dilakukan,khususnya dalam proses pembelajaran di sekolah.

Guru memiliki tugas yang sangat kompleks, hampir setengah waktu terisi dengan kegiatan belajar mengajar. Sehingga keterampilan manajemen ini dapat menempatkan suatu hal berdasarkan skala prioritas. Dengan demikian semua kegiatan dapat terlaksana dengan rapi dan terjadwal bahkan dapat lebih efektif dikerjakan jika sudah direncanakan dengan matang.

3. Kolaborasi

Sebagai seorang guru sangat disarankan untuk dapat berkolaborasi dengan pihak lain, khususnya sesama guru dengan harapan dapat melesatkan kemampuannya dalam mengelola pembelajaran. Terkadang guru tidak dapat menilai kualitas komunikasi diri sendiri tanpa ada pendapat dan masukan dari teman sesama guru. Di sisi lain juga dengan bersama guru-guru lainnya dapat berkolaborasi membuat sebuah proyek yang dapat mendukung peningkatan pendidikan.

4. Berpikir kritis

Kemampuan selanjutnya yang wajib dimiliki oleh guru adalah berpikir kritis dan mampu memecahkan masalah. Dalam dunia pendidikan saat ini yang bergerak sangat dinamis serta keberagaman karakter siswa, kondisi sosial dan perkembangan teknologi sangat diperlukan untuk berpikir sangat kritis. Ketika seorang guru tidak mampu berpikir secara kritis akan mempengarhui dalam memecahkan masalah yang terjadi.

Baca juga:   Mengenal Lebih dalam Ujian AKM (Asesmen Kompetensi Minimum)

Softskill yang satu ini harus selalu dikembangkan oleh guru karena dapat melatih siswa juga dalam berpikir kritis. Dengan saling berpikir kritis dapat menghidupkan suasana yang berbeda dalam proses kegaitan belajar mengajar.

5. Berpikir positif dan percaya diri

Berpikir positif memiliki manfaat bagi guru yaitu dapat lebih mudah beradaptasi dengan suasana kerja baru dan mengerjakan tugas sebagai guru yaitu mengajar di dalam kelas. Softskill ini sangat menunjang keberhasilan pembelajaran di dalam kelas dan juga sebagai hubunngan sosial guru dengan siswa, rekan kerja, wali murid dan juga masyarakat sekitar.

Itulah beberapa Softskill yang harus selalu ditingkatkan oleh guru walaupun setiap guru memiliki segudang aktivitas namun jangan sampai lupa untuk meningkatkan softskill tersebut.

DAFTARKAN SEGERA DIRI ANDA!!!

Dalam pelatihan Meningkatkan Soft Skill Guru untuk Pembelajran di Era Merdeka Belajar.

<<KLIK LINK UNTUK MENDAFTAR>>

(muf/muf)

 

Share :

Baca Juga

motivasi belajar

Kesiswaan

3 Cara Efektif Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa!
Guru Kreatif

Metode Pembelajaran

Menjadi Guru Kreatif Demi Menunjang Pendidikan yang Lebih Modern

Metode Pembelajaran

Strategi Guru untuk Meningkatkan Antusias Siswa di Kelas

Kesiswaan

Melatih Siswa Berjiwa Tekun dan Pekerja Keras

Metode Pembelajaran

Cara Mengajar yang Baik di Kelas

Kesiswaan

Pembelajaran Kooperatif : Strategi, Tujuan dan Prinsip
PPPK

Metode Pembelajaran

Siswa mulai bosan belajar di kelas? Terapkan metode berikut ini

Kesiswaan

Materi MPLS Pendidikan Karakter tahun 2022
Mari Gabung e-Guru.idMenjadi guru yang kompeten dan profesional di era digital

Temukan cara baru mengikuti seminar, workshop, pelatihan BERSERTIFIKAT.