Home / Kesiswaan

Jumat, 17 Juni 2022 - 09:39 WIB

H-6 Menuju Pengumuman SBMPTN 2022, Begini Cara Cek Hasilnya!

Pengumuman SBMPTN 2022 Sebentar lagi pengumuman SBMPTN 2022 akan resmi diumumkan. Lebih tepatnya H-6 dari sekarang. Artinya kurang beberapa hari lagi peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2022 sudah bisa mengecek hasilnya. Dan mengetahui apakah lulus Perguruan Tinggi yang diimpikan atau tidak.

Hasil ini diumumkan secara serentak pada hari kamis tanggal 23 Juni 2022 pukul 15:00 WIB. Hal ini diinformasikan langsung dari laman LTMPT. Sebelumnya siswa telah melaksanakan UTBK selama tujuh hari yang dibagi menjadi dua sift yaitu pagi dan siang. Selanjutnya siswa masih harus menunggu hasil pengumuman.

Pihak LTMPT menyampaikan, jumlah peserta yang mendaftar dalam jalur UTBK-SBMPTN 2022 kali ini sebanyak 800.852 peserta. Ujian dilakukan secara tertulis dan berbasis komputer. Kemudian, setiap peserta hanya diperbolehkan untuk mengikuti satu kali ujian saja.

Nah, selanjutnya yang jadi pertanyaan adalah bagaimana siswa mengecek hasil pengumuman SBMPTN 2022?

Adapun siswa yang sebelumnya telah mengikuti UTBK, dapat mengecek hasil  pengumuman SBMPTN melalui situs web resmi LTMPT di https://pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id. 

Selain lewat website LTMPT, siswa juga dapat melihat hasil UTBK melalui link yang sudah disediakan oleh setiap Perguruan Tinggi Negeri yang didaftarnya.

Cara Cek Hasil Pengumuman SBMPTN 2022 

Berikut ini cara mengecek hasil pengumuman SBMPTN 2022 melalui website resmi LTMPT yaitu :

  1. Buka browser dan masuk ke laman resmi LTMPT di pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id. Pada tahap ini jangan lupa untuk masuk ke akun kamu ya dengan menyertakan username dan pasword.
  2. Setelah berhasil masuk peserta dapat memasukkan nomor peserta dihalaman yang telah disediakan
  3. Selanjutnya, peserta diminta untuk mengisi tanggal lahir pada kolom yang tersedia
  4. Klik hasil
  5. Setelah klik tombol hasil, silahkan untuk menunggu beberapa saat hingga hasil UTBK keluar. Biasanya karena dilakukan secara serentak maka kemungkinan hasil akan keluar sedikit lebih lama. Jadi harap bersabar dan bisa sambil berdoa agar hasil yang keluar sesuai dengan keinginan Anda.
  6. Bagi peserta yang dinyatakan lolos, pada halaman pengumuman akan tertera nomor peserta, tanggal lahir serta ucapan selamat. Bagi yang belum lulus maka tidak ada ucapan selamat.
Baca juga:   Tantrum di Kelas? Simak 6 Tips Mencegahnya

Setelah dinyatakan lolos, peserta diminta untuk mencetak sertifikat hasil UTBK-SBMPTN untuk proses pendaftaran selanjutnya di PTN yang telah dituju. Masa unduh sertifikat yaitu mulai dari 25 Juni hingga 31 Juli 2022 mendatang.

Nah, jika Anda mengecek hasil pengumuman SBMPTN 2022 melalui link masing-masing dari Perguruan Tinggi maka silahkan Anda menuju link tersebut dan ikuti semua alurnya hingga muncul hasil pengumuman.

Untuk mengingat kembali berikut ini adalah jadwal lengkap pelaksaan UTBK SBMPTN 2022:

Baca juga:   Menyusun Program Penguatan Karakter saat Kebijakan PTM Berlangsung
  1. Registrasi Akun LTMPT : 14 Februari – 17 Maret 2022
  2. Sosialisasi UTBK-SBMPTN : 01 Desember 2021 – 15 April 2022
  3. Pendaftaran UTBK-SBMPTN : 23 Maret – 16 April 2022
  4. Pelaksanaan UTBK Gelombang I : 17 – 23 Mei 2022
  5. Pelaksanaan UTBK Gelombang II : 28 Mei – 03 Juni 2022
  6. Pengumuman SBMPTN 2022 : 23 Juni 2022
  7. Masa Unduh Sertifikat UTBK : 25 Juni – 31 Juli 2022.

Bagi siswa yang dinyatakan lolos SBMPTN 2022 tentu akan sangat bahagia karena segala usaha yang telah dilakukan berbuah dengan manis. Namun untuk Anda yang belum lulus SBMPTN tahun ini jangan patah semangat ya karena masih ada jalur seleksi mandiri dari setiap Perguruan Tinggi di mana waktu, persyaratan dan pelaksanaan yang akan berbeda dari setiap Perguruan Tinggi.

Demikian ulasan mengenai pengumuman SBMPTN 2022. Semoga pada hari pengumuman nanti bisa mendapatkan hasil terbaik sesuai dengan harapan dan keinginan Anda. Tetap semangat untuk menunggu hasil pengumuman. Anda juga bisa berdoa dan mendekatkan diri secara lebih pada Tuhan untuk memasrahkan hasilnya. Semoga bermanfaat!

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link ini atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

Penulis : (GST/GST)

Share :

Baca Juga

Kesiswaan

Program beasiswa merdeka pendidikan, lengkapi syarat dan daftar segera!
tips lulus guru penggerak

Guru Honorer

Guru Wajib Kenali 5 Gaya Belajar Siswa

Kesiswaan

Siap-siap Calon Mahasiswa, Pendaftaran SBMPTN UTBK 2022 Telah Dibuka. Ini Jadwal, Cara dan Syarat Pendaftarannya

Kesiswaan

Ingin meningkatkan softskill guru? simak ulasan berikut ini
ide ice breaking SD

Kesiswaan

Membuat Suasana Belajar Lebih Kondusif dan Seru dengan Ice Breaking

Kesiswaan

Melatih Siswa Berjiwa Tekun dan Pekerja Keras

Kesiswaan

Pentingnya Mengenali Kepribadian Peserta Didik Bagi Guru

Kesiswaan

Mengenal Istilah dan Tujuan Peta Hidup (Life Mapping)