Home / Kesiswaan / Media Pembelajaran

Kamis, 8 September 2022 - 19:53 WIB

Belajar Sambil Bermain Menggunakan Puzzlemaker

Aplikasi Puzzel Maker – Pembelajaran matematika melibatkan materi-materi yang beragam, mulai dari pengukuran, aljabar, trigonometri, geometri, logika matematika, operasi bilangan, dan lain-lain. Terkadang siswa masih melakukan kesalahan dalam melakukan operasi bilangan adalah dikarenakan kurangnya kemampuan siswa dalam berhitung, kurang teliti dalam menyelesaikan soal, serta kurangnya pemahaman materi ataupun konsep dari operasi hitung itu sendiri. Dengan adanya masalah siswa terhadap operasi bilangan tersebut, maka dibutuhkan solusi yang bisa mengatasi masalah tersebut. Salah satunya adalah menggunakan media pembelajaran.

Media pembelajaran merupakan alat atau sarana atau perantara yang digunakan dalam proses interaksi yang berlangsung antara guru dan siswa untuk mendorong terjadinya proses belajar mengajar dengan tujuan untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan serta memantapkan apa yang dipelajari dan membantu untuk mencapai tujuan pembelajaran yang berkualitas. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran matematika ialah permainan teka teki silang.

Permainan teka-teki merupakan permainan yang terkenal dikalangan masyarakat. Media permainan teka-teki silang dapat digunakan sebagai strategi pembelajaran yang baik dan menyenangkan tanpa meninggalkan esensi belajar.  Teka-teki silang adalah suatu permainan dimana kita harus mengisi ruang-ruang kosong berbentuk kotak putih dengan huruf-huruf yang membentuk sebuah kata berdasarkan bentuk yang diberikan. Petunjuknya dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu mendatar dan menurun.

Baca juga:   Siswa Mengalami Back To School Anxiety ? Ini Penjelasan dan Cara Mengatasinya

Permainan edukatif teka-teki silang merupakan suatu pendekatan yang dikemas dalam bentuk permainan yang dapat digunakan untuk merangsang daya pikir anak. Termasuk diantaranya meningkatkan kemampuan konsentrasi. Penerapan pembelajaran Matematika melalui teka teki silang terbukti efektif untuk meningkatkan kemampuan saraf otak dalam upaya menjernihkan ingatan akan materi pelajaran matematika yang sudah disampaikan kepada siswa

Aplikasi Puzzle Maker adalah sebuah aplikasi yang bersifat online. Untuk menggunakan aplikasi Puzzle Maker pengguna terlebih dahulu harus terhubung dengan internet dan membuat teka-teki silang untuk keperluan lembar aktivitas peserta didik (lembar aktivitas siswa) secara langsung disana.

Aplikasi Puzzle Maker juga memiliki unsur permainan edukasi yang menarik sehingga bisa mendorong sekaligus memudahkan siswa dalam memahami materi pembelajaran yang hendak disampaikan oleh guru. Banyak fitur yang dimiliki aplikasi Puzzle Maker, mulai dari tools untuk membuat permainan teka-teki silang. Selain itu, terdapat berbagai jenis permainan puzzle yang bisa dimanfaatkan guru untuk menunjang proses pembelajaran Sebagai aplikasi untuk membuat berbagai jenis puzzle, aplikasi ini memang menawarkan banyak kemudahan bagi guru, mulai dari kemudahan cara mengisi kata yang hendak dijadikan pertanyaan maupun jawaban.

Baca juga:   Sangat Mudah, Begini Tutorial Mengubah Powerpoint Menjadi Video

Selain itu kelebihan lain dari web Puzzle Maker adalah sebagai berikut.

  1. Pengguna tidak perlu mengunduh aplikasi
  2. Simple dan mudah
  3. Dalam satu web, dapat menggunakan beberapa jenis teka-teki
  4. Dicetak atau diprint secara langsung maupun diubah dalam format Microsoft Word maupun format PDF.

Tertarik untuk membuat media pembelajaran anda menggunakan Aplikasi Puzzle Maker? Anda dapat mengikuti pelatihan 32 JP dari eguru.id dengan judul “Belajar Sambil Bermain Teka-Teki Menggunakan Puzzlemaker”

Daftar Sekarang

(fas/rtq)

Share :

Baca Juga

Kesiswaan

Awas Nomophobia! Bahaya Kecanduan Gadget pada Gen Z

Media Pembelajaran

3 Rekomendasi Aplikasi Membuat Teka-Teki Silang (TTS) Online Terbaik Untuk Media Pembelajaran

Karya Inovatif

Manfaat makalah best practice untuk kenaikan pangkat

Kesiswaan

Jenis Wirausaha yang Cocok Untuk Siswa

Kesiswaan

Begini Strategi Menumbuhkan Karakter Cinta Tuhan pada Siswa

Media Pembelajaran

iSpring Quizmaker, Metode Pembelajaran dengan Pendekatan Digital

Media Pembelajaran

Salah Satu Tips Penting dalam Membuat Video Pembelajaran

Kenaikan Pangkat

Asesmen Nasional: Mengukur Karakter Peserta Didik