Home / Kesiswaan

Jumat, 27 Mei 2022 - 07:58 WIB

Jenis Wirausaha yang Cocok Untuk Siswa

Banyak jenis wirausaha untuk siswa.Wirausaha memang menjadi pilihan terbaik untuk siswa dalam mengisi waktu luang maupun untuk menambah uang saku. Tidak masalah jika masih sekolah sudah berwirausaha. Hal ini justru akan melatih siswa untuk mengembangkan kemampuan dirinya.

Sebelum itu harus memahami dulu pengertian wirausaha agar sebelum memulai wirausaha bisa melakukannya dengan baik dan bisa memperkirakan peluang usaha yang cocok.

Pengertian Wirausaha

Wirausaha adalah orang yang menjalankan usaha atau perusahaan dengan kemungkinan untung atau rugi. Oleh karena itu wirausaha perlu memiliki kesiapan mental, baik untuk menghadapi keadaan merugi maupun untung besar. Sehingga seorang wirausaha harus mempunyai karakteristik khusus yang melekat pada diri seorang wirausaha seperti percaya diri, mempunyai banyak minat, bisa bersepakat, mempunyai ambisi, berjiwa penjelajah, suka mencoba sesuatu, dll. Berikut ini adalah pengertian dan definisi wirausaha menurut beberapa ahli:

Jenis-Jenis Wirausaha

Dalam berwirausaha sangatlah banyak pilihan jenisnya, tapi kali ini akan saya jelaskan beberapa jenis wirausaha yang paling banyak dicari oleh konsumen dan cocok dilakukan oleh siswa :

Kuliner
Makanan adalah sesuatu yang selalu dibutuhkan oleh setiap orang, karenanya selalu ada kesempatan untuk memproduksi atau menjual makanan. Bisa dengan berbagai jenis makanan, baik makanan tradisional maupun modern. Apalagi sekarang banyak orang yang memesan makanan lewat online. Tentu wirausaha kuliner akan sangat cocok dilakukan. Syaratnya adalah membuat makanan yang kiranya mudah dibuat tetapi juga diminati oleh banyak orang. Boleh dengan membuka usaha kuliner makanan kekinian.

Baca juga:   Siswa Perlu Bersiap, Pendaftaran Sekolah Kedinasan Dibuka Bulan April

Fashion
Pakaian termasuk kebutuhan utama manusia selain makanan dan perumahan. Untuk itu. Pakaian juga senantiasa diperlukan manusia. Berbagai jenis pakaian dapat dibuat sendiri, bisa meranncang pakaian sendiri, bahkan membuatnya sendiri. Asalkan memiliki potensi dalam bidang ketrampilan ini dan menyukainya, kita dapat mengembangkan kreativitas dan menciptakan usaha sendiri yang bergerak di bidang fashion.

Bisnis Pulsa dan Paket Data

Jika anda adalah sering menggunakan handphone tentu akan membutuhkan pulsa dan paket data. Nah, hal ini juga perumpamaan untuk konsumen Anda. Tentunya calon konsumen Anda pasti akan membutuhkan pulsa dan paket data juga. Jadi, wirausaha ini cocok dilakukan asal telaten. Kamu juga bisa membuat strategi agar pembeli Anda bisa membeli lagi ke Anda bukan ke tempat yang lain.

Jual Alat Tulis

Sebagai siswa pasti membutuhkan alat tulis. Nah, usaha ini cocok dan mudah dilakukan. Untuk target penjualannya bisa teman kamu sendiri di sekolah. Hal ini bisa dilakukan dengan menjual alat tulis yang sering dibutuhkan seperti bolpoint, pensil, penghapus, buku, dan sebagainya.

Baca juga:   Pentingnya Memahami PSE Bagi Guru

Usaha Peternakan

Banyak jenis usaha di bidang ini, dari mulai penyediaan bibit unggul, usaha makanan dan obat-obat ternak, hingga usaha hasil ternak itu sendiri. Jika anda lihat di televisiu atau beberapa media tentang beberapa kisah sukses pengusaha, maka tak jarang anda melihat banyak dari mereka yang sukses di bidang peternakan.

Usaha Handicraft / Hand Made

Jika memiliki potensi dan bakat untuk menciptakan beberapa karya yang memerlukan keterampilan tangan, bisa menekuni bidang usaha ini, dengan mengembangkan kreatifitas dan memanfaatkan berbagai macam bahan untuk disulap menjadi banyak sekali usaha, tergantung bahan dasar yang digunakan untuk meembuat keterampilan ini, missal usaha pembuatan bunga dari jagung, sablon, aksesori, handycraft dari kain flannel, bahan gift, lilin dan produk daur ulang, baik dari kertas maupun plastik.

Demikian penjelasan mengenai jenis wirausaha yang cocok dilakukan oleh siswa. Semoga kamu yang sedang ingin memulai wirausaha bisa mempertimbangkan jenis wirausaha yang sudah dijelaskan di atas. Semoga bermanfaat.

 

 

 

 

 

 

 

 

Share :

Baca Juga

motivasi belajar

Kenaikan Pangkat

Guru Perlu Lakukan ini! Siswa akan Semangat dalam Pembelajaran
ice breaking

Kesiswaan

Tips untuk Guru Menghadapi Siswa SD yang Nakal

Kesiswaan

Kenali Komponen-Komponen Membangun Karakter Siswa, Guru Harus Tahu!

Kesiswaan

Tips Meningkatkan Kemampuan Penyesuaian Diri Pada Siswa

Guru Honorer

Terapkan Tips Ini Untuk Menjadi Guru Kreatif

Kesiswaan

Simak 6 Manfaat Menulis Bagi Seorang Guru

Kesiswaan

Membangun Pendidikan Indonesia ke Arah Lebih Baik dengan Strategi Jitu

Kesiswaan

Pendaftaran SBMPTN 2022 Segera Dibuka : Cek Syarat, Jadwal, dan Biayanya
Mari Gabung e-Guru.idMenjadi guru yang kompeten dan profesional di era digital

Temukan cara baru mengikuti seminar, workshop, pelatihan BERSERTIFIKAT.