Home / Karya Inovatif / Kesiswaan / Metode Pembelajaran

Senin, 12 September 2022 - 21:56 WIB

Chat bot Telegram solusi pembelajaran interaktif

Chat bot – Media komunikasi adalah sebuah sarana yang dapat memproduksi, mendistribusikan atau menyebarkan informasi dari dua orang yang berinteraksi. Sehingga media komunikasi ini memiliki peran penting dalam kehidupan masyarakat luas. Masa sekarang ini proses pengiriman informasi sangat lah canggih. Sehingga banyak kalangan masyarakat yang mencari teknologi telekomunikasi ini untuk mengirimkan informasi atau berita. Di samping itu juga bagi seorang guru, saat situasi pandemi Covid-19 ini semakin membaik dan Pemerintah menerapkan metode belajar mengajar secara hybrid maka pastinya memerlukan teknologi telekomunikasi untuk menunjang proses belajar mengajar ini. Sebagai contoh penggunaan platform e-learning untuk memberikan materi secara online. Di lain sisi, aplikasi Telegram juga memberikan fitur Chat Bot Telegram yang dapat menunjang pembelajaran hybrid ini.

Aplikasi Telegram

Telegram merupakan aplikasi pesan instan yang berbasis cloud dengan selalu berkomitmen pada kecepatan dan keamanan pengguna. Telegram memudahkan pengguna untuk saling mengirimkan pesan teks, audio, video, gambar dan stiker. Di samping itu juga, telegram mampu memberikan kesempatan bagi pengguna untuk saling mengirimkan dokumen, musik, berkas bentuk zip, lokasi real-time bahkan kontak yang tersimpan ke perangkat orang lain.

Fitur Unggulan Chat Bot Telegram

Telegram memiliki keunggulan fitur jika dibandingkan dengan aplikasi serupa. Salah satu fitur pembeda nya adalah BOT Telegram, dimana bot ini dapat beroperasi secara otomatis. Fitur yang telah ada mulai Juni 2015 ini, dapat menjawab setiap pesan masuk sesuai dengan perintah yang diberikan oleh pengguna. Selain itu, fitur ini mampu memenuhi kebutuhan pengguna mulai dari mampu menerjemahkan bahasa, bermain game, mendownload film, hingga melakukan pembayaran yang telah bekerja sama dengan provider tertentu seperti Apple Pay, Ravepay, Paymentwall dan sebagainya.

Baca juga:   Pentingnya Pembelajaran Interaktif dengan Visualisasi yang Menarik

Manfaat Telegram untuk Guru

Pada umumnya semua kalangan dapat menikmati berbagai fitur Telegram ini, begitu juga bagi seorang guru. Berikut adalah manfaat penggunaan Telegram untuk guru:

1. Membuat grup dengan jumlah pengguna yang lebih banyak

Telegram dapat menampung hingga 200.000 pengguna dalam satu grup. Sehingga ini memudahkan untuk seorang guru menyatukan siswa yang banyak dalam satu grup. Bahkan, jika seluruh siswa SMP/SMA sederajat yang ada di satuan pendidikan dari tiga tingkatan pun dapat masuk dalam grup tersebut. Hal ini dapat memudahkan guru dalam menyampaikan informasi sekolah maupun materi bahan ajar

2. Tidak takut memori penuh

Dalam proses belajar mengajar pastinya melakukan kegiatan mengirim file baik itu gambar, dokumen bahkan video. Dengan menggunakan Telegram, pengguna tidak perlu takut akan kehabisan memori. Hal ini terjadi karena file tersebut akan tersimpan selamanya dalam server, kecuali pengguna secara sengaja menghapusnya.

Baca juga:   Cara Mengatasi Masalah Pembelajaran pada Peserta Didik

3. Fleksibel

Keunggulan ini memudahkan pengguna untuk membuat fitur tambahan yang ada dalam aplikasi Telegram. Sebagai contoh saat ingin membuat polling Telegram, pengguna bisa menambahkan sendiri dalam grup atau channel yang ada tanpa harus menunggu update dari developer. Hal ini yang membedakan Telegram dengan aplikasi yang lainnya

4. Menggunakan Chat Bot Telegram untuk pembelajaran

Guru dapat membuat Chat Bot Telegram yang mampu membantu guru dalam proses belajar mengajar. Seperti memanfaatkan Chat Bot Telegram untuk mengirimkan bahan ajar secara otomatis sesuai jadwal yang dibuatkan, sehingga Guru dapat mengerjakan hal lain yang berkaitan dengan proses belajar mengajar.

Telah banyak keunggulan yang dimiliki Telegram ini, harapannya guru dapat memanfaatkan dengan baik sehingga proses belajar mengajar di dalam kelas tidak membosankan.

Ikutilah pelatihan “Membuat ChatBot sebagai Media Pembelajaran Interaktif tanpa Koding #5” dan dapatkan fasilitas berupa full support dari tim instruktur dan mendapatkan e-sertifikat 32 JP.

 

<<DAFTARKAN DIRI ANDA DISINI>>

(muf/muf)

 

 

Share :

Baca Juga

ide ice breaking SD

Kesiswaan

Tips untuk Guru Menghadapi Siswa SD yang Nakal
Penilaian Akhir

Metode Pembelajaran

Tips Menghadapi Penilaian Akhir Semester Bagi Guru dan Peserta Didik

Metode Pembelajaran

Ciptakan Pembelajaran Menyenangkan Dengan Model Pembelajaran Window Shopping

Kesiswaan

Ajarkan Siswa Untuk Hormat Kepada Orang Tua Melalui 10 Cara Ini!

Metode Pembelajaran

Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek Menghindari Kebosanan

Kesiswaan

Begini Cara Menumbuh Karakter Jujur dan Amanah Pada Siswa

Kesiswaan

3 Strategi Masuk ke Perguruan Tinggi Idaman

Kesiswaan

Ingin Siswa Belajar dengan Optimal? Pahami 7 Jenis Gaya Belajar