Home / Kesiswaan

Rabu, 1 Juni 2022 - 03:21 WIB

Rekomendasi Beasiswa bagi Siswa Jenjang SMA dan SMK

Rekomendasi Beasiswa – Pendidikan adalah jalan utama untuk meningkatkan intelektualitas, meningkatkan karakter kebaikan serta menjadikan individu menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Menjadi individu yang cerdas dan terdidik merupakan salah satu target utama untuk membangun bangsa.

Salah satu jalan untuk menjadikan keseluruhan generasi menjadi terdidik yakni melalui kehadiran satuan pendidikan. Dengan hadirnya sekolah, maka secara bertahap peserta didik akan menjadi individu yang cerdas serta memiliki aspek pengetahuan dan keterampilan yang sebanding dengan generasi di negeri lainnya.

Hanya saja, seseorang yang terdidik membutuhkan banyak pemenuhan kebutuhan. Mulai dari pemenuhan finansial, kecakapan dasar bahkan dukungan dari lingkungan sekaligus pemenuhan untuk berjuang seoptimal mungkin.

Misalnya dari segi pemenuhan kecakapan dasar. Seseorang yang masuk ke sebuah satuan pendidikan tentu harus memiliki kualifikasi terlebih dahulu agar bisa mengikuti keseluruhan rangkaian program yang ada kecuali dari jenjang satuan pendidikan semacam PAUD maupun KB.

Tentu kualifikasi yang dibutuhkan tidak terlalu banyak sebab ada pertimbangan bahwa peserta didik di usia tersebut masih dalam tahapan bermain serta mengumpulkan informasi sebanyak mungkin.

Namun untuk jenjang SD – SMP tentu ada beberapa kualifikasi yang menjadi prasyarat baik khusus maupun umum agar hal terebut sejalan dengan program yang dimiliki satuan pendidikan masing – masing.

Sedangkan di jenjang SMA, dibutuhkan peserta didik yang memiliki kualifikasi setingkat lebih tinggi dan bahkan tidak semua satuan pendidikan menengah ke atas memiliki syarat yang sama. Misalnya sekolah penerbangan, tentu memiliki syarat peserta didik yang berbeda dibanding dengan sekolah SMAN pada umumnya.

Aspek di atas biasanya akan terpenuhi sebab negeri ini sudah mendukung dengan tambahan program lainnya. Namun bilamana dengan aspek kebutuhan dari segi dana? Program wajib belajar 12 tahun yang dihadirkan pemerintah pusat nyatanya tidak bisa terwujud sempurna sebab sampai hari ini masih ada sebagian generasi yang menjadi manusia tak terdidik lantaran harus putus sekolah atau bahkan tidak sekolah sama sekali.

Sehingga, melihat fenomena demikian maka pemerintah maupun lembaga swadaya masyarakat serta komunitas yang memilikiconcern pada perbaikan pendidikan bangsa berusaha untuk menutupi kekurangan tersebut dengan pemberian bantuan berupa beasiswa. Apalagi di jenjang SMA, ada banyak rekomendasi beasiswa yang bisa dijadikan pilihan.

Adapun beberapa rekomendasi beasiswa yang bisa dipilih yakni sebagai berikut :

Baca juga:   Cara Menentukan Tujuan Satuan Pendidikan

1.    Beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP)

Beasiswa PIP Merupakan program bantuan tunai khusus di dunia pendidikan dan diperuntukkan bagi jenjang SD – SMA yang memiliki rentan usia 6-21 tahun dan berasal dari keluarga yang secara finansial merupakan keluarga kekurangan. Biasanya, penerima PIP merupakan peserta didik yang berada di keluarga dengan program penerima Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), kemudian termasuk juga peserta Program Keluarga Harapan, anak yatim piatu, peserta didik penyandang disabilitas, serta merupakan bagian dari korban bencana alam ataupun terkena musibah. PIP merupakan bagian integral dari wujud penyempurnaan program BSM yakni program bantuan siswa miskin.

Program Indonesia Pintar merupakan program yang digagas dari kerjasama antara Kemdikbud, Kemensos dan Kemenag. Tujuannya yakni agar program tersebut dapat turut membantu pembiayaan sekolah serta mengurangi porsentase generasi yang putus sekolah. Para peserta didik yang terkategorikan dalam bantuan PIP, akan mendapatkan Kartu Indonesia Pintar sebagai bentuk penanda ataupun identitas penerima. Fungsi dari adanya kartu tersebut yakni agar dapat menjamin pemenuhan kebutuhan anak – anak sekolah yang sudah terdaftar menjadi penerima bantuan. Biasanya besaran PIP pada setiap jenjang berbeda – beda. Adapun perinciannya sebagai berikut :

Pertama, peserta didik di jenjang SD, MI, maupun Paket A akan mendapat bantuan sebesar Rp. 450.000 per tahunnya. Harapannya, jumlah ini bisa digunakan untuk pembiayaan bulanan ataupun pemenuhan buku – buku yang dibutuhkan.

