Home / Metode Pembelajaran

Rabu, 29 Juni 2022 - 11:15 WIB

5 Model Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan untuk Siswa

Model Pembelajaran Kreatif – Model pembelajaran begitu beragam yang bisa dipraktekkan oleh guru di sekolah. Seorang guru dalam memberikan pembelajaran sebaiknya menggunakan model pembelajaran kreaif agar kelas lebih aktif dan tentu pembelajaran akan menyenangkan.

Berikut 5 model pembelajaran kreatif dan menyenangkan untuk siswa yang bisa dipraktekkan oleh guru :

  1. Role Playing

Role playing adalah salah satu model pembelajaran yang banyak diminati. Dengan sebuah permainan siswa bisa lebih bersemangat dan lebih tertarik untuk mengikuti proses pembelajaran tanpa merasa tertekan dengan materi yang akan diberikan. Cara melakukan role playing adalah.

Pertama, menentukan skenarionya. Jadi, langkah awal harus membuat dulu skenarionya akan seperti apa sebelum nantinya siswa diminta untuk bermain peran. Agar lebih mudah bisa menggunakan tema tertentu.

Kedua, membuat kelompok setidaknya 5 orang. Model pembelajaran role playing akan menarik ketika dimainkan oleh beberapa orang daripada hanya satu orang. Karena akan terjalin interaksi diantara pemain.

Ketiga, memberi penjelasan soal kompetensi yang akan dicapai. Jadi, seorang guru bisa menjelaskan tujuan mengapa menggunakan role playing kepada siswa. Selain itu, bisa menjelaskan juga nilai-nilai atau pesan yang didapat oleh siswa setelah melakukan role playing

Keempat, Masing-masing kelompok memeragakan skenario yang telah diberikan.

Kelima, Setelah itu beri kesempatan mereka untuk membahas hal yang sudah mereka perankan

Keenam, Masing-masing kelompok menyampaikan kesimpulan

Ketujuh, Evaluasi. Setelah melakukan role playing diharapkan semua siswa mengevaluasi dirinya sendiri maupun mengevaluasi orang lain. Hal yang perlu dievaluasi adalah hambatan yang terjadi saat bermain peran, kesulitan yang dirasakan masing-masing siswa saat bermain peran, dan sebagainya yang kiranya perlu dievaluasi.

  1. Talking stick

Talking stick bisa dibilang sebagai salah satu metode pembelajaran kreatif yang efisien. Dengan cara ini, siswa akan lebih banyak belajar untuk mempersiapkan diri ketika dirinya ditunjuk. Dengan metode atau model ini, pembelajaran juga akan dirasa lebih menyenangkan dan menantang. Bagaimana cara melakukannya?

  • Siapkan sebuah tongkat
  • Sampaikan materi yang akan dipelajari sebagai pembukaan, beri kesempatan siswa untuk membaca dan mempelajari materi tersebut
  • Setelah membaca beberapa menit, mulai permainan
  • Metode ini bisa dikreasikan dengan memutar musik saat tongkat diputar
  • Matikan musik dan kepada siswa yang memegang tongkat tersebut, beri dia pertanyaan sesuai dengan materi yang telah dipelajari
  1. Tebak kata
Baca juga:   Kenali Komponen-Komponen Membangun Karakter Siswa, Guru Harus Tahu!

Metode atau model pembelajaran dengan tebak kata bisa menjadi salah satu metode yang menyenangkan. Seperti namanya, model atau metode pembelajaran tebak kata ini akan membuat siswa seperti dalam permainan tebak-tebakan yang pastinya berisi beberapa pertanyaan dan petunjuk dari materi yang sudah dipelajari sebelumnya. Seperti apa caranya?

  • Buat atau siapkan kertas kecil yang berisi petunjuk
  • Sebagai contoh: aku adalah mamalia laut, tubuhku besar dan tinggal di laut dalam, siapakah aku?
  • Sertakan juga jawabannya di bagian bawah kertas
  • Buat siswa berpasang-pasangan atau dalam kelompok yang lebih besar, yang bisa menjawab akan mendapat poin
  1. Dragon Ball

Dragon Ball adalah model pembelajaran yang tidak kalah menyenangkan. Siswa-siswa akan dengan semangat saling membuat pertanyaan untuk diberikan kepada teman-temannya ketika belajar bersama. Bagaimana caranya?

