Home / Kenaikan Pangkat

Jumat, 25 Februari 2022 - 11:44 WIB

Pentingnya Penilaian Kinerja Guru (PKG)

Penilaian Kinerja Guru (PKG)– Penilaian Kinerja Guru atau dikenal dengan istilah PKG adalah penilaian yang dilakukan oleh Kepala Sekolah kepada Guru di sekolahnya. Penilaian kinerja guru dilakukan di waktu yang sudah ditentukan berdasarkan peraturan yang ada. Dalam melakukan penilaian kinerja guru juga ada prosedur yang harus dijalankan dan disesuaikan dengan instrumen penilaian kinerja guru.

Oleh sebab itu, penilaian kinerja guru sangat penting dan masing-masing sekolah harus melakukan penilaian kinerja guru. Dengan tujuan meningkatkan kinerja guru serta dan sebagai indikator menentukan tingkat kompetensi guru. Selain itu, semakin bagus kinerja guru juga akan mendukung perkembangan sekolah dari segi sumber daya manusianya. Nah berikut beberapa alasan pentingnya penilaian kinerja guru (PKG) diantaranya yaitu :

Perbaikan Kinerja Guru

Seorang guru jika tidak ada yang menilai maka guru tersebut akan bertindak semaunya sendiri dan bahkan tidak mengikuti aturan yang ada. Hal ini karena tidak ada rambu-rambu yang pasti untuk mengukur kinerja guru. Akan tetapi, dengan adanya penilaian kinerja guru maka hal ini sebagai bukti untuk guru agar selalu melakukan perbaikan terhadap kinerjanya sebagai seorang guru. Dengan adanya Penilaian Kinerja Guru diharapkan semua guru termotivasi untuk menjadi guru yang lebih baik lagi dan lagi dari waktu ke waktu.

Baca juga:   Cara Mudah Menyusun Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) Terbaru 2022

Pengembangan Karir Guru

Guru yang dinilai artinya guru yang siap menerima segala evaluasi dan perbaikan untuk kemajuan karirnya ke depan. Penilaian dilakukan oleh Kepala Sekolah dengan melihat kompetensi guru selama melakukan tugas dan tanggung jawabnya sebagai guru. Bukti nilai dari kepala sekolah bisa menjadi acuan untuk pengembangan diri seorang guru. Hal ini karena jika masih ada kekurangan maka jadi bahan evaluasi untuk perbaikan karirnya selama menjadi guru. Semakin banyak perbaikan atau evaluasi yang dilakukan tentunya akan membentuk seorang guru menjadi lebih baik atau profesional di bidangnya. Sehingga karir nya sebagai guru pun akan terus berkembang dan bisa mengikuti perkembangan zaman dengan baik.

Pengembangan Kompetensi Guru

Seorang guru yang sudah dinilai oleh kepala sekolah dan sesuai dengan standar yang ada maka bisa dikatakan guru tersebut kompeten di bidangnya. Penilaian yang dilakukan sudah pasti melihat semua aspek yang ada. Dan dilakukan dengan profesional oleh kepala sekolah. Dengan kata lain, penilaian dilakukan secara objektif sesuai dengan keadaan sebenarnya seorang guru tersebut. Jika ada hal yang masih kurang dalam penilaian kinerja guru maka seorang guru wajib melakukan perbaikan untuk pengembangan kompetensinya. Dan masukan dari kepala sekolah untuk ditindaklanjuti dan dilaksanakan.

Baca juga:   Rekomendasi Media Pembelajaran yang Menarik

Sebagai Alat untuk Promosi Guru

Seorang guru yang mendapatkan nilai predikat amat baik berdasarkan hasil penilaian kinerja guru maka biasanya seorang guru tersebut layak untuk mendapatkan jabatan atau posisi tertentu di sekolahnya. Misalnya saja guru tersebut nilai PKG nya bagus kemudian oleh kepala sekolah ditunjuk menjadi wakil kepala sekolah bidang kurikulum karena memang memiliki kompetensi di bidang tersebut. Selain itu juga hasil penilaian kinerja guru menjadi bahan pertimbangan kepala sekolah untuk menunjuk seorang guru mengemban amanah atau posisi penting di sekolah. Dengan adanya hal tersebut maka seorang guru bisa berhak mendapatkan promosi dari sekolahnya sebagai reward atas kinerjanya sebagai seorang guru.

Dari keempat hal di atas bisa menjadi bahan acuan sekolah bahwasanya penilaian kinerja guru penting untuk dilaksanakan. Selain itu tidak hanya bagi sekolah saja, namun untuk guru itu sendiri akan mendapatkan manfaat yang bisa dirasakan oleh dirinya sendiri untuk pengembangan profesi dan kompetensi seorang guru.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link INI atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

Share :

Baca Juga

Strategi Guru

Kenaikan Pangkat

Strategi Guru dalam Mengajar yang Tersusun Rapi dan Menyenangkan Bagi Murid

Kenaikan Pangkat

Kabar Baik ! Bagi Guru Lulus Passing Grade, Ini Mekanisme PPPK Tahap 3 Tahun 2022
peran apresiasi guru terhadap antusias belajar

Kenaikan Pangkat

Guru Berpeluang Besar Dapatkan 12,5 Angka Kredit Hanya Dari Bahan Ajar ini. Begini Penjelasannya!

Kenaikan Pangkat

Syarat-Syarat Kenaikan Pangkat PNS

Kenaikan Pangkat

Digitalisasi untuk Atasi Hambatan Pendidikan

Karya Inovatif

Karya Inovatif untuk Kenaikan Pangkat Guru
cara penilaian kurikulum merdeka

Admin Sekolah

Berkas yang dipersiapkan sebelum menyusun DUPAK Guru
kelebihan dan kekurangan quizizz

Kenaikan Pangkat

7 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membuat Artikel Ilmiah