Kedua, peserta didik di jenjang SMP, MTs, Paket B akan mendapatkan bantuan senilai Rp. 750.000 per tahunnya. Biasanya, jumlah tersebut dapat digunakan untuk pemenuhan kebutuhan belajar maupun buku – buku yang digunakan.

Ketiga, peserta didik jenjang SMA, SMK, MA, maupun paket C akan mendapatkan bantuan sebesar RP. 1000.000, 00 setiap tahunnya.

Untuk bisa mendaftarkan diri pada PIP, biasanya hal tersebut akan terseleksi secara langsung oleh sekolah melalui kerjasama antar beberapa pihak. Untuk mengecek apakah peserta didik anda termasuk penerima atau bukan, anda bisa mengeceknya melalui laman resmi PIP yakni pip.kemdikbud.go.id lalu anda akan memasukkan beberapa keterangan lengkap.

Proses pencairan dana PIP biasanya akan segera dilaksanakan bila penerima bantuan sudah membawa bukti pendukung sah pada saat tanggal pengambilan dana ke bank terdekat yang menjadi mitra PIP.

Namun cara lain dalam pengambilannya, biasanya dana PIP dapat diambil secara kelompok sehingga bisa langsung digunakan oleh beberapa peserta pemegang PIP.

Baca juga:   Cara Mengatasi Masalah Pembelajaran pada Peserta Didik

2.    Program Beasiswa Data Print

Program beasiswa lainnya yang bisa dijadikan pilihan yakni beasiswa DataPrint. Biasanya program tersebut akan dibuka setiap tahunnya.

Kuota yang diberikan lumayan sedikit sehingga para peserta didik harus lebih optimal lagi dalam mengusahakannya. Program tersebut biasanya terbuka untuk para peserta didik mulai dari jenjang SMP – Perguruan Tinggi.

Setiap tahunnya, pembukaan program beasiswa DataPrint akan memiliki syarat dan periode pembukaan yang berbeda – beda. Di tahun 2021 kemarin, beasiswa Data Print membuka kuota sebanyak 3 periode pendaftaran sehingga secara tidak langsung akan lebih banyak menampung para peserta didik.

Setiap penerima bantuan tentu akan mendapat bantuan sebesar 400.000, 700.000 bahkan sampai 1.000.000 bergantung syarat dan ketentuan yang diberlakukan.

Bantuan dana tersebut didapatkan berdasar penilaian yang berlaku dari penyelenggara beasiswa DataPrint. Salah satu keunikan dalam program tersebut yakni peserta didik harus membuat esai semenarik mungkin berdasar tema yang sudah ditentukan.

Kemudian, peserta didik yang mendaftar juga harus melampirkan berbagai sertifikat termasuk prestasinya dalam berbagai bidang akademik. Selain itu, para peserta didik juga akan mendapatkan merchandise exclusive dari dataprint bagi peserta yang lolos dan beruntung.

3.    Beasiswa Program Khusus Sekolah

Kemudian program lain yang bisa dijadikan rekomendasi yakni beasiswa dari program khusus yang diselenggarakan sekolah. Program ini biasanya tidak tersebar luas dan hanya diinfokan pada beberapa peserta didik yang memiliki kualifikasi.

Maka dari itu, penting bagi anda sebagai guru, untuk senantiasa memotivasi para peserta didik menjadi yang terbaik dan mengoptimalkan pada keseluruhan mata pelajaran.

Nah, demikian ulasan mengenai daftar dan rekomendasi beasiswa yang bisa dijadikan panduan bagi peserta didik untuk tetap melanjutkan sekolah dan perjuangan menjadi generasi pembangun negeri. Besar harapannya, beasiswa tersebut dapat digunakan sebaik mungkin untuk kebutuhan pendidikan.

Jika dilihat dari nominalnya, tentu masih kebutuhan lain yang diperlukan. Namun semoga semakin bertambahnya tahun, pemerintah dan LSM dapat menaikkan persentase dana yang dibagikan.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link ini atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

(shd/shd)

Share :

Baca Juga

tips membuat best practice

Admin Sekolah

Langkah menyusun asesmen P5 dengan mudah

Kesiswaan

Produksi Bahan Ajar dalam Penerapan Belajar Mandiri di Sekolah

Kesiswaan

Ingin meningkatkan softskill guru? simak ulasan berikut ini

Kesiswaan

Mengenal Apa Itu Karakter Hormat pada Lingkungan

Kesiswaan

Perilaku Membolos Siswa : Faktor Penyebab dan Dampaknya

Kesiswaan

Cara Mudah Membuat RPP kurikulum Merdeka

Kesiswaan

H-6 Menuju Pengumuman SBMPTN 2022, Begini Cara Cek Hasilnya!

Kesiswaan

4 Kriteria dan Keuntungan Siswa Eligible SNMPTN di Tahun 2022