  • Sampaikan materi yang akan disajikan
  • Bentuklah kelompok-kelompok dan panggil masing-masing ketua kelompok untuk memberikan penjelasan tentang materi yang disampaikan
  • Masing-masing ketua kelompok kembali ke kelompoknya masing-masing, kemudian menjelaskan materi yang telah disampaikan kepada temannya
  • Kemudian masing-masing siswa diberikan satu lembar kertas kerja, untuk menuliskan satu pertanyaan apa saja yang menyangkut materi yang sudah dijelaskan oleh ketua kelompok
  • Kemudian kertas tersebut dibuat seperti bola dan dilempar dari satu siswa ke siswa yang lain secara acak selama ± 15 menit
  • Setelah setiap siswa mendapat satu bola/satu pertanyaan, kemudian berikan kesempatan kepada setiap siswa untuk menjawab pertanyaan yang tertulis dalam kertas berbentuk bola tersebut secara bergantian
  • Setelah semua siswa mendapat giliran, lakukann;ah evaluasi terhadap materi yang disampaikan tadi.
  1. Alat Peraga
Baca juga:   Metode Pembelajaran yang Cocok di Masa Pandemi!

Ada juga model pembelajaran melaui alat peraga yang tidak kalah menarik. Kita bisa menggunakan metode ini untuk mata pelajaran yang biasanya tidak disukai oleh siswa, matematika contohnya. Matematika acapkali menjadi pelajaran yang ditakuti para siswa. Namun, Juli Eko Sarwono berhasil mengubah metode mengajarnya yang otoriter dan text book menjadi fun. Ia adalah seorang guru Matematika di SMP 19 Purworejo. Dulu, Juli menerapkan metode belajar yang membuat siswanya takut belajar mata pelajaran hitung-hitungan tersebut. Ia bahkan dikenal sebagai guru Matematika tergalak.

Akan tetapi, Juli mengubah itu semua. Semua sebutan galak yang diberikan siswa pada dirinya sirna. Ia menerapkan metode belajar yang cukup unik dengan alat peraga, misalnya motornya. Motor tersebut dimasukkan ke kelas hanya untuk sebagai contoh dalam materi tabung dan lingkaran. Niat banget ya? Tapi, cara ini tidak sia-sia dilakukan karena membuatnya masuk nominasi Liputan 6 Award 2013. Nilai para siswa di sekolahnya pun meningkat dengan penerapan metode tersebut.

Nah, demikian tadi ulasan mengenai model pembelajaran kreatif yang bisa diterapkan oleh guru untuk memotivasi siswa supaya belajar lebih giat. Semoga artikel ini bermanfaat!

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link ini atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

Penulis : (GST/GST)

 

 

Share :

Baca Juga

Metode Pembelajaran

Peran Ice Breaking bagi Pembelajaran Efektif
Insekuritas Siswa

Metode Pembelajaran

Tips Mengatasi Insekuritas Siswa di Sekolah

Metode Pembelajaran

Cara Menerapkan Pembelajaran Kreatif di Kelas
merdeka belajar

Metode Pembelajaran

Belajar Matematika Itu Seru Loh! Simak Metode Hitung Cepat Berikut Ini

Media Pembelajaran

5 Rekomendasi aplikasi yang memudahkan belajar matematika
Guru Kreatif

Metode Pembelajaran

Metode Pembelajaran yang Efektif untuk Siswa

Metode Pembelajaran

Ragam Model Pembelajaran yang Menarik Diterapkan di Masa Pandemi

Karya Inovatif

Memanfaatkan Google Workspace for Education dalam Pembelajaran kekinian
Mari Gabung e-Guru.idMenjadi guru yang kompeten dan profesional di era digital

Temukan cara baru mengikuti seminar, workshop, pelatihan BERSERTIFIKAT.