Home / Metode Pembelajaran

Jumat, 5 Agustus 2022 - 11:36 WIB

Berpikir Kritis dengan Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri

Model Pembelajaran Inkuiri – Ketika anda sedang ada masalah yang cukup rumit, satu-satunya cara yakni anda harus bisa berfikir kritis mengenai gagasan atau sesuatu yang sedang terjadi beserta solusi.

Sama hal nya dengan guru, untuk menumbuhkan pemikiran kritis, maka peserta didik harus dilatih kembali pengetahuannya dengan menerapkan role model pembelajaran yang sesuai. Salah satu model pembelajaran yang melibatkan peserta didik untuk mempunyai pemikiran yangb kritis adalah model pembelajaran inukiri.

Baca Juga: Manfaat Belajar Tambahan Bagi Siswa

Pengertian Model Pembelajaran Inkuiri

Model pembelajaran inkuiri itu merupakan model yang mengahruskan peserta didiknya bisa aktif dalam belajar. Selain itu model pembelajaran inkuiri ini akan lebih relevan karena pada umumnya akan mengangkat keseharian siswanya.

Dengan model pembelajaran seperti ini nantinya siswa diharapkan bisa belajar secara mandiri. Mandiri untuk bisa mencerna sebuah pemahaman pembelajaran. Hal ini akan dibantu dengan sumber buku pelajaran, guru, dan juga internet. Tetapi, semuanya tetap dalam pengawasan guru agar pemahaman yang dimiliki siswa itu tidak keliru.

Baca juga:   Cara Menerapkan Pembelajaran pada Siswa Learning Disability

Jadi model pembelajaran inkuiri ini memang bisa menjadi wadah untuk siswa agar bisa lebih kreatif dan mandiri. Jadi pembelajaran di kelas juga tidak membosankan seperti biasanya karena berjalan dengan satu arah. Dengan inkuiri ini jalannya pembelajaran di kelas akan lebih aktif karena menjadi 2 arah.

Baca Juga: Cara Mudah Membuat RPP kurikulum Merdeka

Ciri-ciri Pembelajaran Inkuiri

Cirinya itu siswa akan menjadi lebih aktif dalam belajar untuk menemukan sebuah pemahaman. Jadi pada akhirnya guru akan hanya menjadi fasilitator saja untuk membimbing cara kerja siswa. Jadi sebelumnya guru itu memang menjadi subjek dan semua materi ini keluar dari perkataan guru saja.

Dalam inkuiri ini siswa yang menjadi subjek dan mereka akan lebih berperan dalam pembelajarannya sendiri. Mulai dari mencari materi, memahami materi, hingga bisa menyampaikan materi.

Baca juga:   Cara Penerapan Model Belajar Make a Match

Jenis Pembelajaran Inkuiri

Jenis dari model pembelajaran inkuiri ini terbagi kepada 2 bagian yang perlu diketahui oleh para guru. Jenis ini diberlakukan berdasarkan peran guru di kelas ketika pembelajaran sedang berlangsung.

  1. Inkuiri Terbimbing

Inkuiri terbimbing ini adalah murid akan mendapatkan materi secara keseluruhan dari gurunya secara langsung dengan cara berbeda. Jadi caranya itu siswa akan bertanya dengan kritis pada gurunya. Lalu, nanti gurunya itu akan menjawab dan menghasilkan sebuah kesepakatan pemahaman materi.

  1. Inkuiri Terbuka

Dalam jenis inkuiri terbuka ini guru yang hanya menjadi fasiltator siswanya. Jadi guru hanya akan memberikan judul besar di awal. Lalu, selanjutnya siswa akan mencari materinya sendiri dengan sumber yang sudah disediakan. Entah itu buku, ataupun internet. Dengan begini siswa akan menggali sendiri materi yang sedang di pelajarinya. Lalu, akhirnya guru akan menyimpulkan dan meluruskan jika ada hal yang keliru.

 

Penulis: Vikri Februansyah

Share :

Baca Juga

Metode Pembelajaran

Tingkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Tiga Strategi Pembelajaran Ini
Orang Tua

Metode Pembelajaran

Cara Ampuh Mengajari Anak Membaca di Rumah

Kurikulum

Tema Projek PAUD dan Panduan Penerapan Program Profil Pancasila

Metode Pembelajaran

Cara Meningkatkan Kecerdasan Intelektual Peserta Didik

Kenaikan Pangkat

Pentingnya Inovasi Digital Untuk Pengembangan Pendidikan

Guru Honorer

Pentingnya Pembelajaran Social Emotional Learning (SEL) bagi Anak
Pentingnya Peran Guru dan Orang Tua Dalam Mencegah Kasus Perundungan /unsplash.com

Metode Pembelajaran

Mendesain Pembelajaran Bermakna
ide ice breaking pramuka

Metode Pembelajaran

Contoh Kegiatan Outing Class yang Seru dan Tak Terlupakan