Home / RPP

Senin, 28 Februari 2022 - 21:50 WIB

Langkah Pembuatan RPL (Rencana Pelaksanaan Layanan) BK Dan Contohnya

Pembuatan RPL BK Sesuai POP– Kamu seorang guru bimbingan dan konseling? Jika iya tentu sudah tidak asing dengan istilah RPL. RPL adalah rencana pelaksanaan layanan. RPL BKsama dengan RPP hanya saja RPL merupakan rencana pembelajaran yang dibuat khusus untuk bimbingan dan konseling. Sebagai guru bimbingan dan konseling yang baik maka sebelum mulai bimbingan klasikal di kelas maupun sebelum melakakukan sebuah layanan alangkah baiknya membuat RPL terlebih dahulu. Nah, dalam membuat RPL BK tentu tidak sembarangan. Akan tetapi, ada prosedur yang harus diikuti dalam hal ini RPL yang dibuat harus sesuai dengan POP. POP yang dimaksud adalah panduan operasional penyelenggaraan.

Nah, dalam artikel ini akan dibahas mengenai komponen dalam RPL BK yang sesuai dengan POP. Selain itu juga terdapat pembahasan lebih lanjut mengenai bagian-bagian dalam RPL dan bagaimana cara mengisinya. Untuk Anda seorang guru bimbingan dan konseling maka disarankan untuk menyimak pembahasan dalam artikel ini.

Langkah-Langkah Membuat RPL (Rencana Pelaksanaan Layanan) BK

Langkah-langkah dalam membuat RPL BK yang sesuai dengan panduan operasional penyelenggaraan (POP) terdiri dari beberapa langkah yaitu :

Komponen RPL (Rencana Pelaksanaan Layanan) BK

Dalam komponen ini diisi jenis layanan yang sesuai akankah diisi layanan dasar, layanan responsif, layanan peminatan atau layanan perencanaan individu.

Bidang RPL (Rencana Pelaksanaan Layanan) BK

Pada bagian ini bisa diisi bidang dalam bimbingan dan konseling seperti bidang belajar, karir, pribadi atau sosial.

Topik RPL (Rencana Pelaksanaan Layanan) BK

Pada bagian topik layanan maka guru bimbingan dan konseling mengisi topik apa yang akan diberikan untuk layanan bimbingan klasikal.

Fungsi RPL (Rencana Pelaksanaan Layanan) BK

Pada bagian ini silahkan untuk mengisi fungsi bimbingan dan konseling yang sesuai.

Tujuan Umum

Pada bagian ini tujuan umum dapat dirumuskan dengan beberapa cara yaitu : (1) dirumuskan dengan berdasarkan SKKPD atau (2) dirumuskan berdasarkan tujuan bidang layanan atau (3) dirumuskan berdasarkan bidang masalah.

Tujuan Khusus

Setelah membuat tujuan umum maka selanjutnya adalah membuat tujuan khusus. Pada tujuan khusus ini diisi rincian rumusan dari tujuan umum.

Sasaran Layanan

Pada bagian ini diisi kelas yang diampu oleh guru bimbingan dan dan konseling.

Materi Layanan

Bagian materi layanan diisi pokok-pokok materi layanan yang akan diberikan.

Waktu

Untuk waktu bisa diisi 1 x atau 2 x jam pembelajaran. Jadi pada RPL nanti bisa ditulis layanan yang diberikan membutuhkan waktu 1 x jam pembelajaran atau 2 x jam pembelajaran.

Baca juga:   Inilah 6 Faktor Yang Menentukan Keberhasilan Konseling Individu

Sumber

Diisi sumber bacaan dalam penyiapan materi yang akan diberikan. Sumber bisa diperoleh dari buku, internet, artikel dan sebagainya. Hal yang penting adalah sumber sesuai dengan topik layanan yang akan diberikan.

Metode/Teknik

Pada bagian ini diisi metode/teknik yang dipilih sesuai dengan tujuan yang akan dicapai.

Media/Alat

Pada bagian ini diisi media/alat yang dipergunakan dalam penyampaian materi layanan.

Pelaksanaan

Pada bagian ini terbagi menjadi beberapa tahapan. Tahapan tersebut meliputi :

  • Tahap Awal/ Pendahuluan : pada tahap ini ada pernyataan tujuan, penjelasan tentang langkah-langkah kegiatan, dan mengarahkan kegiatan (konsolidasi).
  • Tahap Peralihan (Transisi) : pada tahap ini guru bimbingan dan konseling menanyakan kesiapan peserta didik melaksanakan kegiatan, dan memulai ke tahap inti.
  • Tahap Inti : pada tahapan ini berisi penjelasan kegiatan peserta didik dan kegiatan guru bimbingan dan konseling atau konselor.
  • Tahap Penutup : pada tahapan ini guru bimbingan dan konseling memberikan penguatan serta merencanakan tindak lanjut.

Evaluasi

Pada komponen evaluasi, guru bimbingan dan konseling merencanakan evaluasi proses dan evaluasi hasil selama layanan diberikan.

