Home / Kenaikan Pangkat / Kesiswaan / Metode Pembelajaran

Rabu, 31 Agustus 2022 - 11:08 WIB

Ice breaking solusi jenuh dalam belajar

Ice breaking – Dalam pelaksanaan pembelajaran di sekolah pasti nya akan menghadapi berbagai masalah seperti suasana kelas yang monoton, kurangnya penguasaan siswa terhadap materi pelajaran dan masih banyak lagi. Banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilan proses pembelajaran di kelas, salah satunya penentunya adalah guru. Karena suasana kelas yang bervarisi terjadi ketika guru memberikan perlakuan khusus dalam memberikan materi di kelas. Seorang guru akan memperoleh kepuasan diri ketika mampu melaksanakan tugas pembelajaran yang baik. Hal ini ditunjukkan dengan siswa yang mampu menerima materi dengan baik pula.

Mengadakan variasai belajar termasuk menciptakan suatu yang baru dalam proses pembelajaran di kelas. Bentuknya berupa keterampilan seorang guru dalam menggunakan bermacam kemampuan untuk mewujudkan tujuan belajar siswa sekaligus mengatasi kebosanan dalam aktivitas belajar. Banyak cara untuk membuat suasana kelas menjadi nyaman seperti contohnya adalah ice breaking.

Apakah itu  ice breaking?

Ice breaking merupakan suatu kegiatan, game atau acara yang dapat menghangatkan suasana di dalam kelas. Hal ini juga dapat meningkatkan komunikasi dan partisipasi siswa dalam kelas. Umumnya kegiatan ini berlangsung secara kelompok yang terdiri dari 3-5 orang per kelompoknya.

Baca juga:   Peran Ice Breaking bagi Pembelajaran Efektif

Tujuan Kegiatan ice breaking dalam kelas

1.Menciptakan kondisi yang setara antar siswa di dalam kelas

Keadaan siswa ketika datang ke sekolah itu berbeda-beda. Ada siswa yang bersemangat, ada juga yang merasa malas untuk berangkat ke sekolah. Dengan ice breaking dapat membuat semua siswa mengenal satu sama lain dan merasa nyaman berada di dalam kelas

2. Memepersiapakan siswa untuk menerima pelajaran

Kegiatan ini juga dapat mempersiapkan siswa untuk menerima materi pelajaran di dalam kelas. Maknanya ice breaking merupakan kegiatan pemanasan sebelum melakukan pembelajaran.

3. Menghilangkan kejenuhan dan kebosanan

Kegiatan ini juga dapat membuat suasana kelas menjadi seru dan menyenangkan, terlebih lagi ketika siswa sudah terlihat mengantuk dan bosan. Seorang guru harus peka terhadap situasi kondisi kelas dan dapat mengatur ritme pembelajaran agar pembelajaran berjalan lancar dan siswa mampu menerima materi dengan baik

4. Membuat siswa kembali fokus pada pelajaran

Ketika di dalam kelas, siswa sering kali terganggu oleh hal-hal tertentu. Hal ini membuat siswa tidak fokus kepada materi pelajaran. Tips agar mengajar menjadi menyenangkan dan mengembalikan fokus siswa dalam belajar salah satunya dengan melaksanakan kegiatan ini.

Baca juga:   Guru Perlu Lakukan ini! Siswa akan Semangat dalam Pembelajaran

5. Meningkatkan semangat siswa untuk belajar

Semangat siswa dalam belajar akan naik dan turun. Ketika mata pelajaran yang memerlukan energi lebih seperti matematika akan membuat semangat belajar naik dan turun. Agar mempertahankan hal tersebut kegiatan ini mampu menjamin untuk meningkatkan kembali semangat belajar.

Secara umum ice breaking merupakan kegiatan sampingan yang membawa aura positif dalam proses pembelajar di kelas. Sehingga seorang guru di harapkan memiliki banyak inovasi kegiatan untuk membantu menghidupkan suasana kelas.

Ikutilah pelatihan “Ice breaking Seru, No Boring & Anti Garing agar Pembelajaran menjadi Menarik & Menyenangkan” dan dapatkan fasilitas berupa full support dari tim instruktur dan mendapatkan e-sertifikat 32 JP.

 

<<DAFTARKAN DIRI ANDA DISINI>>

https://online.e-guru.id/product/pelatihan-ice-breaking-seru-no-boring-dan-anti-garing-agar-pembelajaran-menjadi-menarik-dan-menyenangkan-bulan-september-angkatan-ke-6/

 

 

(muf)

 

 

Share :

Baca Juga

Kesiswaan

Strategi Guru dalam Membentuk Karakter Tanggung Jawab Siswa
Penilaian Akhir

Metode Pembelajaran

Tips Menghadapi Penilaian Akhir Semester Bagi Guru dan Peserta Didik
motivasi belajar

Kenaikan Pangkat

Guru Perlu Lakukan ini! Siswa akan Semangat dalam Pembelajaran

Kenaikan Pangkat

Cerita Haru Guru SD yang Viral karena Bersihkan Ratusan Kutu Rambut Seorang Siswa

Admin Sekolah

Selain Jadi Guru, Sarjana Pendidikan Bisa Jadi ini, Loh!

Kenaikan Pangkat

8 Data Wajib Dipersiapkan Saat Akan Mendaftar PPPK Tahun 2022

Kesiswaan

Cara Mengatasi Peserta Didik yang Tidak Percaya Diri (Insecure)
Kurikulum Merdeka

Kurikulum

Kurikulum Merdeka dan Model Pembelajaran yang Tepat!
Mari Gabung e-Guru.idMenjadi guru yang kompeten dan profesional di era digital

Temukan cara baru mengikuti seminar, workshop, pelatihan BERSERTIFIKAT.