Home / Karya Inovatif

Rabu, 13 Juli 2022 - 23:21 WIB

Langkah Awal Menyusun Makalah Best Practice

Makalah Best Practice – Penting bagi para pendidik baik yang sudah berstatus sebagai ASN maupun non – ASN alias honorer untuk senantiasa meningkatkan kualitas diri. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan oleh seorang pendidik untuk meningkatkan kualitas dan kemampuan pedagogis.

Beberapa di antaranya yakni melalui pelatihan, seminar keguruan, peningkatan kemampuan pedagogik dan uji praktik pengajaran baik dalam bentuk praktik langsung maupun menyusun makalah best practice.

Bagi para pendidik senior yang sudah berstatus ASN dan belum, hal tersebut sangat penting.

Lantas, bagaimana menyusun makalah best practice yang benar?

Cara Menyusun Makalah Best Practice untuk Meningkatkan Kualitas Pedagogis

Umumnya, makalah best practice merupakan sebuah karya tulis yang terisi dengan berbagai konten pengalaman para penyusun.

Pengalaman yang dibagikan tentu merupakan pengalaman yang terbaik khususnya pada saat mereka harus memecahkan berbagai solusi permasalahan yang tengah dihadapi.

Misal, membagikan karya tulis pada saat memecahkan masalah terkait kegiatan belajar di sekolah maupun dari sisi aspek administrasi dan manajemen sekolah.  Makalah ini bertujuan agar dapat menjadi referensi sekaligus wadah aspirasi dalam peningkatan kondisi mutu serta pelayanan proses kegiatan belajar satuan pendidikan maupun lembaga.

Baca juga:   Mengenal Makalah Best Pratice dan Tips Cara Menyusunnya

Seiring berkembangnya waktu dan dinamisasi pendidikan, makalah best practice lebih sering terwujud dalam bentuk karya revolusioner dan banyak memberikan inspirasi bagi keseluruhan pendidik yang ada di tanah air.

Hanya saja, untuk mengenalnya lebih dalam, penting bagi anda untuk memahami bahwa makalah best practice adalah karya yang difokuskan pada suatu topik permasalahan yang detail. Di makalah, guru dapat menuliskan serta mendeskripsikan solusi terkait fenomena yang terjadi di kelas maupun sekolah.

Untuk membuat makalah yang baik, pastikan anda dapat menemukan fenomena yang akan dijadikan makalah. Selanjutnya, tuliskan latar belakang dari fenomena yang sudah dipilih. Agar penyusunannya valid, pastikan anda adalah guru yang telah mengalami fenomena sosial tersebut.

Pada latar belakang, jangan lupa tuliskan cara anda dalam mengidentifikasi masalah. Anda bisa mulai dengan mendeskripsikannya dalam beberapa paragraf singkat dan temuan teori yang serupa dengan fenomena tersebut.

Baca juga:   Memanfaatkan Google Workspace for Education dalam Pembelajaran kekinian

Selanjutnya, anda bisa menuliskan tujuan masalah dalam makalah practice yang disusun. Tujuan ini untuk mendeskripsikan sasaran anda secara jelas. Sehingga para pembaca akan lebih mudah dalam mereview makalah anda. Selain itu, ada beberapa sistematika lain yang perlu anda lengkapi.

Nah, demikian ulasan mengenai cara menyusun makalah best practice dan beberapa sistematikanya untuk tahapan awal.

Dinamisasi pendidikan setiap tahunnya akan senantiasa berubah. Hal ini dilakukan dalam rangka perbaikan para generasi yakni peserta didik yang akan menjadi pemegang kendali arah bangsa.

Bangsa akan menjadi bangsa yang besar dan mulia, bila peserta didik dapat bersungguh – sungguh dalam proses pembelajarannya. Kesungguhan peserta didik dalam proses kegiatan belajar mengajar, tentu mendapat dukungan dari berbagai pihak. Salah satu pihak yang paling berpengaruh yakni para pendidik.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link ini atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

(rhm/shd)

Share :

Baca Juga

Karya Inovatif

Manfaat makalah best practice untuk kenaikan pangkat

Karya Inovatif

Microsoft Powerpoint, Jalan Ninja Para Guru

Guru Honorer

Pentingnya Pembelajaran Social Emotional Learning (SEL) bagi Anak

Admin Sekolah

Kenali Google Workspace for Education sebagai Wujud dari Digitaliasai Pendidikan Era Merdeka Belajar melalui Teknologi

Karya Inovatif

Model Pembelajaran VAK (Visualization,Auditory dan Kinestetic) dalam Mengembangkan Ketrampilan Membaca, Menulis, dan Berhitung Siswa Sekolah Dasar
tips membuat best practice

Karya Inovatif

Tips Membuat Best Practice Bagi Seorang Guru

Karya Inovatif

Tutorial Membuat Jurnal Pendidikan Harian
Webinar

Karya Inovatif

Guru Perlu Mengikuti Webinar yang Bermanfaat Demi Keberlangsungan Kariernya