Home / Admin Sekolah / Karya Inovatif / Kesiswaan

Rabu, 24 Agustus 2022 - 11:35 WIB

Computer Based Test Menguntungkan atau Merugikan?

Computer based test – Era teknologi sekarang mempengaruhi segala sendi kehidupan, salah satu nya dunia pendidikan. Bila diperhatikan secara seksama metode pembelajaran telah berubah signifikan. Dulu kita hanya mengenal Paper Based Test (PBT) namun sekarang muncul sistem ujian baru yaitu Computer Based Test (CBT).

Pada tahun 2014 silam, pemerintah melaksanakan UNBK (Ujian Nasional Bebasis Komputer).meski diawal penyelenggaraannya masih terdapat berbagai kendala,namun perlahan semua masalah dapat diatasi. CBT yang sudah diterapkan pemerintah ini sebagai bentuk model digitalisasi bagi sekolah. Di samping berbagai kekurangan yang masih harus dibenahi perlahan, ternyata CBT memiliki banyak sekali manfaat.

Manfaat ini lah yang menjadi alasan mengapa sekolah harus menerapkan CBT secepatnya. Simak ulasan berikut ini.

1. Menyesuaikan diri dengan perkembangan tekonologi

Ujian dengan sistem PBT adalah metode konvensional yang telah berjalan ratusan tahun. Kini era digitalisasi memaksa setiap aspek kehidupan manusia masuk ke dalam dunia digital. Jika tidak secepatnya beradaptasi, maka pendidikan Indonesia akan tertinggal dan terlindas oleh zaman.

2. Menghemat anggaran

Anggaran yang diberikan untuk melaksanakan PBT cukup besar, karena perlu mencetak soal dan lembar jawabannya. Tidak heran pada saat-saat tertentu guru hanya mengedarkan lembar jawaban saja dan soal diberikan secara lisan atau tertulis di papan tulis. Sedangkan metode CBT tidak lagi memerlukan anggaran untuk mencetak soal atau lembar jawaban. Cukup dengan menyediakan satu komputer dan sekolah sudah bisa menyelenggarakan ujian tanpa batas bahkan latihan harian sekalipun.

Baca juga:   Ide Ice Breaking Games Saat Kelas Online yang Menarik untuk Dicoba

3. Menghemat waktu dan tenaga dalam proses sebelum dan sesudah ujian

Dengan sistem Computer Based Test  seorang guru tidak perlu mempersiapkan ujian yang kompleks. Cukup dengan satu kali meng-inputkan soal ke server, seluruh siswa sudah dapat mengikuti ujian. Saat setelah melaksanakan ujian, sistem CBT akan secara otomatis mengakumulasi nilai hasil ujian para siswa berdasarkan kunci jawaban yang telah diinputkan sebelumnya.

4.Memudahkan siswa dalam mengerjakan ujian

Siswa tidak perlu membawa persiapan yang banyak, tidak perlu menyilang jawaban dan menghapusnya jika salah. Melalui sistem CBT, sistwa hanya harus meng-klik jawaban yang benar dan mengkliknya sekali lagi (undi click) jika salah. Saat ada gambar soal yang berukuran kecil siswa datap memperbesarnya dengan meng-klik “zoom in” hingga gambar terlihat jelas.

Baca juga:   Hal yang Disiapkan Sekolah untuk SPAN-PTKIN 2022

5. Hasil ujian menjadi lebih cepat dan akurat

Sistem CBT menawarkan fitur penghitungan nilai secara otomatis dan meminimalisir kesalahan manusia (human error) dalam pemeriksaan. Dengan menginputkan dahulu kunci jawaban maka sistem akan mencocokan jawaban siswa dengan kunci jawaban tersebut. Saat ujian selesai, maka hasil nilai akan muncul secara otomatis dan dapat disimpan menjadi arsip guru

6. Menjaga kelestarian bumi

Sistem PBT yang memerlukan pohon sebagai bahan baku pembuatan kertas ujian dan soal. Dengan mengurangi penggunaan kertas, maknanya sekolah telah berkontribsui langsung dalam menjaga kelestarian bumi. Mengingat banyak sekali kelebihan dari sistem CBT ini, maka sekolah-sekolah wajib menerapkan sistem CBT untuk melaksanakan ujian.

Anda merasa kesulitan dalam membuat sistem Computer Based Test (CBT)?

Ikutilah Pelatihan Membuat Computer Based Test (CBT) Menggunakan Platform Moodle. Dapatkan e-sertifikat 32JP dan full support dari tim instruktur

<<DAFTARKAN DIRI ANDA DISINI>>

(muf/rtq)

 

Share :

Baca Juga

Admin Sekolah

Cara Monitoring Program Penguatan Karakter di SMP

Kesiswaan

Pentingnya Memahami PSE Bagi Guru
metode pembelajaran

Karya Inovatif

Dibuka Kembali Lomba Karya Tulis Inovasi Pembelajaran Guru 2022, Catat Jadwal Pelaksanaanya!

Admin Sekolah

Administrasi Sekolah Semakin Mudah dengan Microsoft Excel
Insekuritas Siswa

Karya Inovatif

Guru wajib tau pentingnya refleksi pembelajaran

Kesiswaan

Program beasiswa merdeka pendidikan, lengkapi syarat dan daftar segera!

Kesiswaan

Begini Cara Menumbuh Karakter Jujur dan Amanah Pada Siswa

Karya Inovatif

Tutorial Membuat Jurnal Pendidikan Harian