Home / Kesiswaan

Kamis, 25 Agustus 2022 - 17:36 WIB

Waspadalah Bahaya Kecanduan Gadget pada Anak!

Kecanduan gadget – Gadget adalah sebuah media yang dipakai sebagai alat komunikasi di zaman modern ini, dengan gadget ini dapat mempermudah kegiatan komunikasi manusia. Gadget memang seperti pisau bermata dua.

Di satu sisi memiliki banyak manfaat, namun di sisi lain juga merugikan manusia jika penggunaan nya tidak bijak. Tanpa kita sadari penggunaan gadget secara terus menerus mengakibatkan berbagai masalah, salah satunya merusak mata. Dampak buruk ini menyerang segala umur bahkan dapat terjadi pada anak. Hal ini membuat setiap orang tua harus memiliki tingkat kewaspadaan tinggi.

Mengingat dampak buruk kecanduan gadget pada anak sehingga perlu perhatian khusus dari orang tua. Sehingga orang tua harus pintar dalam mengatur waktu anak menggunakan gadget.

Orang tua harus lebih waspada ketika dampak buruk kecanduan gadget ini muncul pada anak mereka. Simak ulasan berikut ini

1. Mengganggu perkembangan kognitif

Otak anak selalu berkembang sejak ia lahir, terlebih lagi pada usia 0-5 tahun, otak anak berkembang sangat pesat. Dilansir dari sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa paparan berlebihan pada bagian otak anak akan mengakibatkan perubahan struktur otak. Dampaknya akan berkaitan dengan kemampuan kognitif anak, seperti halnya daya ingat, bahasa, daya tangkap, memori dan konsentrasi.

Baca juga:   Bagaimana Cara Mengembangkan Potensi Diri Siswa

2. Merusak penglihatan

Hal ini terjadi ketika anak terlalu lama dan sering dalam menggunakan gadget. Menurut ahli kesehatan anak, pengliahtan yang baik diperoleh ketika anak menatap benda dari jarak yang bervariasi. Kondisi anak yang memiliki kecanduan bermain gadget akan meningkatkan resiko gangguan pada mata mereka. Disamping itu perangkat elektronik yang terlalu sering akan menyebabkan mata kering. Sehingga otot mata akan sering berkontraksi dan sulit untuk rileks

3. Temperamental

Perilaku anak yang berinteraksi dengan gadget dalam waktu yang lama akan sering mengalami tantrum atau bentuk umum dari agresifitas pada anak. Sikap ini merupakan akibat dari paparan gadget yang terlalu berlebihan. Lebih-lebih lagi ketika anak sudah tumbuh dewasa, maka kemungkinan besar ia tidak mematuhi orang tua nya.

4. Meningkatkan resiko obesitas

Dalam sehari rata-rata anak menghabiskan lebih dari tujuh jam untuk menonton televisi, menjelajahi internet bahkan bermain video game. Hal ini akan mengurangi ia untuk melakukan aktifitas fisik dan akan berakibat pada tingginya resiko obesitas. Di lain sisi, menggunakan gadget yang berlebihan dapat menyebabkan peningkatan ngemil dan kebiasaan makan yang tidak disadari.

Baca juga:   3 Strategi Masuk ke Perguruan Tinggi Idaman

5. Kurang fokus dalam belajar

Kecanduan gadget akan bertindak seperti motivator utama bagi anak. Oleh sebab itu, anak akan merasa sangat sulit fokus dalam belajar karena menggunakan gadget mengurangi rentan perhatiannya. Ini juga akan berpengaruh pada tingkat kecerdasan anak dalam memahami sebuah ilmu.

Itulah kelima bahaya kecanduan gadget pada anak yang harus kita waspadai bersama. Setelah mengetahui dampak negatif dari penggunaan gadget secara berlebihan, mari kurangi penggunaan gadget bagi anak dengan mengikuti kegiatan Pelatihan Terapi Kecanduan Gadget pada Anak yang dapat mendaftar melalui laman di bawah ini!

<<DAFTARKAN DIRI ANDA DISINI>>

(muf/rtq)

 

 

Share :

Baca Juga

Kenaikan Pangkat

Jenis-jenis Kecerdasan Yang Harus Kita Tahu

Kenaikan Pangkat

7 Tips Memilih Ekstrakurikuler yang Cocok

Kesiswaan

Menjadi guru berkompeten melalui kompetensi sosial emosional

Karya Inovatif

Kenali Hubungan Kepribadian, Karakter, Dan Perilaku Dalam Lingkup Pendidikan

Kenaikan Pangkat

Mengajarkan Kedisiplinan Melalui 3 Kebiasaan Sehat Pelajar Jepang

Kesiswaan

Belajar Sambil Bermain Menggunakan Puzzlemaker

Kesiswaan

Mengenal Apa Itu Karakter Hormat pada Lingkungan
7 Gaya Belajar Siswa yang Wajib Guru Ketahui

Kesiswaan

7 Gaya Belajar Siswa yang Wajib Guru Ketahui