Home / Metode Pembelajaran

Minggu, 28 Januari 2024 - 14:35 WIB

Mengenal Model Pembelajaran PAIKEM dan Cara Penerapannya

Sebagai seorang guru, kita wajib mengetahui banyak model pembelajaran. Di mana, pengetahuan ini akan memudahkan kita dalam mengontrol kelas, sehingga proses pembelajaran menjadi lebih efektif dan kondusif.

Model pembelajaran sendiri adalah rangkaian cara dalam menyampaikan materi atau bahan ajar kepada seluruh siswa, yang bersisi seluruh aktivitas yang meksi dilakukan dalam mengajar, dan juga menyiapkan fasilitas yang akan digunakan dalam proses pembelajaran.

Dan untuk saat ini, sudah banyak sekali model pembelajaran yang bermunculan. Salah satunya adalah model pembelajaran PAIKEM.

Mungkin, sudah ada beberapa di antara Anda yang pernah mendengar sekilas tentang nama model pembelajaran ini. Namun masih sedikit bingung bagaimana cara menerapkannya. Oleh karena itu, simak penjelasan berikut.

Pengertian PAIKEM

Jadi, metode pembelajaran PAIKEM adalah model pembelajaran yang mendukung para siswa untuk melakukan banyak kegiatan yang mengarah ke pengembangan karakternya, mulai dari keterampilan, bersikap dan berpikir, tanggung jawab, dan lain sebagainya.

PAIKEM ini merupakan kependekan dari pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, dan juga menyenangkan. Metode pembelajaran satu ini mempunyai 4 prinsip utama, yakni interaksi, komunikasi, refleksi, dan terakhir adalah eksplorasi.

Baca juga:   Panduan Penerapan Project Based Learning dalam Pembelajaran

Kelebihan dan kekurangan PAIKEM

Tentu, tidak ada satupun model pembelajaran yang bagus 100 persen. Sama halnya dengan model pembelajaran PAIKEM ini yang juga mempunyai kekurangan.

Untuk kelebihannya ialah bisa mengembangkan kecakapan hidup dan kerjasama para siswa selama belajar, membantu mereka untuk lebih aktif dan kreatif dalam membuat karya, membantu meningkatkan semangat para siswa dalam belajar, supaya tujuan pembelajaran bisa tercapai, seluruh potensi anak akan lebih dihargai.

Sementara kekurangannya adalah adanya kesenjangan antara peserta didik yang laki-laki dengan perempuan, kelompok yang terbentuk biasanya masih tergantung pada urutan atau posisi tempat duduk, guru belum bisa melihat proses pembelajaran dengan baik, hasil kerja para siswa yang dipajang masih tergolong minim, dan terakhir, lembar kerjas siswa yang masih sering digunakan dalam proses pembelajaran.

Baca juga:   Memahami Cara Penggunaan Platform Rapor Pendidikan Indonesia

Langkah-langkah menerapkan metode pembelajaran PAIKEM

  1. Bagikan kertas, kemudian meminta mereka untuk menuliskan pertanyaan tentang materi yang sudah dipelajari.
  2. Ambil kertasnya, dan dibagikan secara acak.
  3. Panggil secara acak agar bisa maju ke depan, membacakan kertas yang ada di tangannya, dan meminta yang lain untuk memberi tanggapan.
  4. Lakukan hingga selesai.
  5. Berikan kesimpulan, dan klarifikasi jawaban benar salah.

Untuk langkah-langkah dalam penerapannya sebenarnya bervariasi. Tergantung dengan jenis yang akan Anda pilih. Jika ingin menerapkan yang model diskusi, Anda bisa menggunakan cara tersebut.

Karena ternyata, metode ini memiliki beberapa jenis yang dapat dipilih. Mulai dari mencari pasangan kartu yang sesuai, jigsaw learning, dan lain sebagainya. Itulah dia sekilas model pembelajaran PAIKEM yang meski Anda ketahui. Semoga bermanfaat.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link ini atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

(ant/shd)

Share :

Baca Juga

Metode Pembelajaran

Mengenal 5 Macam Model Belajar di Dunia Pendidikan

Karya Inovatif

Hindari Kebosanan dalam Kelas! Inilah Manfaat Ice Breaking saat Pembelajaran

Admin Sekolah

Kenali Google Workspace for Education sebagai Wujud dari Digitaliasai Pendidikan Era Merdeka Belajar melalui Teknologi

Media Pembelajaran

iSpring Quizmaker, Metode Pembelajaran dengan Pendekatan Digital

Metode Pembelajaran

Belajar Asyik dengan Belajar Kelompok

Kesiswaan

Pentingnya Memahami PSE Bagi Guru

Kesiswaan

Cara Menciptakan Motivasi Belajar Peserta Didik

Metode Pembelajaran

Memahami Model Pembelajaran Blended Learning