Home / Kenaikan Pangkat

Jumat, 26 Januari 2024 - 09:08 WIB

Contoh Jenis Karya Inovatif untuk Kenaikan Pangkat Guru

Ketika ingin mengajukan kenaikan pangkat bagi seorang guru, maka ada beberapa hal yang meski Anda lakukan. Mulai dari mengurus data yang dibutuhkan, sampai dengan membuat karya inovatif.

Bagi yang pertama kali akan membuat karya inovatif, tentu kegiatan satu ini ada yang mengira tergolong agak sulit dan menghabiskan waktu. Padahal, sebenarnya kegiatan menemukan dan membuat inovasi adalah hal yang menyenangkan. Dengan catatan, Anda sudah membiasakan diri.

Karya inovatif bisa mencakup menemukan sebuah terobosan teknologi yang bisa memberikan banyak manfaat terhadap proses pembelajaran di kelas atau di masyarakat umum. Kemudian, bisa juga dalam bentuk karya seni, atau alat peraga. Tergantung kemampuan dan minat bakat saja, karya apa yang akan dibuat.

Setiap guru pasti memiliki hal yang berbeda dari guru lain. Mungkin, si A bisanya membuat terobosan teknologi, maka belum tentu si B juga bisa melakukannya.

Meskipun demikian, hal tersebut tidak lantas membuat si B seharusnya berhenti. Sebab jika tidak bisa membuat karya inovatif berupa terobosan baru teknologi, maka ia masih bisa mencoba membuat karya inovatif dalam bentuk yang lain. Misal, dengan membuat alat peraga dan juga karya seni.

Baca juga:   Siklus Kinerja Guru Berbasis Sasaran Kerja

Jadi, tidak perlu memaksakan diri untuk hal-hal yang mungkin di luar kemampuan Anda. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut beberapa contoh karya inovatif untuk kenaikan pangkat guru PNS.

  1.     Karya inovatif pada bidang teknologi

Karya inovatif ini bisa berupa pengembangan metodologi pengajaran dengan menggunakan sistem yang diambil dari teknologi. Sehingga, pengembangannya akan sangat memudahkan proses pembelajaran selama di kelas.

Misal, dengan membuat sebuah video pembelajaran sesuai materi yang diajarkan di dalam kelas, kemudian menguploadnya ke media social, baik ke Youtube atau medsos yang lainnya.

  1.     Karya seni

Yang kedua adalah dalam bidang seni. Karya seni sendiri merupakan keindahan dalam berbagai bentuk. Karya seni tercipta dari gagasan, lalu disampaikan dengan cara yang estetik.

Untuk bentuknya sangat beragam. Mulai dari membuat sebuah film, puisi, cerpen, novel, atau yang lainnya. Selain itu, Anda juga bisa membuat karya seni yang lainnya. Misal, karya seni desain, seni rupa, dan lain sebagainya. Sesuaikan saja dengan kecenderungan Anda, dan di mana Anda bisa mengembangkannya.

  1.     Alat peraga

Untuk contoh jenis karya inovatif yang terakhir adalah alat peraga. Kadang, alat peraga memang sangat dibutuhkan ketika mengajar. Karena dengannya, anak-anak akan lebih mudah dalam memahami materi yang diajarkan.

Baca juga:   Kriteria Siswa Eligible dan Ketentuan Terbaru SNMPTN 2022

Misal, jika Anda mempunyai kemampuan untuk membuat animasi, kemudian animasinya digunakan untuk media pendukung ketika menjelaskan materi di kelas. Maka, animasi tersebut juga bisa dikategorikan sebagai alat peraga. Hanya saja, masuk dalam kategori modifikasi.

Nah, demikian seputar contoh karya inovatif yang bisa dicoba untuk kenaikan pangkat guru ASN. Perlu digaris bawahi, bahwa akan lebih baik jika Anda mencoba membuat karya inovatif bukan hanya saat ingin mendaftar kenaikan pangkat saja, ya.

 

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link ini atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

(ant/shd)

Share :

Baca Juga

Kenaikan Pangkat

Pendidikan Kewarganegaraan dalam Kehidupan
Tenaga Honorer

Kenaikan Pangkat

Tenaga Honorer Harus Dihapuskan dan Diganti dengan Outsourcing Agar tidak Kena Sanksi Pemerintah
Pendaftaran Calon Guru Penggerak Angkatan 7 Segera Ditutup

Kenaikan Pangkat

Pendaftaran Calon Guru Penggerak Angkatan 7 Segera Ditutup
Inilah Jadwal dan Syarat Pretest PPG Daljab Kemenag 2022

Kenaikan Pangkat

Inilah Jadwal dan Syarat Pretest PPG Daljab Kemenag 2022

Guru Honorer

Strategi mudah dalam menulis buku kenaikan pangkat guru

Kenaikan Pangkat

5 Negara Ini Gratiskan Biaya Kuliah untuk Rakyat dan Mahasiswa Asing, Tertarik?
model pembelajaran inkuiri

Guru Honorer

Calon Pengajar Wajib Tahu! 4 Kompetensi yang Harus Dimiliki Tenaga Pendidik

Kenaikan Pangkat

Penerapan Nilai-Nilai Karakter PKN