Contoh RPL (Rencana Pelaksanaan Layanan) BK sesuai POP

Setelah memahami langkah-langkah dalam membuat atau menyusun RPL BK, sekarang Bapak/Ibu guru bimbingan dan konseling bisa melihat contoh dari RPL bimbingan klasikal yang sudah dibuat sesuai dengan POP. Berikut contoh RPL BK bimbingan klasikal yang bisa dijadikan referensi :

RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN (RPL)

BIMBINGAN KLASIKAL

TAHUN PELAJARAN 2021/2022

 

A Komponen Layanan Layanan Dasar
B Bidang Layanan Karir
C Topik Layanan Kuliah Tak Seindah di FTV
D Fungsi Layanan Pemahaman
E Tujuan Umum Peserta didik mengetahui sistem belajar di perguruan tinggi
F Tujuan Khusus 1.    Peserta didik dapat menjelaskan sistem belajar di Perguruan Tinggi

2.    Peserta didik menyadari pentingnya mengetahui sistem belajar di Perguruan Tinggi

3.    Peserta didik mampu menganalisis perbedaan kuliah di FTV dan kuliah secara realita

G Sasaran Layanan Kelas XII
H Materi Layanan 1.    Pengertian Perguruan Tinggi

2.    Sistem Belajar Perguruan Tinggi

3.    Perbedaan Kuliah di FTV dan Kuliah Secara Realita

I Waktu 1 Kali Pertemuan x 45 Menit
J Sumber 1.       Maharani, Ega. 2016. Bukti Kuliah Tak Seindah FTV. 2016.http://www.bintang.com/lifestyle/read/2459606/ini-bukti-bahwa-kuliah-tak-seindah-ftv

1.2. Rahmat, Agus Salam. Pengertian Perguruan Tinggi. http://file.upi.edu/Direktori/FPBS/JUR._PEND. _BAHASA_ARAB/195208141980021AGUS

SALAM_RAHMAT/Pengertian_Perguruan_Tinggi.pdf

3.       Shabrina, Nabila Inas. 2015. Ekspektasi Vs Realita Kuliah.http://kemandungdung.blogspot.co.id/2015/10/dung-ekspetasi-vs-realita-kuliah.html

4.       Yurmanita, Nora. 2015. Sistem Pembelajaran di Perguruan Tinggi.http://norayurmanita.blogspot. co.id/2015/08/bagaimana-sistem-pembelajaran-di.html

K Metode/ Teknik Example Non Example
L Media/ Alat Powerpoint, Video, LCD
M Pelaksanaan
1.     Tahap Awal/Pendahuluan a.    Guru bimbingan dan konseling atau konselor menyapa peserta didik dengan kalimat yang membuat siswa bersemangat

b.    Guru BK atau konselor memimpin doa

c.     Membangun rapport

d.    Guru BK atau konselor menyampaikan tujuan yang akan dicapai

e.    Guru BK atau konselor menjelaskan langkah-langkah kegiatan, tugas dan tanggung jawab peserta didik

f.     Guru BK atau konselor memberikan penjelasan tentang topik yang akan dibahas

g.    Guru BK atau konselor menanyakan kesiapan peserta didik dan mulai ke tahap inti

2.     Tahap Inti a.    Guru BK atau konselor menjelaskan materi sistem belajar di perguruan tinggi

b.    Guru BK atau konselor menampilkan gambar contoh kuliah di FTV dan kuliah secara realita. Selanjutnya menayangkan video kuliah contoh kuliah di FTV dan kuliah secara realita

c.     Guru BK atau konselor memberikan petunjuk dan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk memperhatikan/menganalisa gambar dan video

d.    Guru BK atau konselor meminta peserta didik untuk berdiskusi secara kelompok (4 orang). Masing-masing kelompok berdiskusi dan mencatat hasil analisis gambar dan video di kertas yang disediakan

e.    Guru BK atau konselor meminta perwakilan kelompok membacakan hasil diskusinya

f.     Guru BK atau konselor meminta kelompok  lain memberikan tanggapan atau komentar

3.     Tahap Penutup a.    Guru BK atau konselor menyimpulkan layanan

b.    Guru BK atau konselor merencanakan tindak lanjut

c.     Berdoa

d.    Salam penutup

O Evaluasi
1.       Evaluasi Proses Guru BK melakukan evaluasi dengan mengisi lembar evaluasi selama proses layanan :

a.    Atusiasme peserta didik selama kegiatan berlangsung (memperhatikan, kurang memperhatikan, tidak memperhatikan)

b.    Cara peserta didik menyampaikan pendapat (sesuai, kurang, atau tidak sesuai topik)

c.     Keaktifan peserta didik selama mengikuti layanan (semangat, kurang bersemangat, tidak bersemangat)

2.       Evaluasi Hasil Evaluasi setelah melakukan layanan :

a.    Topik materi yang dibahas : sangat penting, kurang penting, atau tidak penting

b.    Merasakan suasana selama layanan : menyenangkan, kurang menyenangkan, tidak menyenangkan

c.     Cara guru BK menyampaikan materi : mudah dipahami, sulit dipahami

d.    Kegiatan yang diikuti : sangat menarik, kurang menarik, tidak menarik

LAMPIRAN-LAMPIRAN :

  1. Uraian Materi
  2. Lembar Kerja Peserta Didik
  3. Lembar Evaluasi Proses
  4. Lembar Evaluasi Hasil

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah                                                          Guru Bimbingan dan Konseling

 

………………………………..                                             …………………………………..

 

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link INI atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

Share :

Baca Juga

Kurikulum

Tips Belajar Bahasa Indonesia Menjadi Menarik dan Menyenangkan

Media Pembelajaran

Perangkat Pembelajaran Daring untuk Solusi Belajar di Masa Pandemi Covid-19
rencana pelaksanaan pembelajaran daring

RPP

Belajar Daring? Gunakan Format RPP Ini!
kiat-kiat sukses

RPP

Mekanisme Penyusunan RPP Berdiferensiasi

RPP

Langkah Pembuatan RPP Literasi dan Numerasi Lengkap dengan Contoh

RPP

Bentuk dan Teknik Menyampaikan Umpan Balik untuk Siswa

Admin Sekolah

Mengenal RPP Literasi dan Numerasi dan Cara Menyusunnya