Home / Kesiswaan

Minggu, 27 Februari 2022 - 14:59 WIB

Hal yang Disiapkan Sekolah untuk SPAN-PTKIN 2022

Persiapan Sekolah Untuk SPAN-PTKIN 2022–  Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri atau disingkat SPAN-PTKIN untuk tahun 2022 segera dibuka. Pendaftaran SPAN-PTKIN untuk siswa dimulai tanggal 4 Maret 2022. Akan tetapi, siswa bisa mendaftar apabila sekolah sudah melakukan dan mengisi PDSS atau pangkalan data sekolah dan siswa. Sedangkan jadwal pengisian PDSS yaitu dimulai dari tanggal 7 Februari hingga 28 Februari 2022. Artinya tinggal satu hari lagi sekolah melakukan pengisian PDSS. SPAN PTKIN hampir sama dengan SNMPTN yakni seleksi nasional menggunakan nilai rapot. Oleh sebab itu, pengisian PDSS sangat penting dilakukan sebagai langkah awal sekolah membantu siswa mendaftar SPAN-PTKIN 2022.

Lantas yang jadi pertanyaan adalah apa saja yang perlu disiapkan sekolah untuk SPAN-PTKIN 2022? Sudah tentu jawabannya adalah pengisian PDSS. Lalu, bagaimana sekolah melakukan pengisian PDSS? Berikut penjelasannya :

Pertama, Sekolah harus menunjuk petugas atau guru yang bertanggung jawab terhadap pendaftaran SPAN-PTKIN. Biasanya guru bimbingan dan konseling memiliki tugas penting dalam kegiatan ini. Selain itu juga biasanya dibantu oleh operator sekolah.

Kedua, guru yang ditunjuk anggap saja guru bimbingan dan konseling membuka link https://pdss.span-ptkin.ac.id untuk kemudian melakukan pengisian data hingga melakukan finalisasi. Nah pada tahap ini, apabila sekolah belum terdaftar maka langkah pertama yang perlu dilakukan adalah dengan mendaftarkan sekolah terlebih dahulu. Pendaftaran bisa dilakukan dengan mengisi NPSN dan email sekolah. Setelah itu maka akan dikirim user dan pasword untuk mengakses laman span-ptkin. Jika sudah berhasil, maka sekolah sudah berkewajiban untuk mengisi data PDSS secara lengkap. Pengisian PDSS dimulai dengan mengisi jurusan yang ada di sekolah. Kemudian pendefinisian kurikulum sekolah, selanjutnya pengisian data siswa, pengisian nilai siswa, dan yang terakhir adalah finalisasi.

Baca juga:   Bingung Mau Ice breaking Apa? Yuk, Simak Beberapa Contoh Ice breaking yang Bisa Dilakukan oleh Guru

Pengisian PDSS yang pertama yakni dengan pengaturan jurusan. Apabila NPSN sekolah ketika awal mendaftar sudah sesuai maka biasanya data sekolah pun akan menyesuaikan. Seperti halnya jurusan, maka sudah akan muncul jenis jurusan yang ada di sekolah Bapak/ibu guru.

Pengisisan PDSS yang kedua adalah pengisian kurikulum. Biasanya pengisian kurikulum diminta mengisi jenis kurikulum sekolah. Kemudian akan diarahkan untuk mendownload sebuah excel yang berisi KKM mata pelajaran dari semua jurusan. Nah tugas Bapak/Ibu guru semua disini yaitu menginput KKM dari beberapa mata pelajaran yang tertera pada excel tersebut. Jika sudah menginput semua KKM untuk beberapa mata pelajaran, maka selanjutnya file excel tersebut di unggah kembali. Jika sudah berhasil maka di keterangan akan muncul ceklist warna hijau.

Pengisian PDSS yang ketiga yaitu bapak/ibu guru akan diminta untuk menginput data siswa. Nah disini karena sudah terhubung dengan DAPODIK maka semua siswa akan muncul disini. Untuk memudahkan pekerjaan bapak/ibu guru semua maka data siswa yang ingin mendaftar span-ptkin saja, karena jika tidak maka nanti akan membutuhkan waktu yang terlalu lama untuk input nilai siswa. Lalu, bagaimana cara menghapus siswa yang tidak mendaftar? Jawabannya adalah dengan klik tanda silang (X) pada nama siswa yang akan dihapus, jika di klik tanda tersebut maka data siswa tersebut langsung otomatis terhapus.

Baca juga:   Cara Menggunakan Aplikasi Sipendi dan e-Raport untuk Sistem Pendidikan PAUD

Pengisian PDSS yang keempat adalah input nilai siswa. Bapak/Ibu guru akan diminta mengunduh format excel yang berisi data siswa yang sudah diinput di tahap sebelumnya. Setelah diunduh maka bapak/ibu guru langsung menginput nilai pengetahuan siswa. Input nilai siswa dari kelas X semester 1 hingga kelas XII semester 1. Dengan kata lain input nilai rapot dari semester 1 hingga semester 5. Jika input nilai sudah dilakukan maka langsung melakukan finalisasi dengan cara klik tombol finalisasi. Data yang sudah difinalisasi maka tidak dapat diubah.

Ketiga, persiapan yang bisa dilakukan sekolah adalah memberikan informasi kepada siswa mengenai jadwal atau timeline dari SPAN-PTKIN 2022. Hal ini dilakukan agar siswa bisa melakukan persiapan baik persiapan berkas maupun hal-hal yang dibutuhkan lainnya. Bapak/ibu guru juga bisa menginformasikan bahwasanya untuk pendaftaran siswa melalui link https://siswa.span-ptkin.ac.id

Dengan melakukan beberapa persiapan di atas diharapkan sekolah bisa lebih optimal dalam membantu melayani siswa mendaftar SPAN-PTKIN Tahun 2022. Berhubung waktu pengisian PDSS tinggal satu hari lagi, maka masih ada waktu untuk sekolah segera melakukan pengisian PDSS. Semangat semuanya!

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link INI atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

 

 

Share :

Baca Juga

Kesiswaan

Ini Dia Strategi Mengembangkan Potensi Diri pada Siswa

Kesiswaan

Nilai-nilai dalam Pendidikan Karakter
7 Gaya Belajar Siswa yang Wajib Guru Ketahui

Kesiswaan

Tri Pusat Pendidikan : Sinergi Menyukseskan Pendidikan

Kesiswaan

Mengembangkan Kompetensi Guru melalui Sosial Emosional

Kesiswaan

Begini Cara Menumbuh Karakter Jujur dan Amanah Pada Siswa

Kesiswaan

Ini Dia Tugas Perkembangan Siswa Sekolah Dasar yang Perlu Guru Ketahui

Kesiswaan

4 Kriteria dan Keuntungan Siswa Eligible SNMPTN di Tahun 2022
7 Gaya Belajar Siswa yang Wajib Guru Ketahui

Kesiswaan

Kenali Karakter Tanggung Jawab Belajar Pada Siswa
Mari Gabung e-Guru.idMenjadi guru yang kompeten dan profesional di era digital

Temukan cara baru mengikuti seminar, workshop, pelatihan BERSERTIFIKAT.