Home / Karya Inovatif / Kenaikan Pangkat / Kesiswaan

Rabu, 28 September 2022 - 23:55 WIB

Manfaat makalah best practice untuk kenaikan pangkat

Makalah best practice – Kewajiban seorang guru tidak hanya memberikan materi di dalam kelas saja. Namun masih ada kewajiban lainnya seperti mengurus administrasi baik untuk keberlangsungan pembelajaran di sekolah maupun untuk kenaikan pangkat. Hal ini mengakibatkan waktu bekerja untuk guru semakin meningkat. Sementara ini, karir seorang guru terbagi menjadi tiga kategori yaitu guru PNS, guru Non-PNS, dan guru honorer. Pemerintah telah berusaha untuk meningkatkan kualitas seorang guru. Salah satu upaya pemerintah adalah dengan program pengembangan karier yang berkelanjutan. Sebagai contoh adalah membuat makalah best practice bagi guru, yang memiliki banyak manfaat bagi guru

Apakah makalah best practice itu?

Sebelum mengetahui manfaat dari makalah best practice, baiknya guru harus memahami apakan itu makalah best practice. Makalah ini merupakan hasil karya tulis yang berisi tentang pengalaman terbaik pendidik dalam memberikan solusi dari permasalahan yang sedang terjadi. Di samping itu, penyusunan makalah ini akan menjadi angka kredit dalam pengajuan kenaikan pangkat.Sebagai contoh penyusunan makalah ketika guru mampu memberikan solusi ketika terjadi masalah dalam pembelajaran di kelas. Selain itu, bisa juga ketika memberikan solusi dalam permasalahan manajemen sekolah.

Baca juga:   Cara Meningkatkan Kecerdasan Peserta Didik

Tujuan dari makalah ini sebagai sarana untuk meningkatkan kondisi mutu dan pelayanan kegiatan pembelajaran.

Manfaat dari makalah best practice

Saat ini masih terdapat guru yang belum mengetahui apa manfaat dari makalah best practice. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari makalah ini:

1. Menambah wawasan

Dengan menyusun makalah ini, memicu guru untuk semakin menambah pengetahuan diri. Sehingga dengan semakin banyak wawasan, maka kualitas guru juga semakin bertambah. Seorang guru yang memiliki kualitas diri yang baik akan menunjang dalam memberikan materi di dalam kelas. Memang, jika pertama kali menyusun makalah pasti merasa sulit. Sehingga memerlukan waktu khusus dalam mempelajari dan menyusun makalah ini.

2. Menambah nilai presentasi diri

Manfaat selanjutnya, adalah mendapatkan penambahan dalam nilai kualitas diri. Saat ini sudah banyak perlombaan dengan tema penyusunan makalah best practice ini. Hal ini menunjukkan bahwa banyak dari para guru yang telah meninggalkan dunia tulis menulis. Banyak cara untuk menambah nilai kualitas diri, salah satu dengan mengikuti komunitas guru.

Baca juga:   Mengenal Makalah Best Pratice dan Tips Cara Menyusunnya

3. Menghidupkan jiwa pembelajar

Makalah ini juga dapat menjadi pemicu guru untuk selalu menghidupkan jiwa pembelajar dalam diri. Dewasa ini, dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih membuat semua orang terlena. Akibatnya, banyak dari guru yang mulai tidak mau untuk meningkatkan kemampuan literasi. Sejatinya, belajar itu harusnya sepanjang hayat, apalagi bagi seorang guru.

4. Memperluas jaringan pertemanan

Manfaat terakhir adalah memiliki banyak relasi, karena dengan menyusun makalah ini maka akan sering melakukan banyak diskusi dengan teman guru. Dengan sering berdiskusi, setidak nya guru tersebut menemukan banyak wawasan baru.

Demikian adalah ulasan beberapa manfaat ketika kita menyusun makalah best practice. Jika e

Ikutilah pelatihan “Membuat Makalah Best Practice” dan dapatkan fasilitas berupa full support dari tim instruktur dan mendapatkan e-sertifikat 32 JP.

<<DAFTARKAN DIRI ANDA DISINI>>

 

(muf/muf)

 

 

Share :

Baca Juga

Kenaikan Pangkat

Pendaftaran PPPK TA 2022-2023

Kesiswaan

Kesulitan Belajar Siswa : Hakikat, Ciri-Ciri, Bentuk-Bentuk dan Faktor Penyebab
mengatasi bullying

Kesiswaan

Pendekatan Solutif untuk Mengatasi Bullying di Sekolah!

Guru Honorer

Ragam jenis karya buku dan angka kredit untuk kenaikan pangkat

Kesiswaan

Begini Cara Membentuk Karakter Disiplin Siswa

Kenaikan Pangkat

Memahami Pembelajaran HOTS

Kesiswaan

4 Kriteria dan Keuntungan Siswa Eligible SNMPTN di Tahun 2022

Admin Sekolah

Pakai Excel, Guru Lebih Mudah Kelola Administrasi
Mari Gabung e-Guru.idMenjadi guru yang kompeten dan profesional di era digital

Temukan cara baru mengikuti seminar, workshop, pelatihan BERSERTIFIKAT.