Home / Kesiswaan

Selasa, 13 Desember 2022 - 19:46 WIB

Cara Mengenali Gaya Belajar Siswa untuk Memaksimal Potensi

Mengenali gaya belajar siswa perlu dilakukan oleh guru. Dengan mengenali gaya belajar peserta didik tersebut, maka guru pun akan mampu memaksimalkan potensi yang ada di dalam diri siswa.

Meningkatkan kemampuan dalam dunia pendidikan tentu bisa dilakukan dengan cara apapun. Hanya saja, setiap guru biasanya memiliki catatan khusus terkait gaya belajar yang dimiliki siswa. Misal, si A terkategori level belajar semacam ini, maka hal tersebut lah yang akan diupayakan oleh gurunya untuk dijadikan sebagai treatment.

Sederhananya, gaya belajar merupakan cara masing – masing siswa untuk menyelesaikan pembelajaran sekaligus menciptakan karakter belajar.

Sekolah merupakan salah satu wadah yang digunakan untuk menciptakan serta menjembatani gaya belajar seperti apa yang akan dimiliki siswa. Menurut Keefe (1979), gaya belajar merupakan suatu proses gabungan dari aspek karakteristik kognitif, fisiologis dan afektif.

Ketiganya berfungsi sebagai suatu indikator yang stabil dimana para siswa akan melalui beberapa tahapan yakni merasakan, interaksi serta cara merespon lingkungan tempat belajarnya.

Hal ini relevan dengan jawaban dari Brown (2000) dimana gaya belajar diartikan sebagai upaya seseorang dalam mempersepsipkan serta memproses informasi pada situasi belajar mengajar. Sehingga bisa disimpulkan secara singkat bahwa cara belajar merupakan cara siswa dalam berupaya untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.

Baca juga:   Mengenal Lebih Dalam Sosial Emosional Learning

Untuk mengenali gaya belajar siswa, berikut beberapa teknik yang perlu dipahami. Di antaranya yakni sebagai berikut :

1.   Melakukan Observasi Detail

Teknik pertama yang perlu dilakukan yakni guru perlu melakukan observasi detail. Kegiatan observasi merupakan salah satu kegiatan belajar mengajar di kelas melalui berbagai metode pembelajaran yang diterapkan guru. Dengan melakukan observasi, maka guru dapat memiliki gambaran masing – masing siswa dalam mengikuti pembelajaran. Biasanya, hasil observasi tersebut akan dimasukkan ke dalam catatan khusus guru.

2.   Melalui Pemutaran Film

Kegiatan lainnya yang bisa diterapkan guru yakni dengan melakukan pemutaran film. Biasanya, siswa yang cenderung tertarik dengan gambaran visual – spasial tentu akan tertarik dengan metode pemutaran film tersebut.

3.   Menggunakan Simulasi

Kegiatan lainnya yang bisa dilakukan yakni dengan menerapkan simulasi. Guru dapat melakukan pencatatan maupun memberikan rangkuman. Misal, mencatat perilaku siswa agar lebih act-out. Biasanya gaya belajar tersebut berhubungan dengan gaya kinestetik.

Baca juga:   Ini Dia Tugas Perkembangan Siswa Sekolah Dasar yang Perlu Guru Ketahui

Kegiatan simulasi tentu akan menarik perhatian bagi siswa yang memiliki model belajar semacam kinestetik.

4.   Mengadakan Tugas dan Quiz

Kegiatan lain yang bisa dilakukan yakni dengan memberikan tugas maupun quiz. Guru juga dapat memberikan tugas kelompok. Tugas tersebut nantinya diberikan kepada siswa agar mereka dapat lebih memiliki waktu untuk berinteraksi dengan tugas. Sebab pemberian tugas pada hakikatnya juga merupakan bagian dari kegiatan belajar yang tak terpisahkan.

Nah demikian ulasan yang berkaitan dengan cara mengenali gaya belajar siswa yang harapannya dapat memaksimalkan potensi yang dimiliki siswa. Semoga bermanfaat.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link ini atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

(rhm/shd)

Share :

Baca Juga

Kesiswaan

Ini Dia Kriteria dan Standar Kelulusan Siswa Terbaru di Tahun 2022

Kesiswaan

Tips Meningkatkan Kemampuan Penyesuaian Diri Pada Siswa

Kesiswaan

Begini Caranya Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa
Model Pembelajaran Inkuiri

Guru Honorer

Khusus guru, ubah akun menjadi Canva pro dengan tanpa biaya

Kesiswaan

9 Rekomendasi Tempat Wisata Edukasi untuk Anak yang Seru

Kesiswaan

Pendaftaran SBMPTN 2022 Segera Dibuka : Cek Syarat, Jadwal, dan Biayanya

Kesiswaan

Mengembangkan Kompetensi Guru melalui Sosial Emosional
Model Pembelajaran Make a Match untuk Efektifitas Pembelajaran

Kesiswaan

Mengenal Lebih Dalam Sosial Emosional Learning